Mengenal Emas ANTAM Lebih Dekat Lagi

Buat kamu yang sudah berkecimpung di dunia investasi logam mulia, pasti sudah tidak asing dengan emas ANTAM ini. Tidak heran, karena emas ANTAM sudah lama dipercaya sebagai bentuk investasi yang menguntungkan.

Meskipun kamu sudah sering menemukan emas ini di mana-mana, belum tentu kamu tahu asal mula dan sejarah emas ini, dari pertama muncul hingga menjadi investasi favorit banyak orang. Makanya, kita kenali dengan lebih dekat dulu di sini, yuk!

Awal Mula Emas ANTAM

Pada awalnya, emas ini belum diproduksi oleh perusahaan yang besar seperti sekarang. Malah, logam mulia ANTAM ini juga dibuat dari hasil pemurnian emas rongsok! 

Pada tahun 1930, seorang pedagang emas bernama RT Braakensiek mulai mendirikan usaha ini. Saat itu, RT Braakensiek belum punya lokasi tetap untuk berjualan dan sering berpindah-pindah.

Tujuh tahun kemudian, ia baru menemukan tempat yang tetap untuk berjualan logam mulia, yaitu di Jalan Gajah Mada No. 84, Jakarta pusat. Setelah itu, ia berjualan emas hasil tambang dari Bengkul dan Cikotok serta memurnikan emas rongsok untuk dijual lagi di tempat itu.

[Baca juga: 5 Tips Memulai Investasi Emas Bagi Pemula]

Perubahan Menjadi PT ANTAM

Terus, bagaimana awal mulanya usaha milik RT Braakensiek ini menjadi PT Aneka Tambang seperti sekarang? 

Usaha emas ini terus berlanjut hingga 17 tahun kemudian dan disahkan sebagai perusahaan legal bernama NV Essaieur en Affinage Bedrijf v/h RT Braakensiek. Nah, pada tahun 1957 perusahaan ini baru diambil alih oleh Bank Industri Negara dan berubah nama menjadi PT Logam Mulia atau Logam Mulia Ltd.

Tapi tidak sampai situ saja, pada tahun 1962 PT Logam Mulia berubah status lagi menjadi PN Logam Mulia. Kemudian, PN Logam Mulia berubah menjadi salah satu unit produksi PT Aneka Tambang pada tahun 1974 yang disebut dengan Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia. 

Terakhir, pada tahun 1979, PT Aneka Tambang pindah ke Pulo Gadung, Jakarta Timur hingga sekarang.

Jenis Produk PT ANTAM

Meskipun emas batangan adalah produk utama PT ANTAM, masih ada logam lain yang juga diproduksi oleh mereka. Berikut ini ada beberapa produk dari PT ANTAM.

  1. LM Gold Cast Bars
  2. LM Gold Minted Bars
  3. Dinar & Dirham Coins
  4. Industrial Products
    • Gold-Palladium Alloys
    • Silver Granuls
    • Gold/Silver Plate & Wire
    • Silver Nitrate
    • Needle Test
    • Platinum Labware

Adapun bisnis utama dari logam mulia ANTAM berhubungan langsung dengan suplai dari perusahaan tambang nasional dan unit bisnis tambang emas pongkor. Kapasitas maksimal untuk produksi emas adalah sekitar 60 ton emas dan 250 ton perak per tahun.

[Baca juga: 5 Brand Emas Terbaik Dunia untuk Investasi]

Produk Logam Mulia untuk Investasi 

Dana Darurat

Emas batangan produksi ANTAM yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk investasi adalah LM Gold Minted Bars. LM Gold Minted Bars merupakan jenis logam mulia dengan berat dan kadar kemurnian emas sebesar 99,99%. Kamu bisa mulai membeli logam mulia mulai dari 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500 gram hingga 1 kg.

Kalau kamu membeli emas ANTAM terbaru, sertifikat keasliannya tidak terpisah lagi dan berbentuk kartu yang merangkap sebagai kemasannya, yang disebut dengan Certicard. Kamu bisa mengecek keaslian emas dengan aplikasi CertiEye yang bisa kamu unduh di ponselmu. 

Meskipun konsumen utama emas ANTAM ada di pasar domestik, mereka juga dijual di pasar internasional karena telah terakreditasi oleh London Bullion Market Association. Karena kualitas emas ANTAM yang berstandar internasional, banyak perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia dan Eropa yang menjadi pelanggan setia.

Harga Emas ANTAM

Investasi

Harga emas ANTAM hari ini selalu berbeda dengan esok hari, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena harganya akan mengalami terus mengalami kenaikan dalam jangka panjang. Jadi, kamu tidak perlu takut dan buru-buru menjual emasmu kalau tiba-tiba harga emas turun.

Rajin-rajinlah mengecek harga emas setiap hari. Sekarang kamu dapat dengan mudah melakukannya karena ada banyak investasi emas online yang menampilkan harga emas yang diperbarui setiap detik, seperti di aplikasi e-mas. Dengan begini, kamu tahu kapan harus menjual atau membeli emas ANTAM.

Di Mana Bisa Membeli Emas ANTAM?

Kamu bisa menemukan emas ANTAM dengan mudah di seluruh Indonesia. Kamu bisa membelinya di bank, pegadaian, dan pengecer logam mulia ANTAM. Di zaman serba digital ini, kamu juga bisa membeli emas ANTAM secara online dengan mudah dan aman.

Kalau kamu tidak mau repot menyimpan emas fisik, kamu bisa berinvestasi emas online dengan aplikasi di smartphone kamu. Investasi ini lebih praktis dan kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan emasmu lagi.

 

Seru juga kan bisa mengetahui perkembangan emas ANTAM dari dulu hingga sekarang? Ternyata bukan cuma alat investasi, logam mulia ANTAM juga punya sejarah yang patut kita kenang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *