Harga Emas Hari Ini: Faktor Apa yang Membuatnya Naik Turun?

Cari tahu apa penyebabnya!
Harga Emas Hari Ini

Sudah cek harga emas hari ini? Kamu yang berencana untuk membeli atau menjual emas, sebaiknya periksa terlebih dahulu perkembangan harga emas. Berhubung harga emas per gram selalu berubah-ubah, sayang jika kamu beli ketika harga sedang naik atau jual ketika harga turun.

Karena itu juga, ada baiknya kamu mengetahui apa yang menyebabkan harga emas hari ini naik atau turun. Kalau mengetahui faktor penyebabnya, kamu bisa bisa memprediksi harga emas lebih mudah!

Keadaan Global yang Tidak Menentu

Harga Emas Hari Ini

Untuk mengetahui kenaikan atau penurunan harga emas, setidaknya kamu harus mengikuti perkembangan keadaan global saat ini. Apa yang menjadi isu terkini sangat berpengaruh terhadap naik atau turunnya harga emas.

Hal ini bisa terjadi karena dalam keadaan krisis atau keadaan global yang semakin tidak pasti orang-orang bisa saja panik. Mereka akan berpikir untuk mengamankan aset mereka untuk melewati atau menghadapi masa-masa berat tersebut.

Salah satu caranya, orang-orang akan mengalihkan aset mereka ke dalam emas batangan. Permintaan yang tinggi bisa menyebabkan kenaikan harga emas di pasaran. Seperti halnya situasi sekarang yang ramai karena virus corona, harga emas ikut melambung karena situasi global yang tak menentu. 

Harga Emas Per Gram Bisa Naik atau Turun Karena Nilai Tukar Dolar AS

Harga Emas Hari Ini

Harga emas hari ini per gram bisa juga mengalami kenaikan atau penurunan mengikuti nilai tukar dolar Amerika Serikat. Jika dolar menguat, harga emas akan mengalami penurunan. Sebaliknya, harga emas akan naik ketika dolar Amerika Serikat melemah.

Kenapa peran dolar Amerika sangat penting dalam harga emas? Hal ini karena harga emas dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar Amerika Serikat ke dalam Rupiah.

Produksi Emas Batangan

Harga Emas Hari Ini

Tahukah kamu jika produksi emas batangan bisa memengaruhi harga emas? Ketersediaan emas di pasaran akan menentukan naik atau turunnya harga emas. Saat ini, logam mulia barangkali terus ditambang untuk mencukupi kebutuhan orang-orang akan emas.

Namun, ketika emas semakin langka dan permintaan tetap atau bertambah, harga emas bisa terus melonjak. Sebaliknya, produksi emas batangan yang melimpah dengan permintaan yang tetap, bisa membuat harga emas akan turun.

Kamu mungkin tidak perlu mencari tahu setiap harinya mengenai naik atau turunnya produksi emas batangan. Namun, saat pemberitaan mengenai produksi emas batangan beredar di pasaran, segera pastikan kamu tahu tindakan apa yang akan kamu ambil. 

Kebijakan Moneter Bank Sentral AS

Harga Emas Hari Ini

Suka atau tidak, kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat bisa memengaruhi perubahan harga emas di pasaran. Kebijakan moneter ini berkaitan mengenai keputusan naik atau turunnya suku bunga.

Jika bank sentral Amerika memutuskan menaikan suku bunga bank, harga emas kemungkinan mengalami penurunan. Hal ini karena banyak orang yang akan menggunakan dolar untuk berinvestasi pada produk selain emas ataupun menyimpan uangnya di bank.

Sementara ketika suka bunga diturunkan, orang-orang akan beralih ke emas dan menyebabkan harga emas naik. Situasi saat suka bunga turun membuat orang tidak tertarik pada dolar untuk berinvestasi.

Permintaan & Penawaran Emas

Harga Emas Hari Ini

Kamu yang tahu hukum permintaan dan penawaran pasti mudah mengetahui faktor penyebab naik turunnya harga emas berikut ini. Semakin tinggi permintaan masyarakat terhadap emas daripada yang ditawarkan, akan membuat harga emas melonjak.

Begitu pun sebaliknya. Semakin rendah permintaan, harga emas juga akan ikut turun. Sebagai info, permintaan terhadap emas batangan tidak hanya datang dari masyarakat biasa. Negara-negara di dunia melalui bank sentral mereka banyak memonopoli pembelian emas hingga harga emas bisa mengalami kenaikan.

Sementara permintaan terus naik, ketersediaan emas bisa saja semakin berkurang dari waktu ke waktu. Dengan emas yang semakin berkurang dan permintaan yang terus bertambah akan menyebabkan harga emas juga ikut naik.

Grafik Harga Emas Hari Ini Juga Dipengaruhi oleh Inflasi

Harga Emas Hari Ini

Harga emas hari ini, seperti ANTAM juga dipengaruhi oleh adanya inflasi. Ketika inflasi, harga-harga barang akan semakin naik. Begitu pun dengan harga emas yang juga ikut mengalami kenaikan.

Namun, berbeda dengan emas, meski harga barang naik, nilai uang justru mengalami penurunan. Oleh sebab itu, orang-orang cenderung memilih menyimpan aset mereka dalam bentuk lain selain uang.

Salah satu yang banyak dipilih untuk menyelamatkan aset ialah emas batangan. Selain harganya terus naik, emas batangan pun memiliki nilai intrinsik yang tetap membuatnya berharga sampai kapan pun. Karena permintaan yang tinggi inilah, yang membuat harga emas melambung.

 

===========

Harga emas 1 gram hari ini (9/3) sudah mencapai Rp851.000,-. Salah satu penyebab kenaikan harga emas hari ini masih disebabkan oleh mewabahnya penyakit COVID-19 di seluruh dunia. Jika kondisi global masih belum stabil, prediksi harga emas tahun 2020 bisa terus mengalami kenaikan.

Seperti contoh keadaan yang ada saat ini, di masa depan kamu juga bisa memprediksi kenaikan atau penurunan harga emas secara sederhana. Meski begitu, untuk pantauan harga emas lebih lengkap kamu tetap perlu mencari info lebih lanjut.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *