Jangan Asal Pinjam, Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Pinjaman Online!

Jangan sampai salah langkah!
Pinjaman Online

Saat ini tidak perlu khawatir jika butuh uang secara mendesak, kamu bisa mengajukan pinjaman online. Seperti namanya, orang yang meminjam uang bisa mengajukan permintaan secara online di tempat yang menyediakannya.

Semudah mengajukan permintaan pinjaman, uang yang dipinjam bisa diterima dalam hitungan menit. Cara pinjam uang online yang serba cepat dan mudah ini membuat tren pinjam uang online menjadi pilihan banyak orang.

Namun, jangan hanya mengenai kemudahan dan keuntungan yang perlu kamu cari tahu. Ketika meminjam uang pada sebuah lembaga, ada banyak poin yang perlu kamu perhatikan. Nah, untuk pinjaman online, kamu perlu tahu sejumlah hal berikut ini.

Bunga Pinjaman Dihitung Harian

Pinjaman Online

Salah satu yang membuat orang tertarik untuk meminjam secara online ialah pinjaman online bisa langsung cair tanpa ribet. Namun, di balik semua kemudahan tersebut jangan lupa ada bunga yang perlu dibayar.

Yang perlu kamu tahu, bunga yang diterapkan oleh perusahaan pinjaman online ialah per hari atau harian. Jadi, jangan kaget ketika akan melunasi utang, bunga yang dibebankan bisa cukup tinggi.

Jangan langsung takut, perusahaan pinjam uang online yang terdaftar memiliki biaya bunga yang transparan. Ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatasi bunga paling tinggi sebesar 0,8% per hari. 

Jangka Waktu Pelunasan Beragam

Pinjaman Online

Selain bisa pinjam uang berapa pun, jangka waktu pelunasan pun bisa ditentukan dalam hitungan hari. Kamu bisa mengambil pinjaman dan membayar dalam waktu 10 hari, 30 hari, 3 bulan, atau 6 bulan.

Yang perlu diperhatikan dari lamanya waktu pelunasan ialah bunga yang perlu dibayar. Jika meminjam uang di perusahaan yang tidak terdaftar, bunga harian saja sudah bisa sangat memberatkan para peminjam.

Jadi, perhatikan dengan baik perusahaan yang kamu pilih serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan pilih perusahaan pinjaman online terbaik dan terdaftar. Jangan sampai kamu terjebak utang-utang yang tidak bisa dibayar.

Pilih Perusahaan Pinjaman Online yang Terdaftar

Pinjaman Online

Seperti yang disebutkan di atas, meminjam uang pada perusahaan yang terdaftar merupakan salah satu poin yang tidak boleh diabaikan. Poin ini perlu menjadi yang pertama kamu perhatikan sebelum meminjam uang.

Jangan hanya karena terdesak, kamu asal memilih perusahaan pinjaman uang online. Jika meminjam uang pada perusahaan ilegal, ada banyak risiko yang bisa merugikan kamu. 

Bukan hanya nilai bunga yang terlalu tinggi, melainkan juga kehidupan pribadi bisa terganggu. Hal ini karena perusahaan ilegal bisa menggunakan berbagai cara untuk menagih uang. Sementara perusahaan yang terdaftar, menggunakan cara penagihan yang sesuai dengan ketentuan OJK.

Data pribadi yang diambil dari ponsel juga sudah ditentukan dan dibatasi ketat oleh OJK. Jadi, keamanan data pribadi bisa lebih terjamin.

Risiko Data Ponsel Diambil

Pinjaman Online

Meski pinjaman online cepat cair, kamu tidak bisa menghindar dari risiko satu ini. Saat akan mendaftar dan mengajukan pinjaman, kamu sudah harus tahu dan paham bahwa data ponsel milikmu diambil oleh perusahaan tempat kamu meminjam uang.

Namun, ketentuan data ponsel ini juga diatur oleh OJK. Jadi, untuk perusaahan yang terdaftar hanya boleh mengambil data Camera, Location, dan Microphone. Jadi, transaksi pinjaman bisa lebih aman dan data pribadi juga bisa terlindungi.

Hal ini tidak berlaku jika kamu mengambil pinjaman di perusahaan yang ilegal. Data ponsel yang diambil bisa tidak terbatas. Data tersebut akan digunakan untuk penagihan jika pembayaran pinjaman menunggak.

Mereka bisa saja mengambil data kontak di ponsel kamu. Jika begitu, semua orang yang ada dalam kontak bisa dihubungi oleh perusahaan yang bersangkutan untuk menagih pembayaran utang. 

Kejadian seperti ini tidak hanya membuat tidak nyaman, tapi bisa merusak hubunganmu dengan teman atau rekan kerja.

Bisa Lapor Jika Ada Pelanggaran

Pinjaman Online

Untuk perusahaan yang diawasi oleh OJK, pengguna bisa melapor jika ada kendala saat proses peminjaman online. Kamu bisa mengunjungi situs badan tersebut dan pilih menu Konsumen dan klik Pengaduan Konsumen.

Perlu diperhatikan, OJK hanya bisa menindaklanjuti permasalahan yang terjadi di perusahaan pinjaman uang online yang legal atau yang diawasi oleh badan tersebut. Jadi, sangat penting untuk meminjam di badan yang memang terdaftar.

Dengan meminjam uang di badan yang legal, jika terjadi masalah kamu bisa meminta bantuan dan membuat laporan. Selain itu, data pribadi bisa terlindungi dan aturan yang diterapkan pun tidak merugikan peminjam.

Bisa Digunakan untuk Belanja & Bayar Pendidikan

Pinjaman Online

Pinjaman online yang bisa langsung cair dalam hitungan menit tidak hanya bisa ditarik tunai. Pinjaman uang online kini juga tersedia sebagai salah satu pembayaran di berbagai situs belanja online atau e-commerce.

Banyak perusahaan pinjaman yang kini bekerja sama dengan situs belanja atau e-commerce untuk memudahkan pengguna mereka dalam bertransaksi. Keadaan ini bisa menguntungkan jika bisa dimanfaatkan dengan bijak. Namun, bisa menjadi masalah juga jika kamu tidak bisa mengerem kebiasaan berbelanja.

Selain untuk belanja, pinjaman secara online juga tersedia untuk pembayaran kursus. Utang untuk pendidikan bisa termasuk utang baik. Hal ini karena kamu menggunakan uang untuk sesuatu yang produktif.

Dengan ilmu yang lebih tinggi, kesempatan mencari dan menghasilkan uang juga bisa lebih besar di masa depan.

========

Pinjaman boleh cepat cair, tapi pembayaran tidak boleh sampai tersendat. Oleh sebab itu, sebelum meminjam uang lihat juga kemampuan finansial yang dipunya untuk membayar pinjaman.

Jika bisa mengukur kemampuan keuangan dengan baik, pinjam uang di mana pun pasti tidak akan ada masalah.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *