Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living Saat Pandemi

Cara agar kamu bisa bertahan di masa pandemi.
Frugal Living

Sudah pernah dengar gaya hidup frugal living? Gaya hidup ini mulai mendapat perhatian di saat pandemi dan keadaan ekonomi yang kian tidak pasti. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau penghasilan berkurang, membuat banyak orang harus mengubah gaya hidup mereka. 

Salah satu pilihannya, yakni frugal living. Sesuai namanya, gaya hidup ini mengajak kamu lebih berhemat dengan cermat. Jika sebelumnya kamu juga sudah berhemat, dengan gaya hidup ini kamu berhemat setingkat lebih tinggi.

Seperti apa penjelasannya?

Apa Itu Frugal Living?

Frugal Living

Banyak yang bilang frugal living mirip hidup minimalis. Ada juga yang bilang gaya hidup pelit. Meski berhemat, frugal living nyatanya bukanlah gaya hidup pelit. 

Secara sederhana, frugal living bisa diartikan sebagai gaya hidup hemat. Secara lebih lengkap, frugal living merupakan gaya hidup cermat dan hemat tanpa mengabaikan nilai suatu barang.

Jadi, bukan murah yang diutamakan, melainkan kualitas suatu barang. Misal, kamu harus membeli sepatu baru karena yang lama sudah rusak, untuk orang yang menerapkan frugal living akan memilih sepatu yang agak mahal, tapi bisa tahan untuk waktu yang lama dibandingkan sepatu murah, tapi hanya bertahan beberapa bulan.

Dari pengertian frugal living dan contohnya, kamu bisa paham bahwa gaya hidup ini bukan gaya hidup pelit atau murahan. Dengan frugal living, orang-orang diajak untuk lebih memperhatikan pengeluaran mereka.

Kamu harus lebih sensitif terhadap belanja barang yang hanya karena keinginan dan bukannya kebutuhan. Bukan berarti juga kamu tidak boleh jajan atau belanja barang mewah. Semua masih bisa dilakukan, tapi harus dengan perhitungan keuangan yang cermat.

Oleh sebab itu juga, frugal living memaksa kamu mengelola uang dengan baik. Pembagian keuangan serta pengeluaran juga menjadi faktor yang sangat menentukan terhadap keuanganmu.

Kenapa Pilih Frugal Living?

Frugal Living

Kenapa pilih frugal living? Kamu sebelumnya juga mungkin sudah mulai melakukan penghematan di masa pandemi ini. Namun, yang harus dilakukan tidak hanya mengurangi pengeluaran, tetapi juga pengelolaan uang yang baik.

Oleh sebab itu, kamu perlu dengan serius membagi uangmu agar cukup untuk menghadapi masa-masa krisis ini. Nah, jika kamu menerapakan frugal living, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Manfaat yang bisa kamu rasakan ini bisa menjadi alasan kenapa kamu perlu mencoba gaya hidup ini. Apa saja?

  1. Kamu bisa semakin berhemat.

Frugal living bisa membuat kamu semakin berhemat karena kamu akan mempertimbangkan kualitas dan nilai suatu barang sebelum membelinya. Kamu juga akan lebih cerdas memanfaatkan promo dan penawaran yang ada untuk memenuhi kebutuhanmu. Pengeluaran menjadi lebih terencana dan sesuai dengan keperluan. 

  1. Membuat diri lebih disiplin.

Karena kamu membutuhkan pengelolaan uang yang ketat, tidak ada cara lain untuk mewujudkannya kecuali dengan disiplin. Itu artinya, kamu akan belajar pengendalian diri agar tidak menggunakan uang sembarangan. Uang yang dibelanjakan harus sesuai dengan anggaran serta kebutuhan.

  1. Memaksimalkan apa yang dimiliki.

Barang yang kamu miliki barangkali sudah cukup hanya saja karena selalu mengikuti keinginan kamu terus menerus membeli tanpa pertimbangan. Dengan frugal living, kamu harus belajar cara menggunakan barang dengan maksimal. Tidak ada lagi pembelian yang sia-sia dan barang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

  1. Tidak menumpuk barang di rumah.

Meski tidak salah memiliki banyak barang, tapi jika tidak digunakan, barang tersebut akan menjadi pembelian yang sia-sia. Karena kamu belajar memanfaatkan fungsi suatu barang secara maksimal, kamu bisa berhenti belanja barang yang tidak penting sehingga tidak ada lagi tumpukan barang yang tidak digunakan. Rumah bisa terasa lebih lega dan perasaanmu pun lebih bahagia.

  1. Mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

Semakin banyak yang dihemat, semakin banyak uang yang bisa kamu alokasikan untuk investasi, bisnis, dana darurat, atau keperluan masa depan lainnya. Jika dana bisnis atau investasi bertambah, kamu bisa berharap mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan yang besar akan membuat tujuan keuanganmu tercapai lebih cepat.

Cara Hidup Frugal Living

Frugal Living

Bagaimana mewujudkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari? Kamu bisa memulainya dengan langkah berikut ini.

  1. Kembali evaluasi keuangan.

Meski kamu sudah mengetahui seperti apa keadaan keuanganmu, tidak ada salahnya untuk kembali mendata dan memeriksa jalannya uang masuk dan keluar yang selama ini dilakukan. Dengan begitu, kamu tahu pengeluaran yang bisa dihilangkan dan pemasukan yang bisa ditingkatkan.

  1. Atur pengeluaran harian dan bulanan.

Setelah mengetahui keadaan keuanganmu, aturlah pengeluaran lebih baik. Belanja dengan memanfaatkan promo atau diskon untuk barang yang dibutuhkan. Selain itu, eliminasi pengeluaran yang tidak perlu. Lakukan pencatatan harian untuk pengeluaranmu sebagai bahan pengingat dan evaluasi.

 

Cara hidup frugal living hanya salah satu opsi untuk membuat keuanganmu bertahan. Meski awalnya terasa sulit, jika sudah terbiasa gaya hidup ini akan membantu kamu sehingga memiliki kehidupan dan keuangan yang lebih sehat.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *