Kenapa Pandemi Covid-19 Membuat Harga Emas Batangan Melambung?

Cari tahu jawabannya di sini!
Harga Emas Batangan

Harga emas batangan terkenal selalu mengalami naik dan turun. Penyebabnya bisa karena banyak hal yang terjadi di dunia ini, termasuk yang sedang menjadi perhatian di seluruh negara, pandemi covid-19.

Wabah virus corona ini sudah berlangsung sejak bulan Januari dan hingga kini masih memakan korban di berbagai negara belahan dunia. Sejak virus ini mewabah dan semakin melebar, harga emas batangan ikut terpengaruh.

Namun, kenapa pandemi covid-19 bisa menyebabkan kenaikan harga emas? Ini alasannya.

Harga Emas Batangan Naik karena Pandemi Covid-19 

Harga Emas Batangan

Per hari ini (30/3/2020) harga emas batangan ANTAM 1 gram berada di angka Rp926.000,-, naik Rp2.000,- dari harga sebelumnya. Sementara untuk harga jual kembali tetap berada di level Rp835.000,- tidak berubah dibandingkan harga sebelumnya. 

Harga emas secara global juga terus mengalami kenaikan dan beberapa kali menyentuh rekor harga tertinggi. Dikutip dari Kompas.com, data dari Bloomberg (9/3/2020) harga emas di pasar spot mencapai level 1.703,39 dollar AS per troy ons atau tertinggi sejak Desember 2012.

Untuk kamu yang sudah menyimpan emas selama beberapa tahun, grafik harga emas ANTAM ini tentu menjadi kabar gembira. Selisih harga beli dan jual emas bisa semakin besar dan kamu bisa menjual emas dengan harga yang cukup mahal.

Adanya Kepanikan

Harga Emas Batangan

Meski harga emas mengalami kenaikan, ada situasi yang membuat semua orang khawatir. Wabah virus ini membuat banyak orang menjadi panik dan berpikir kembali mengenai langkah investasi yang harus diambil.

Walau situasi saat ini belum mencapai krisis, keadaan ini sudah cukup membuat orang untuk mengambil tindakan terhadap aset mereka. Salah satu yang umum dilakukan ialah mengamankan aset dengan mengalihkannya ke emas batangan. 

Emas batangan sudah lama dikenal sebagai investasi safe haven, yakni produk investasi yang dianggap aman saat keadaan ekonomi dan geopolitik tidak menentu. Produk safe haven bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilainya meski dalam situasi darurat. 

Oleh sebab itu, permintaan terhadap emas batangan pun terus bertambah menyebabkan harga emas batangan hari ini terus melonjak.

Pengalihan Aset

Harga Emas Batangan

Walau orang ramai membeli emas bukan berarti instrumen investasi yang lain ditinggalkan. Karena situasi saat ini belum mencapai di tahap yang sangat parah, orang-orang kemungkinan akan tetap berinvestasi di pasar atau produk lainnya, tetapi sudah mulai mengalihkan sebagian atau sedikit dari aset mereka ke dalam logam mulia.

Hal ini dilakukan bukan untuk mencari keuntungan yang lebih besar melainkan untuk menghindari kerugian yang lebih dalam jika penurunan pasar terjadi. Emas dijadikan sebagai pelindung aset agar nilainya tidak menurun karena adanya inflasi dalam jangka waktu yang panjang ataupun keadaan pasar yang menurun saat krisis ekonomi terjadi.

Jika kepanikan ini berlanjut, kemungkinan akan semakin banyak orang yang mengalihkan aset dan menumpuk emas. Dengan begitu, mengakibatkan harga emas terus mengalami kenaikan.

Emas Penjaga Aset Terbaik

Harga Emas Batangan

Menariknya, selain tidak terpengaruh dengan inflasi, emas juga tidak terpengaruh pergerakan saham bursa, kebijakan suku bunga, kebijakan moneter, ataupun fiskal lain dari bank sentral dan pemerintah. Tidak terpengaruhnya nilai emas ini membuat emas batangan semakin aman dijadikan sebagai penjaga aset. 

Meski harganya yang semakin tinggi dianggap tidak ideal untuk membeli atau mengumpulkan emas saat ini, tujuan sebagian orang sudah berbeda. Sekarang, mereka tidak membeli untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, tetapi mengamankan aset yang telah ada. Keuntungan dianggap sebagai bonus.

Keuntungan Menjual Emas Saat Ini

Harga Emas Batangan

Situasi ini justru menguntungkan untuk kamu yang ingin menjual emas. Kamu mungkin masih bisa menunggu harga emas hari ini atau beberapa hari ke depan untuk melihat kenaikannya. 

Namun, jika khawatir harga emas justru akan diam di tempat atau bahkan mengalami penurunan, menjualnya saat ini lebih baik. Bagaimana pun, tidak ada yang bisa memprediksi naik dan turunnya harga emas secara pasti.

Lebih baik kamu menjual saat ini dan mendapatkan keuntungan dibandingkan terus menunggu dengan mengharapkan kenaikan yang lebih tinggi, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Oleh sebab itu, jika kamu mencari keuntungan, sebaiknya perhitungkan selisih harga beli dan jual emas milikmu. Bila dirasa sudah cukup menguntungkan, kamu bisa menjualnya.

Namun, jika menabung emas untuk mencapai tujuan di masa depan, kamu bisa tetap menyimpan emas dan menjualnya ketika sudah tiba waktunya. Kamu bisa mengabaikan godaan untuk menjual emas saat ini. 

 

================

Mau jual atau beli emas, kamu bisa mengembalikannya pada tujuan keuangan dan investasi kamu saat ini dan masa depan. 

Ingat, perhitungkan langkah investasi kamu dengan tepat!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *