Tips Menyiapkan Investasi Dana Pensiun dengan Dana Terbatas

Sudahkah kamu memulai?
Investasi Dana Pensiun

Investasi dana pensiun bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menyiapkan dana untuk hari tua. Berhubung masa pensiun akan membutuhkan dana yang besar, investasi menjadi salah satu jalan keluar untuk mencapai target yang diinginkan.

Lalu, bagaimana jika dana yang kamu miliki terbatas? Apakah kamu masih bisa berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun? Tentu saja bisa meski tidak semudah yang kamu bayangkan. Nilai yang dipisahkan dan didapatkan mungkin juga tidak terlalu besar.

Namun, setidaknya kamu sudah memulai langkah untuk mengumpulkan dana di hari tua. Dengan waktu investasi yang panjang dan nilai uang yang masih akan bertambah, kamu bisa optimis mencapai jumlah uang yang dibutuhkan.

Jadi, apa yang perlu kamu lakukan?

Sisihkan Minimal Rp100.000,- Setiap Bulan

Investasi Dana Pensiun

Dalam satu bulan tentu ada banyak pengeluaran, baik yang wajib ataupun yang tidak. Semua itu bisa mengambil semua porsi uang sehingga tidak ada yang tersisa. Oleh sebab itu, agar kamu bisa investasi dana pensiun, mulailah dengan nominal yang kecil.

Mulailah pisahkan setidaknya Rp100.000,- setiap satu bulan sebagai persiapan dana pensiunmu. Uang ini bisa ditabung, diinvestasikan, atau dibayar sebagai iuran jika kamu memiliki asuransi untuk hari tua.

Meski sedikit, uang yang diinvestasikan bisa tumbuh menjadi lebih besar. Selain itu, yang terpenting kamu sudah menyiapkan dari awal dana untuk hari tua dan masa pensiun. Nilai uang yang dipisahkan bisa terus ditingkatkan jika kemampuan finansialmu membaik.

Hentikan Pengeluaran yang Tidak Penting

Investasi Dana Pensiun

Bagaimana caranya memiliki uang lebih untuk disimpan? Jawabannya, coba cek terlebih dahulu pengeluaran yang dilakukan. Karena bisa saja, kamu memiliki pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Jika tidak mendesak dan juga tidak benar-benar dibutuhkan, uang tersebut bisa dialokasikan untuk kepentingan lain, seperti dana pensiun. Jadi, pahami dan ketahui apa yang kamu belanjakan dengan uangmu.

Lakukan pendataan sederhana dan evaluasi pengeluaran yang dilakukan selama ini. Kalau kamu menemukan pengeluaran yang bisa diminimalkan atau dihentikan, alihkan uang untuk investasi dana pensiun.

Jangan Lupa Berhemat

Investasi Dana Pensiun

Selain mengeliminasi pengeluaran selama satu bulan, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup hemat setiap harinya. Dari setiap pengeluaran dan uang yang sudah dianggarkan, uang masih bisa dihemat jika kamu disiplin belanja berdasarkan kebutuhan.

Kamu juga bisa menggunakan trik-trik berhemat lainnya dalam aktivitas sehari-hari. Misal, jika terbiasa makan siang di luar bisa diubah dengan memasak sendiri dan membawa bekal. Begitu pun ketika makan bersama teman, kamu bisa memilih menu paket hemat atau pilih tempat yang menawarkan promo.

Meski kamu hanya bisa menghemat sedikit dari pengeluaran sehari-hari, uang yang tersisa jika dikumpulkan bisa sangat berguna. Uang bisa dijadikan alokasi jajan untuk bulan depan atau jadikan sebagai uang cadangan bulanan.

Tidak Perlu Terburu-buru Diversifikasi Investasi

Investasi Dana Pensiun

Investasi dana pensiun terbaik bisa berasal dari banyak produk investasi. Intinya, kamu tidak perlu membatasi diri hanya dengan satu jenis produk investasi. Diversifikasi juga bisa berguna ketika satu investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan, kamu masih memiliki investasi lainnya.

Namun, jika dana pensiun masih minim, investasi untuk pensiun bisa kamu batasi hanya pada satu atau dua jenis produk. Kamu bisa memilih produk investasi yang paling sesuai dengan kemampuan finansial, profil risiko, dan keuntungan yang diharapkan.

Tidak perlu khawatir tidak bisa berinvestasi karena saat ini ada banyak investasi yang dimulai dengan nominal kecil. Produk investasi untuk dana pensiun sendiri yang bisa kamu coba misalnya deposito berjangka, investasi reksa dana, emas batangan, atau saham.

Reksa dana bisa dimulai dengan Rp100.000,- dan memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuanganmu. Jika masih awam mengenai investasi, kamu bisa mencoba reksa dana pasar uang yang terkenal berisiko rendah.

Untuk emas batangan pun kini sudah bisa dibeli mulai dari nominal kecil, seperti Rp200,- atau Rp10.000,- di platform online. Logam mulia juga terkenal aman dan tahan terhadap inflasi. Uang yang kamu alihkan ke emas batangan akan tetap aman setelah berpuluh-puluh tahun. 

Saat dana untuk pensiun sudah meningkat dan pemahaman investasi sudah lebih baik, kamu bisa mulai mencoba produk investasi lain. Diversifikasi investasi pun bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Pahami dengan Baik Pentingnya Dana Pensiun

Investasi Dana Pensiun

Kenapa kamu perlu menyiapkan dana pensiun? Jawaban sederhananya, tentu karena hingga tua kamu tetap memerlukan uang untuk kebutuhan dan kelangsungan hidupmu. Karena tidak ada yang bisa memastikan kamu masih bekerja hingga tua, uang untuk pensiun dan hari tua perlu disiapkan dari sekarang.

Apalagi jika kamu ingin mempertahankan gaya hidup semasa muda, uang yang diperlukan pastinya tidak sedikit. Oleh sebab itu, dana pensiun menjadi kebutuhan yang tak bisa kamu hindari.

Pahami dengan baik fungsi dan kegunaan dana ini agar kamu tidak bermalas-malasan mengumpulkannya. Meski sedikit, dana pensiun lebih baik disiapkan dari sekarang dibandingkan saat kamu sudah berusia separuh baya. 

Tingkatkan Kemampuan Finansial

Investasi Dana Pensiun

Bagaimana caranya agar dana pensiun bisa cepat terkumpul? Selain investasi dana pensiun untuk mengembangkan uang, kamu perlu menambah jumlah uang yang ditabung atau diinvestasikan.

Untuk itu, kamu perlu mencari penghasilan lain. Meski bukan hal yang mudah, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan, buka usaha sendiri, atau menjadikan hobimu sebagai bisnis.

Dengan penghasilan yang lebih besar, banyak kebutuhan bisa terpenuhi, dan dana untuk masa depan juga bisa disiapkan lebih mudah. Kamu juga lebih leluasa memilih investasi yang tepat untuk dana pensiun.

=======

Meski terbatas, bukan berarti investasi dana pensiun memberi dampak yang kecil pula di masa depan. Dengan jangka waktu yang panjang, uang akan berkembang dan berguna untuk hari tua!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *