Emas ANTAM, Ternyata Seperti Ini Awal Berdirinya

Kenali lebih dekat di sini!
Emas ANTAM

Emas ANTAM pastinya sudah tidak asing di telinga kamu, bukan? Untuk orang-orang yang gemar berinvestasi emas, logam mulia produksi PT ANTAM ini sering kali menjadi pilihan pertama untuk banyak orang.

Meski sudah terkenal dengan kualitasnya dan bisa kamu dapatkan di berbagai gerai, belum tentu banyak orang tahu sejarah awal mula adanya emas ANTAM. Karena itu, kenali emas ANTAM lebih dekat di sini! Siapa tahu berguna tidak hanya sebagai pengetahuan, tapi informasi yang tepat untuk langkah investasi kamu di masa depan!

Sejarah Emas ANTAM

Emas ANTAM

Sejarah dibentuknya PT ANTAM dimulai dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemurnian emas. Pada tahun 1937, perusahaan ini beralamat di Jalan Gajah Mada 84, Jakarta dan mereka memurnikan emas dari tambang Rejang Lebong di Bengkulu dan Cikotok.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 1939 perusahaan tersebut berubah menjadi perseroan terbatas dengan nama N.V. Esseyeur en Affimagebed rijf v/h R.T. Braakensiek. Perusahaan pemurnian emas ini kemudian diambil alih oleh Bank Industri Negara dan berubah menjadi PT Logam Mulia pada tahun 1957.

Bergerak ke tahun 1961, perusahaan yang saat itu merupakan perseroan terbatas kembali berubah status menjadi PN (Perusahaan Negara) Logam Mulia. 

Selang beberapa tahun berikutnya, yakni pada tahun 1968 PN Logam Mulia bergabung dan menjadi salah satu unit produksi PT Aneka Tambang (Persero) yang disebut dengan Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Tidak hanya status perusahaan yang berubah, pada tanggal 1 April 1979 lokasi perusahaan pun pindah ke Jl. Raya Bekasi, Pulogadung, Jakarta Timur. PT ANTAM bertahan di lokasi ini cukup lama. Namun, lokasi pembelian dan penjualan retail emas batangan ANTAM kini dipindahkan ke gedung Graha Dipta, Pulogadung pada tahun 2017.

Juni 1974, status Perseroan kembali diubah dari Perusahaan Negara menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26 tahun 1974. Sejak saat itu, perusahaan dikenal sebagai Perusahaan Perseroan (Persero) Aneka Tambang.

Pemerintah Republik Indonesia memegang saham mayoritas perseroan dengan jumlah saham sebesar 65% dan 35% sisanya dimiliki oleh publik. Perseroan juga mencatatkan diri sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia dengan kode ANTM dan Bursa Efek Australia dengan kode ATM.

Info tambahan, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia juga berkembang menjadi satu-satunya refinery di Indonesia yang masuk dalam Good Delivery List London Bullion Market Association (LBMA) dengan produk emas batangan yang memberikan jaminan kemurnian 99,99%.

Produk PT ANTAM

Emas ANTAM

Sesuai dengan namanya, yakni Aneka Tambang, kamu tidak hanya bisa beli emas ANTAM. Ada juga produk logam mulia dan tambang lainnya yang bisa kamu dapatkan untuk berbagai keperluan dan tujuan.

Komoditas utama yang ditawarkan oleh PT ANTAM ialah bijih nikel kadar tinggi (saprolit), bijih nikel kadar rendah (limonit), feronikel, emas, perak, dan bauksit. Sementara jasa utama PT ANTAM adalah pengolahan dan pemurnian logam mulia serta jasa geologi.

Untuk produk PT ANTAM, bisa kamu lihat di sini.

  1. LM Gold Cast Bars
  2. LM Gold Minted Bars
  3. Dinar & Dirham Coins
  4. Industrial Products
  • Gold Palladium Alloys
  • Silver Granuls
  • Gold/Silver Plate & Wire
  • Silver Nitrate
  • Needle Test
  • Platinum Labware

Untuk investasi emas ANTAM sendiri, produk yang banyak digunakan ialah LM Gold Minted Bars dengan kadar kemurnian mencapai 99,99%. Berat emas yang tersedia juga beragam, mulai dari 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500 gram, dan 1 kg.

Mengikuti kemajuan zaman, emas ANTAM juga sudah dilengkapi dengan CertiCard yang merangkap sebagai kemasan dan sertifikat. CertiCard dilengkapi pula dengan teknologi CertiEye yang dapat diunduh di Google Play Store ataupun App Store.

Setelah diunduh, kamu dapat melakukan pemindaian (scanning) pada barcode di CertiCard untuk mengetahui keaslian emas. CertiCard pada emas ANTAM bisa kamu temui pada pecahan 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100 gram.

Harga Emas Logam Mulia

Emas ANTAM

Per Rabu, 11 Maret 2020 emas ANTAM 1 gram dibuka dengan harga Rp839.000,-, turun Rp3.000,- dari harga sebelumnya. Harga emas sendiri beberapa hari belakangan terus mengalami kenaikan mengikuti situasi global yang ramai dengan adanya penyakit COVID-19.

Grafik harga emas ANTAM akan terus mengalami naik turun. Oleh sebab itu, orang yang ingin membeli atau menjual emas mereka disarankan melihat perkembangan harga emas terlebih dahulu.

Penyebab naik turunnya harga emas bisa disebabkan banyak faktor selain situasi dunia saat ini, seperti nilai tukar dolar Amerika Serikat, inflasi, permintaan dan penawaran emas, serta produksi emas batangan itu sendiri.

============

Menarik, bukan mengetahui sejarah dan perkembangan produksi emas ANTAM? PT ANTAM ternyata memiliki sejarah panjang juga, ya dan bisa dibilang sedikit bagian dari sejarah negara yang patut kita kenang. 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *