Hemat Tagihan Listrik di Rumah dengan 5 Cara Ini!

Lakukan ini agar tagihan tidak membengkak!
Tagihan Listrik

Keputusan untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah tidak dipungkiri bisa membuat tagihan listrik rumah kamu melonjak. Kamu mungkin bisa membayar tagihan hingga dua kali lipat dari biasanya.

 Namun, karena bertahan di rumah untuk tujuan yang lebih besar serta kebaikan bersama, kamu tidak punya pilihan lain. Salah satu cara untuk menghadapi situasi ini hanya berusaha mencari cara untuk meringankan tagihan listrik kamu. Dengan begitu, pengeluaran bulanan pun bisa lebih terjaga

Caranya? Gunakan tips hemat listrik berikut ini!

Hemat Tagihan Listrik dengan Matikan Lampu

Tagihan Listrik

Mau tagihan listrik lebih murah? Pastikan kamu menghemat penggunaan lampu di rumah. Saran ini bisa berguna hingga kapan pun dalam rangka menggunakan listrik dengan bijak.

Namun, dalam situasi sekarang, tips ini bermanfaat untuk mengurangi tagihan kamu. Usahakan saat siang rumah mendapatkan terang dari cahaya matahari sehingga lampu tidak perlu dinyalakan.

Selain itu, saat malam hari dan semua anggota rumah akan tidur, matikan lampu untuk menghemat penggunaan. Saat malam hari, lampu rumah tidak perlu dinyalakan semuanya, cukup di bagian depan atau belakang rumah. Lampu di kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan tidak perlu dinyalakan.

Cabut Kabel Jika Tidak Digunakan

Tagihan Listrik

Selain mematikan lampu, tidak mencabut kabel juga kebiasaan yang sering dilupakan atau diabaikan oleh banyak orang. Kadang untuk alasan kemudahan dan kenyamanan, banyak kabel yang dibiarkan tetap tercolok ke saklar.

Sekalipun dalam keadaan mati, benda elektronik tetap bisa menyedot listrik jika tersambung ke saklar. Itu artinya kamu menggunakan listrik secara sia-sia. Jadi, untuk lebih hemat, mulailah biasakan diri dan anggota keluarga lain untuk mencabut kabel, baik itu televisi, ponsel, laptop, atau benda elektronik lainnya jika tidak digunakan.

Selain lebih hemat listrik, cara ini juga bisa membuat benda elektronik lebih tahan lama dan menghindarkannya dari kerusakan. Selain itu, kamu juga bisa memperkecil kemungkinan adanya konsleting di rumah. 

Gunakan Laptop untuk Bekerja

Tagihan Listrik

Untuk kamu yang sekarang bekerja dari rumah, ada baiknya gunakan laptop daripada komputer desktop. Penggunaan laptop bisa cukup menghemat penggunaan listrik di rumah. 

Meskipun bagi sebagian orang menggunakan komputer lebih nyaman, untuk tagihan listrik yang lebih kecil, laptop merupakan pilihan terbaik. Apalagi jika di rumah ada lebih dari satu orang yang bekerja dari rumah.

Jika kamu dan anggota keluarga lain sama-sama bekerja dari rumah, menggunakan laptop akan lebih hemat. Lagi pula, kamu bisa menggunakan laptop dengan fungsi yang sama. 

Atur Penggunaan Alat Elektronik

Tagihan Listrik

Di rumah tentu ada lebih dari satu benda elektronik dengan daya listrik besar, seperti kulkas, mesin cuci, atau bahkan setrikaan. Benda-benda ini jika dipakai secara bersamaan dan terus menerus tentu bisa menghasilkan tagihan yang tidak sedikit. 

Oleh sebab itu, atur penggunaan berbagai benda elektronik di rumah sesuai dengan kebutuhan. Seperti mesin cuci, usahakan hanya memakainya satu atau dua kali dalam seminggu. Jika bisa juga, tidak perlu menggunakan pengering dan jemur saja di luar.

Selain itu, lihat juga kapasitas listrik setiap benda elektronik. Pastikan kamu tidak menggunakannya melebihi kapasitas yang seharusnya. Jika benda elektronik bekerja terlalu keras, benda tersebut akan membutuhkan tenaga listrik lebih besar.

Perbanyak Tanaman di Rumah

Tagihan Listrik

Cuaca panas di Indonesia membuat banyak orang menggunakan pendingin ruangan di rumah mereka. Hal ini juga sesuatu yang sudah lazim dilakukan. Namun seperti diketahui air conditioner (AC) atau pendingin ruangan membutuhkan tenaga listrik yang tidak sedikit.

Jika kamu menggunakannya sepanjang hari terutama karena sekarang semua anggota keluarga berkegiatan di rumah, biaya listrik bisa dipastikan akan naik. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari cara agar siang hari tetap sejuk tanpa harus menyalakan AC.

Salah satunya tambahkan tanaman di dalam dan luar rumah agar hawa di rumah semakin sejuk dan segar. Selain itu, tanaman juga bagus untuk meningkatkan kualitas udara.

Bayar Tagihan Listrik Kamu di e-mas

Tagihan Listrik

Untuk mempermudah aktivitas dan mendukung program karantina di rumah, usahakan lakukan pembayaran atau pembelian kebutuhan secara online, termasuk membayar tagihan listrik PLN.

Jika kamu bingung mau bayar di mana tagihan listrik secara online, ada aplikasi e-mas yang kini sudah memiliki layanan bayar dan beli untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya, membayar tagihan listrik PLN prabayar dan pascabayar. 

Kamu bisa memilih kategori PLN di kolom layanan aplikasi e-mas. Kemudian pilih token listrik atau tagihan listrik. Setelah itu, kamu bisa memasukkan nomor ID pelanggan dan pilih nominal untuk token listrik. Ikuti langkah selanjutnya dan tagihan kamu pun lunas dengan cepat.

  

==============

Cara lain untuk meringankan beban pengeluaran karena tagihan listrik yang naik ialah mengalihkan uang yang biasanya untuk transportasi. Karena sekarang kamu bekerja dari rumah, uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah alokasi biaya tagihan listrik atau paket internet.

Dengan pengalokasian uang yang tepat kamu bisa meminimalkan pengeluaran atau setidaknya mempertahankan pengeluaran sama seperti sebelumnya.

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *