Harga Emas Lagi Tinggi, Haruskah Kamu Menjualnya?

Yakin mau jual emas?
Harga Emas

Harga emas yang terus menerus mengalami kenaikan sudah bukan berita baru lagi. Sejak merebaknya wabah virus corona di seluruh dunia pada Januari lalu, harga emas secara signifikan terus bergerak naik. 

Hingga hari ini (6/4/2020) harga emas ANTAM 1 gram berada di level Rp931.000,-, sementara untuk harga jual kembali berada di angka Rp832.000,-. Harga beli emas hari ini sudah mengalami penurunan dibanding hari Sabtu yang berada di angka Rp936.000,- dan harga jual kembali Rp835.000,- pada Jumat lalu.

Meski grafik harga emas tetap mengalami naik dan turun, secara keseluruhan harga emas mengalami tren penguatan. Sebagai catatan, dikutip dari bisnis.com, dalam periode tahun berjalan sekarang, harga emas di pasar spot sudah mengalami kenaikan sebesar 6,82 persen.

Jadi, walaupun grafik harga emas hari ini mengalami penurunan, bukan tidak mungkin kenaikan harga masih terus berlanjut. Informasi ini tentu menyenangkan bagi pemilik emas batangan karena mereka bisa menjual emas dengan harga tinggi. 

Namun, apakah kamu perlu menjual emas saat harga sedang tinggi seperti sekarang? Perencana keuangan Andy Nugroho dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), seperti dikutip dari detik.com, memberi saran agar para investor tidak mudah tergiur dengan pergerakan harga barang investasi, termasuk investasi emas batangan.

Menurutnya, investasi merupakan tabungan jangka panjang. Jadi, ada baiknya dijual memang benar-benar saat dibutuhkan. Walaupun tidak masalah menginginkan keuntungan dari kenaikan harga jual, jika belum ada keadaan yang mendesak, tidak ada salahnya untuk ditahan karena harga emas pasti akan terus mengalami kenaikan.

Kenaikan harga emas sendiri bisa karena berbagai faktor, untuk saat ini keadaan global yang tidak menentu karena virus corona menjadi salah satu pemicunya. Meski keadaan berbagai negara di dunia masih baik-baik saja dan tidak ada yang mengalami krisis, wabah virus ini sudah membuat orang mulai khawatir akan terjadinya krisis finansial.

Ketakutan dan kepanikan inilah yang membuat banyak orang mulai mengalihkan aset mereka ke emas batangan. Emas batangan sendiri sudah terkenal sebagai produk safe haven dan tahan terhadap inflasi.

Dengan mengalihkan harta dan aset investasi sebagian pada emas batangan mereka berharap bisa mengamankan uang agar tidak tergerus dengan keadaan pasar yang bisa saja menurun. Di saat bersamaan, mereka berharap tidak mengalami kerugian yang lebih besar dibandingkan dengan tetap mempertahankan aset dalam bentuk investasi lain.

Saat ini investasi lain tentu belum ditinggalkan, pengalihan aset hanya sebagian sambil memantau keadaan hingga kembali normal. Namun, pengalihan ini sudah cukup untuk membuat permintaan emas meningkat dan membuat harga emas melonjak.

Jadi, jangan panik atau terkejut jika harga emas hari ini atau beberapa bulan ke depan dalam rupiah terus mengalami kenaikan. Akan lebih baik, sebelum kamu memutuskan untuk menjual emas, tanyakan pertanyaan ini terlebih dahulu pada diri sendiri.

Sudahkah Sesuai dengan Tujuan Menabung?

Harga Emas

Sebelum menjual emas, ingat-ingat kembali tujuan kamu menabung emas. Ada yang menabung emas hanya untuk simpanan, ada yang menabung dengan tujuan yang ingin dicapai di masa depan, seperti untuk biaya sekolah anak, pergi umroh, atau biaya menikah.

Apa pun tujuan bisa kamu tentukan dan jumlah emas bisa disesuaikan. Oleh sebab itu, saat emas bahkan belum mencapai nilai yang dibutuhkan, itu artinya belum saatnya pula kamu menjual emas. 

Kamu yang memiliki tujuan menabung emas yang sudah direncanakan, akan lebih baik menjual emas ketika sudah tiba pada waktunya. Jika menjual lebih cepat, emas bisa lebih lama dikumpulkan dan tujuan pun lebih lama tercapai.

Apakah Kamu Mendapatkan Untung?

Harga Emas

Untuk bisa mendapatkan nilai keuntungan yang cukup, kamu perlu menyimpan emas selama beberapa tahun. Setelah selang waktu yang cukup lama, harga emas sudah mengalami peningkatan yang cukup besar saat kamu beli dulu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan selisih keuntungan. Jika menabung emas dengan tujuan mendapatkan keuntungan, kamu perlu menyimpannya cukup lama, sekitar 5 hingga 10 tahun.

Namun, jika baru beberapa bulan atau satu tahun yang lalu, kamu tidak perlu terburu-buru menjualnya, kecuali ada kebutuhan mendesak. Kenapa begitu? Karena dalam beberapa tahun ke depan harga emas masih akan mengalami kenaikan. Nilai keuntungan yang didapat bisa lebih besar jika kamu menunggu beberapa tahun dibandingkan menjualnya setelah beberapa bulan.

Masih Adakah Sumber Simpanan Uang Lain?

Harga Emas

Salah satu alasan keuntungan menabung emas ialah karena emas mudah diuangkan saat terdesak. Situasi sekarang bisa jadi sudah termasuk mendesak bagi sebagian orang sehingga perlu menjual simpanan emas mereka.

Namun jika kamu masih ada sumber uang tunai yang cukup, tidak perlu ikut-ikutan menjual emas milikmu. Simpan emas kamu untuk tujuan atau kebutuhan mendesak di masa depan dan gunakan sumber dana yang ada saat ini untuk menghadapi keadaan sekarang.

 

===============

Jadi, kamu mau jual emas atau tidak?

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *