Mengapa Emas Disebut Logam Mulia? Ini Jawabannya!

Apa saja alasannya?
Logam Mulia

Saat disebut logam mulia, apa yang terbayang dalam pikiranmu? Jika emas, kamu benar. Sudah hal yang umum bahwa emas batangan menjadi logam mulia yang sangat terkenal.

Emas sudah lama menjadi bagian masyarakat dan digunakan secara luas sebagai mata uang sejak ribuan tahun lalu. Namun, tahukah kamu kenapa emas disebut sebagai logam mulia? Apakah ada kriteria tertentu? Ini jawabannya.

Emas Batangan Memiliki Sejumlah Karakteristik

Logam Mulia

Logam mulia adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Melalui definisi ini, emas termasuk salah satunya. Tidak hanya itu, logam mulia juga merupakan logam yang terbentuk secara alami dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Karena dua hal tersebut, logam mulia juga memiliki karakteristik bisa menjadi langka dan digunakan untuk berbagai keperluan. Berdasarkan penjelasan di atas, emas memenuhi karakteristik sebagai logam mulia.

Seperti banyak diketahui, emas tidak mudah berkarat, bernoda, pudar, dan lunak sehingga mudah dibentuk. Karena sifatnya yang tahan terhadap korosi ini, emas banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan.

Tidak hanya sebagai mata uang pada ribuan tahun lalu dan perhiasan yang hingga kini masih menjadi favorit masyarakat di seluruh dunia. Emas dimanfaatkan juga di bidang kesehatan, kecantikan, elektronik, dan makanan, serta minuman.

Emas bisa dimanfaatkan untuk kesehatan ataupun makanan karena logam tersebut tidak berbahaya untuk tubuh. Hal ini menjadi salah satu nilai kelebihan emas yang membuatnya semakin berharga. 

Penggunaan yang luas di berbagai bidang juga memengaruhi harga emas atau logam mulia ini. Semakin banyak penggunaan, semakin banyak pula permintaan. Permintaan yang terus naik akan membuat harga emas juga terus melambung tinggi. 

Oleh sebab itu, jual dan beli logam mulia tidak pernah sepi peminat. Terlebih lagi, emas dikenal sebagai produk safe haven yang membuat para investor mencarinya ketika kondisi global dan perekonomian memburuk. 

Hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan lebih besar, melainkan untuk mencari perlindungan terhadap aset mereka. Dengan begitu, para investor bisa menghindari kerugian yang lebih besar jika terus berinvestasi di pasar saham atau instrumen investasi lainnya.

Dalam keadaan perekonomian stabil pun, emas tetap banyak dicari sebagai salah satu produk untuk mewujudkan berbagai keinginan. Banyak orang yang menabung emas dalam kurun waktu tertentu lalu menjualnya ketika sudah mencapai tujuan keuangan.

Keadaan seperti ini akan terus berlanjut karena salah satunya masyarakat menyadari bahwa emas merupakan logam mulia yang bernilai tinggi. Apa pun situasinya, memiliki emas tidak akan merugikan karena emas memiliki nilai intrinsik yang akan membuatnya selalu berharga.

Logam Mulia Selain Emas

Logam Mulia

Seperti definisi di atas, emas merupakan logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Oleh sebab itu, logam mulia yang ada di luar sana sebenarnya tidak hanya emas.

Ada banyak logam mulia lain yang juga bernilai tinggi, dijadikan investasi, dan digunakan untuk berbagai keperluan meski penggunaan dan nilainya tidak setinggi emas.

Perak

Perak barangkali salah satu logam mulia lain yang juga banyak dikenal oleh masyarakat. Bersama emas, perak juga menjadi mata uang pada ribuan tahun lalu. Kini, seperti emas, orang-orang banyak membuat koin dan perhiasan dari perak.

Palladium

Harga palladium bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan emas. Logam ini juga merupakan logam yang banyak digunakan untuk perhiasan, seperti cincin. Logam ini juga memiliki ketahanan yang sama dengan emas. 

Platinum

Logam ini merupakan yang paling kuat dibanding dengan logam lainnya. Platinum memiliki tampilan yang berkilau dan mengkilap serta memiliki ketahanan yang baik. 

Seperti perak dan palladium, platina juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan membuat perhiasan. Warnanya yang putih memberikan kilau yang berbeda dari logam lainnya dan cenderung lebih tahan lama. 

Rhodium

Rhodium memiliki ketahanan terhadap korosi dan dan titik lebur yang tinggi. Logam ini sering digunakan sebagai bahan pembuat cermin, lampu sorot, turbin pesawat, serta pelapis perhiasan agar lebih berkilau. 

Iridium

Logam iridium merupakan salah satu logam terpadat. Logam ini memiliki titik leleh yang tinggi dan tahan terhadap korosi. Iridium umumnya digunakan untuk pembuatan jam tangan, perhiasan, alat kesehatan, dan elektronik. 

 

==========

Karena memiliki emas tidak akan membuatmu rugi, tidak sedikit orang yang mulai menabung emas sejak mereka muda. Tujuannya beragam. Ada yang untuk mencapai tujuan di masa depan, seperti untuk biaya sekolah anak atau biaya naik haji.

Ada pula untuk tabungan hari tua dan tidak sedikit juga yang menabung untuk keuntungan. Semakin lama disimpan, semakin besar selisih harga emas saat kamu beli dan jual.

Jadi, emas merupakan tabungan yang bermanfaat dengan berbagai alasan. Jika kamu punya uang, tidak ada salahnya untuk mulai menabung emas. Siapa tahu, akan membantu kamu saat situasi sulit tiba!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *