Ini Dia Berbagai Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Kamu

Coba deh kamu perhatikan kalau lagi jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan. Banyak toko dan restoran yang menawarkan diskon atau cashback dengan pembayaran menggunakan e-wallet, kan?

Pembayaran dengan dompet digital dan e-wallet semakin merajalela. Bahkan di tahun 2018 saja, transaksi digital atau nontunai meningkat hingga 24%. Tidak mengherankan, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan dompet digital ini.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan e-wallet dan apa saja keuntungan menggunakan e-wallet untuk transaksi keuanganmu? Cari tahu bersama di sini, yuk!

Apa Itu E-Wallet?

Berbeda dengan e-money yang menggunakan chip pada kartu, e-wallet ini berbasis aplikasi di smartphone kamu. Kamu bisa menyimpan uang kamu di e-wallet ini dan menggunakannya untuk pembayaran transaksi online maupun offline. 

Untuk keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena pengguna diharuskan untuk melakukan verifikasi pada setiap transaksi. Meskipun biasanya pembayaran dilakukan menggunakan QR Code, metode lainnya yang biasa digunakan termasuk Near-Field Communication (NFC) dan One-Time Password (OTP).

[Baca juga: 7 Masalah Keuangan Anak Milenial yang Umum Terjadi]

Penyedia Layanan E-Wallet di Indonesia

Ada banyak aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia, bahkan semakin bertambah seiring waktu. Tetapi untuk saat ini, mari kita bahas beberapa aplikasi e-wallet yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia.

Go-Pay

Awalnya, Go-Pay dibuat untuk pembayaran layanan dalam aplikasi Go-jek, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan lain-lain. Setelah menerapkan sistem QR payment, Go-Pay mulai dapat digunakan untuk transaksi lainnya di mitra yang telah bekerja sama dengannya.

Bisa dibilang, Go-Pay adalah salah satu sistem pembayaran yang paling populer saat ini. Ke mana pun kamu pergi, pasti bisa menemukan merchant yang menawarkan promo dengan pembayaran lewat Go-Pay.

OVO

Aplikasi OVO mulai populer sejak bekerja sama dengan aplikasi kendaraan online lainnya, yaitu Grab Indonesia. Kemudian, OVO mulai bekerja sama juga dengan Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dan makin meningkatkan popularitasnya.

Salah satu keunikan OVO adalah dana di dalam aplikasi yang terbagi menjadi dua, yaitu OVO Cash dan OVO Points. OVO Cash adalah saldo utama yang kamu masukkan ke dalam aplikasi, sedangkan OVO Points adalah poin yang kamu dapatkan dari cashback saat melakukan transaksi.

Dana

Layanan e-wallet Dana muncul pada tahun 2017, dan pertama mengusung sistem open platform. Ini artinya kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah lagi untuk melakukan pembayaran di merchant online. 

Namun pada tahun 2018, Dana meluncurkan aplikasi dompet digital mereka sendiri, meskipun sistem open platform mereka juga tetap berjalan. Banyak orang yang mengenal aplikasi Dana karena mereka bekerja sama dengan aplikasi pembelian tiket bioskop TIX ID.

LinkAja

LinkAja merupakan pembaruan dari aplikasi dompet digital milik operator selular Telkomsel, yang sebelumnya dikenal sebagai T-Cash. T-Cash menerapkan sistem NFC dengan stiker T-Cash Tapnya, dan masih bisa digunakan dengan aplikasi LinkAja.

Layanan keuangan elektronik ini merupakan kerja sama antara perusahaan BUMN yang bernaung di bawah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Pihak BUMN menyatakan bahwa mereka siap bersaing dengan perusahaan e-wallet lainnya seperti Go-Pay dan OVO.

 

Apa Saja Manfaat E-Wallet?

1. Mewujudkan Cashless Society

Masyarakat harus ikut berkembang dengan majunya teknologi. Sistem transaksi nontunai seperti dompet digital lebih inovatif, efisien, aman dan mudah digunakan. Ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia pada tahun 2014.

Selain praktis dan nyaman, transaksi nontunai dapat mempermudah cash handling dan menghemat biaya pengelolaan uang rupiah. Dengan menggunakan e-wallet, kita juga bisa mengurangi anggaran sebesar Rp3,5 triliun yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk mencetak uang baru, yang juga untuk menggantikan uang yang sudah kumal.

2. Promosi yang Menguntungkan

Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam promosi yang ditawarkan oleh penyedia dompet digital, seperti diskon dan cashback. Ini juga salah satu alasan terbesar orang-orang untuk beralih ke dompet digital.

[Baca juga: Tips Hemat Pengeluaran dengan 5 Langkah Ini]

3. Bisa Melacak Transaksi dengan Mudah

Setelah kamu melakukan transaksi dengan e-wallet, jumlahnya akan tercatat di histori akun kamu. Dengan begini, kamu bisa melacak berapa jumlah uang yang sudah kamu keluarkan untuk mengontrol pengeluaran kamu. Kamu tidak perlu repot-repot lagi mencatatnya secara manual.

4. Lebih Aman dari Pencurian

Asalkan kamu menjaga akun dan passwordmu dengan baik, kamu tidak perlu panik kalau-kalau ponselmu yang berisi aplikasi e-wallet kamu dicuri. Kamu juga dapat memblokir akunmu untuk sehingga akun e-walletmu tidak bisa digunakan oleh orang lain.

5. Bisa Membeli Apa Saja

Tidak hanya pembelian barang biasa, ada banyak hal lain yang bisa kamu beli dengan e-wallet. Contohnya membeli pulsa, membayar tagihan, hingga membayar iuran lingkungan! 

Selain itu, kamu juga bisa membeli emas di aplikasi e-mas untuk investasimu. Bahkan untuk pengguna Go-Pay dan OVO, kamu bisa membeli emas dari Rp100,- saja!

 

Menggunakan e-wallet memang lebih praktis, aman, dan menguntungkan. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu kalap dengan promo yang ditawarkan. Jangan lupa untuk lebih bijak dalam mengatur keuanganmu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *