Hati-Hati, Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Nabung Emas Online

Biar nabung emas online semakin aman & menguntungkan.
Nabung Emas Online

Siapa yang belum mencoba nabung emas online? Selain beli emas langsung di tokonya, sekarang sudah tidak asing lagi nabung emas secara online di sejumlah platform aplikasi.

Cara ini selain praktis juga hemat waktu dan tenaga. Kamu juga bisa menabung dalam nominal kecil dan tidak perlu khawatir mengenai tempat penyimpanan emas. Jika sudah waktunya di ambil, emas bisa dijual secara online atau ditarik fisik.

Meski mudah dan banyak keunggulan, bukan berarti kamu bisa melonggarkan kewaspadaan. Karena banyaknya modus penipuan serta barangkali pengalaman nabung emas yang belum banyak, kamu perlu menghindari kesalahan berikut ini.

Menabung Emas Online Tanpa Memahami Syarat & Ketentuan

Nabung Emas Online

Nabung emas online terbaik sekalipun, kamu tetap perlu memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan bersangkutan. Informasi mengenai perusahaan dan proses jual beli emas yang berlaku sangat penting untuk dipahami.

Dengan memahami keseluruhan syarat dan ketentuan, proses jual beli emas, serta layanan keamanan yang ada, kamu bisa nabung emas online dengan tenang. Kamu tidak akan menjadi terlalu panik jika terjadi kendala atau masalah dalam proses transaksi emasmu.

Selain itu, kamu juga tahu apa yang harus dilakukan jika menemui masalah. Jadi, sebelum memilih tempat untuk nabung emas online, pilih perusahaan yang terpercaya serta pahami syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Membagikan Password ke Orang Lain

Nabung Emas Online

Dalam transaksi online apa pun, password akun merupakan data yang tidak boleh dibagi kepada siapa pun bahkan kepada perusahaan tempat kamu menabung. Password atau sandi akun pastikan hanya kamu yang mengetahuinya.

Banyak modus penipuan yang membuat korbannya membagikan password tanpa mereka sadari. Bisa juga, korban membuka akun sendiri sebelum akhirnya akun dimanfaatkan oleh pelaku. 

Oleh sebab itu, dalam keadaan apa pun, usahakan kamu tidak panik sehingga bisa membagikan password akun kamu tanpa sadar kepada orang lain. Kamu juga bisa mengganti password akun secara berkala untuk meningkatkan keamanan.

Memberitahukan Kode OTP ke Orang Lain

Nabung Emas Online

Selain sandi akun, kode OTP (one time password) juga tidak boleh diberitahukan kepada siapa pun. Kamu patut curiga jika ada yang menghubungi dan meminta kode OTP yang dikirimkan ke ponselmu. 

Segera ganti sandi akun dan hubungi tim perusahaan tempat kamu nabung emas online. Selain itu, perlu diingat umumnya tim dari perusahaan juga tidak akan meminta kode OTP yang dikirimkan kepadamu. 

Jadi, jika ada orang yang mengaku dari perusahaan tempat kamu nabung emas dan meminta kode OTP untuk masuk ke akunmu, kamu perlu waspada. Tetap tenang dan jangan memberitahukan apa pun mengenai akun kamu. 

Mudah Percaya pada Orang yang Mengaku dari Pihak Perusahaan

Nabung Emas Online

Tempat nabung emas online yang terpercaya pastinya sudah memberitahukan dan memperingatkan mengenai keamanan akun serta kemungkinan modus penipuan yang terjadi. 

Sering kali mereka akan memperingatkan bahwa perusahaan tersebut hanya akan menghubungi kamu melalui kontak resmi atau dengan cara tertentu, seperti melalui email atau pesan di media sosial.

Ini perlu kamu perhatikan dengan baik sehingga kamu tidak salah mengambil keputusan jika ada yang mengaku-ngaku dari perusahaan bersangkutan. Ada baiknya juga kamu tidak langsung percaya jika ada orang yang menghubungimu seperti itu jika tidak melalui akun resmi.

Terburu-Buru Menjual Tabungan Emas Online

Nabung Emas Online

Seperti yang banyak disebutkan, nabung emas, baik online ataupun tidak, merupakan simpanan jangka panjang. Kamu baru bisa merasakan kenaikan harga serta keuntungannya setelah menunggu beberapa waktu, seperti tiga hingga lima tahun.

Jika menjual emas yang dibeli dalam waktu singkat, kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan selisih keuntungan justru yang ada kerugian. Kenapa? Karena antara harga beli dan jual ada spread yang berbeda-beda tiap perusahaan atau toko emas. 

Jadi, menabunglah dengan tujuan jangka panjang dan tidak terburu-buru untuk menjualnya jika tidak ada keperluan mendesak. Tidak perlu khawatir mengenai harga emas karena dalam beberapa tahun harga emas memiliki kecenderungan untuk naik.

Tidak Teliti Memeriksa Kontak Resmi Perusahaan

Nabung Emas Online

Ini kenapa kamu perlu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dengan baik. Selain kamu paham cara kerja transaksi emas di perusahaan tersebut, kamu juga akan tahu seberapa aman dan terpercayanya perusahaan itu. 

Kamu juga akan mengetahui kontak resmi yang bisa dihubungi dan melihat bagaimana respons mereka dalam menjawab pertanyaanmu. Respons ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu menentukan pilihan tempat nabung emas.

Mengetahui kontak resmi juga penting karena banyak modus penipuan yang membuat alamat email atau SMS mirip dengan yang asli. Jika tidak teliti, kamu bisa saja tertipu. 

 

Nah, sudah punya rencana nabung emas online? Seperti investasi, nabung emas juga lebih baik dimulai secepat mungkin. Semakin cepat dimulai, semakin lama kamu bisa menyimpan emas dan semakin besar juga kemungkinan selisih yang didapatkan!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *