Investasi Diri Sendiri, Cara Terbaik Meningkatkan Kualitas Hidup

Sudahkah kamu berinvestasi pada diri sendiri?
Investasi Diri Sendiri

Pernahkah kamu berpikir investasi terbaik yang bisa kamu lakukan ialah investasi pada diri sendiri? Ini senada dengan yang pernah disampaikan oleh Warren Buffet, semakin banyak kamu belajar, semakin banyak yang bisa kamu hasilkan.

Jadi, walau sudah berinvestasi pada berbagai produk, jangan lupakan investasi diri sendiri yang pengaruhnya bisa seumur hidupmu. Investasi pada diri sendiri berarti kamu melakukan sesuatu atau pengorbanan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri.

Sudahkah kamu melakukannya? Contoh investasi pribadi apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri? Ini tujuh ide untukmu.

Menjaga Kesehatan

Investasi Diri Sendiri

Menjaga tubuh tetap sehat juga termasuk investasi pada diri sendiri. Kenapa begitu? Tubuh yang sehat akan membuatmu bisa terus beraktivitas tanpa ada masalah. Dengan tubuh yang sehat pula kamu bisa menikmati uang hasil kerja kerasmu.

Keuntungan lain, tubuh yang yang bebas dari penyakit akan membuat biaya kesehatan menjadi lebih hemat. Jika sakit, kamu tidak akan bisa bekerja dan uang yang dihasilkan juga hanya untuk berobat. Sangat rugi, bukan?

Jadi, jangan bersedih jika kamu belum bisa memiliki banyak produk investasi. Asalkan kamu menjaga kesehatan badan dan pikiran, kamu masih bisa melakukan dan mewujudkan semua impianmu di masa depan.

Melanjutkan Pendidikan

Investasi Diri Sendiri

Investasi pengembangan diri yang bisa kamu lakukan berikutnya ialah melanjutkan jenjang pendidikanmu. Pendidikan tidak hanya tentang gelar, tapi juga pola pikir dan komunikasi yang lebih baik. 

Kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik serta penilaian yang lebih baik pula dalam berbagai masalah yang dihadapi. Dengan begitu, keputusan yang diambil pun bisa lebih tepat sasaran.

Meski buat sebagian orang melanjutkan pendidikan bukan pilihan, kamu bisa menyiasatinya dengan mengikuti pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas dirimu, seperti ikut pelatihan, workshop, atau kursus.

Ikut Pelatihan Keterampilan

Investasi Diri Sendiri

Pelatihan keterampilan yang bisa diikuti saat ini sangat beragam. Kamu bisa memilih mengikuti pekerjaan, hobi, atau minatmu. Bisa juga memilih pelatihan berdasarkan kebutuhan perusahaan di zaman ini.

Dengan pelatihan keterampilan, skil kamu bertambah, pengalaman pun bisa lebih banyak. Jadi, saat mencari pekerjaan, ada banyak kemampuan yang bisa ditawarkan. 

Selain itu, keterampilan ini bisa membuat kamu mandiri juga secara finansial karena siapa tahu kamu bisa mulai berwirausaha kecil-kecilan.

Pilih Lingkungan Pertemanan yang Tepat

Investasi Diri Sendiri

Investasi untuk diri sendiri juga bisa dari lingkungan pertemananmu, lho. Semakin banyak kamu mengenal orang sukses dan hebat, kamu bisa semakin bersemangat untuk mengikuti jejak mereka.

Minimal, pola pikirmu bisa berubah dan tidak lagi melihat dengan cara yang sama dengan orang lain. Selain itu, kamu bisa belajar banyak dari usaha, kegagalan, dan keberhasilan mereka.

Kembangkan Minat & Bakat

Investasi Diri Sendiri

Jangan sepelekan bakat yang kamu miliki. JIka sudah memiliki penghasilan, cobalah kembangkan bakat tersebut dengan mengikuti pelatihan atau kelas online. Dengan melatihnya, siapa tahu kamu bisa menjadi lebih ahli.

Setelah memiliki keahlian khusus, kamu bisa mengembangkannya secara komersial. Jadi, tidak perlu lagi khawatir mengenai pemasukan bulanan. Meski awalnya tidak seberapa, dengan ketekunan bakat dan usaha mandiri tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan. 

Minimal, kamu tidak bergantung lagi pada perusahaan atau orang lain untuk mencari pekerjaan.

Investasi Skill: Ikut Kelas Online

Investasi Diri Sendiri

Belum ada kesempatan melanjutkan pendidikan? Kini ada pilihan lain yang bisa lebih memudahkan, yakni kelas online. Kelas online ini bisa membuat kamu belajar di mana pun dan kapan pun. 

Sistemnya bisa berbayar ataupun gratis. Selain itu, kelas online ini juga memiliki pola yang mirip dengan sekolah reguler, ada kelas, ada ujian, dan sertifikat. Jadi, bisa pasti berguna untukmu. 

Untuk kelas online sendiri, memang masih lebih banyak dari luar negeri. Namun, tidak perlu khawatir karena situs dari Indonesia juga sudah mulai bermunculan. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

Perbanyak Pengalaman

Investasi Diri Sendiri

Investasi diri sendiri yang tidak boleh dilupakan ialah pengalaman. Selagi muda, perbanyaklah pengalaman bekerjamu. Cobalah hal-hal baru dan keluar dari zona nyamanmu. 

Jangan takut untuk mencoba atau gagal karena darinya kamu bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Kamu juga bisa semakin mengenal diri sendiri, keinginan, serta passion-mu.

Dengan pengalaman yang cukup, kamu tidak hanya bisa lebih ahli dalam pekerjaanmu, tapi juga lebih bijak untuk masalah-masalah dalam hidup ini. Menjadi lebih bijak dan dewasa merupakan aset diri yang tak kalah penting!

  

==========

Tidak ada kata terlambat untuk kamu yang berinvestasi pada diri sendiri. Meski sudah tidak bekerja, kualitas diri yang baik setidaknya bisa membantu di masa depan. Kamu  bisa menilai dan mengambil keputusan yang tepat untuk setiap permasalahan yang ditemui.

Jadi, rencana apa yang kamu punya untuk meningkatkan kualitasmu?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *