Harga Emas Mulai Turun, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Jangan panik, ini yang harus kamu lakukan!
Harga Emas Turun

Sudah tahu harga emas turun hari ini? Jika beberapa minggu yang lalu, harga emas terus merangkak naik, beberapa hari ini justru sebaliknya. Harga emas terus berfluktuasi, tapi hari ini harga emas bisa dibilang lebih murah dari beberapa bulan sebelumnya. 

Kamu mungkin masih ingat saat harga emas mencapai rekor baru, yakni Rp944.000 per gram pada bulan April lalu. Saat itu, banyak orang yang mulai panik dan khawatir mengenai keadaan ekonomi yang tidak menentu. 

Banyak usaha berhenti beroperasi dan bisnis sulit berjalan dengan normal. Ketakutan terhadap keadaan ekonomi tersebut membuat orang mulai mengamankan aset mereka ke instrumen investasi berisiko rendah, seperti emas batangan.

Jika sebelumnya kamu melihat tren harga emas yang terus naik, sekarang harga emas justru terus menurun. Meski belum bisa dikatakan harga emas sudah mengalami tren penurunan, kemungkinan harga emas untuk turun lagi sangat besar.

Harga emas hari ini (12/6/20) berada di angka Rp886.000 per gram, turun Rp7.000 dari harga sebelumnya, yakni Rp893.000. Begitu pun dengan harga jual kembali (buyback) emas ANTAM yang turun ke angka Rp777.000.

Keadaan ini tentunya berita baik untuk kamu yang ingin membeli emas. Saat ini, kamu bisa mendapatkan emas dengan harga lebih murah dibandingkan beberapa minggu sebelumnya. 

Penyebab Harga Emas Turun

Harga Emas Turun

Bagi kamu yang sudah lama menabung emas, kamu mungkin akan mudah mengetahui apa yang memengaruhi harga emas  turun atau naik. Salah satu yang paling dominan saat ini ialah keadaan global yang tidak menentu karena adanya wabah virus corona. 

Beberapa bulan sebelumnya harga emas juga mengalami kenaikan karena adanya kekhawatiran orang-orang terhadap keadaan ekonomi karena merebaknya virus corona di seluruh dunia. 

Permintaan emas menjadi tinggi dan harga emas pun melambung tinggi. Selama beberapa waktu kondisi bertahan hingga akhirnya hari ini harga emas kembali turun. Jika harga emas naik karena kepanikan yang disebabkan oleh virus corona, penurunan harga emas juga karena mulai munculnya harapan orang-orang terhadap pemulihan ekonomi.

Setelah menerapkan PSBB sejak bulan April lalu, kegiatan perkantoran kembali dibuka. Bisnis yang kembali berjalan ini memberikan harapan pemulihan keadaan ekonomi yang lebih cepat. Hal ini merupakan salah satu penyebab harga emas turun hari ini.

Meski virus belum sepenuhnya hilang, penurunan harga emas bisa saja terus berlanjut karena keadaan ekonomi yang mulai berjalan normal. Namun, kamu tetap perlu waspada karena keadaan sekarang ini belum bisa dipastikan sepenuhnya normal. 

Karena wabah virus corona masih terjadi, masih ada kemungkinan keadaan tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Jadi, kamu bisa kembali berinvestasi dan memanfaatkan harga emas yang turun untuk membeli emas sambil memantau situasi terkini. 

Bagaimana Jika Jual Emas?

Harga Emas Turun

Idealnya, kamu menjual emas saat harga emas sedang tinggi. Karena menjualnya saat harga emas turun, akan membuat kamu mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit atau bahkan mengalami kerugian. 

Misalnya, kamu baru membeli awal tahun dan ingin menjualnya sekarang, kamu pasti akan mendapatkan harga jual kembali yang lebih murah dibandingkan dengan harga saat membeli emas.

Ingat, ada spread di antara harga jual dan beli emas. Oleh sebab itu, jika tidak karena dalam keadaan yang mendesak yang membuat kamu membutuhkan uang tunai, sebaiknya simpan emas milikmu lebih lama.

Kamu bisa menyimpannya selama beberapa tahun atau hingga tiba waktu yang tepat untuk mewujudkan tujuan keuangan yang sudah dibuat. Setelah beberapa tahun, selisih antara harga jual dan beli sudah lebih besar dan kamu tidak akan mengalami kerugian. 

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih tersebut. Emas merupakan simpanan jangka panjang yang bisa menjaga aset milikmu. Jadi, tidak perlu tergoda untuk menjualnya dengan cepat saat harga emas berfluktuasi.

Tips Beli Emas

Harga Emas Turun

Mau beli emas saat harga emas turun? Kini ada banyak cara yang bisa kamu gunakan walau tidak bisa datang langsung ke toko emas. Berhubung bepergian jauh tidak disarankan dan banyak toko yang belum beroperasi secara normal, kamu bisa membeli emas secara online. 

Beli emas online juga ada dua cara. Pertama, kamu beli emas secara tunai di toko emas online atau toko belanja online lalu emas akan dikirimkan ke alamat rumah kamu. Cara ini tidak berbeda jauh saat kamu belanja online untuk barang lainnya.

Cara kedua, kamu bisa menabung emas secara perlahan dengan cara mencicilnya. Sekarang ada banyak platform yang memungkinkan kamu membeli emas dalam nominal kecil, seperti mulai dari Rp200.

Saat emas sudah terkumpul hingga berat yang ada di pasaran atau sudah mencapai target, kamu bisa menjualnya melalui aplikasi atau mengambilnya secara fisik. Emas akan dikirimkan ke alamat yang kamu cantumkan.

Untuk kedua cara ini, jangan lupa pilih toko dan platform jual beli emas digital yang terpercaya.

 

Jangan tunda lagi untuk beli emas. Beli emas sekarang lebih baik sebelum harga kembali naik!

nabung emas

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *