7 Cobaan Keuangan yang Akan Kamu Temui Saat Mencoba Berhemat

Semangat berhemat!
Cobaan Keuangan

Apakah ada cobaan keuangan saat kamu memutuskan ingin berhemat? Jawabannya, tentu saja ada! Berhemat merupakan salah satu bagian penting dalam mengelola uang, tapi melakukannya tidak mudah. 

Akan banyak tantangan keuangan dan godaan yang bisa menggagalkan niat kamu. Jika tidak cukup disiplin, kamu bisa saja melonggarkan program hemat kamu karena sejumlah cobaan keuangan ini!

Harus Tahan Menghadapi Godaan Promo

Cobaan Keuangan

Tantangan saat berhemat yang paling sulit bagi sebagian orang barangkali adalah menghadapi godaan promo atau diskon besar-besaran. Siapa yang tidak tergoda jika barang yang diinginkan turun setengah harga?

Kamu bisa saja kalap dan langsung membelinya. Jika begitu, usaha untuk berhemat pun gagal. Besok harinya kamu bisa saja kembali berhemat dengan semua pengeluaran, tapi godaan promo tetap tidak bisa kamu lawan.

Untuk bisa melawannya, kamu harus memahami kenapa kamu belanja. Jangan asal keluar uang dan hanya karena mengejar diskon. Tanyakan pada diri sendiri seberapa butuh kamu dengan benda tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

Selain itu, agar program berhemat kamu berhasil, cobalah hindari segala akun atau kontak dengan toko online. Dengan begitu, kamu tidak perlu tahu mengenai info promo terbaru.

Jadi, hindari sebaik mungkin agar kamu berhasil berhemat.

Belajar Pintar Mengenali Pengeluaran

Cobaan Keuangan

Cobaan masalah keuangan berikutnya ialah mengenali pengeluaran yang dilakukan. Untuk bisa berhemat, kamu perlu mengetahui semua pengeluaran yang dilakukan. Setelah itu, kamu bisa memilah mana yang penting dan tidak.

Meski terdengar mudah, tidak semua orang benar-benar tahu pengeluaran yang dilakukan. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat daftar pengeluaran dan pemasukan bulanan atau harian.

Jika sudah selesai, kamu bisa mengeliminasi pengeluaran yang tidak penting selama ini dan uangnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Kamu tidak perlu merasa terbebani mengeliminasi pengeluaran tersebut. Fokuskan pengeluaran pada apa yang perlu dan penting untukmu. 

Menahan Diri Menggunakan Tabungan atau Sumber Simpanan Lain

Cobaan Keuangan

Cobaan keuangan lain saat berhemat ialah ketika kamu ingat masih ada sumber uang lain yang bisa digunakan. Kamu bisa saja tergoda menggunakannya untuk membeli atau membayar pengeluaranmu.

Namun, ini godaan yang perlu kamu lawan. Cara belajar berhemat memang tidak mudah, tapi jika kamu bisa disiplin dengan anggaran yang sudah ditetapkan untuk setiap pengeluaran, berhemat bisa menjadi lebih ringan.

Jangan berpikir uang tabungan atau simpanan lain bisa kamu gunakan untuk berbelanja. Cukup gunakan uang yang sudah dianggarkan dan jika sudah habis kamu hanya perlu menunggu hingga gajian berikutnya turun.

Melewatkan Undangan Main dengan Teman

Cobaan Keuangan

Saat berhemat, akan banyak pengeluaran yang ditiadakan atau setidaknya dikurangi. Salah satunya ialah biaya nongkrong atau main dengan teman. Jika sebelumnya bisa setiap minggu, setelah berhemat prioritaskan hanya untuk satu atau dua pertemuan.

Pilih pertemuan yang paling penting dan dengan orang-orang yang memang dekat denganmu. Anggaran uang untuk hiburan seperti ini memang perlu dianggarkan, tapi yang pasti tidak boleh berlebihan.

Membiasakan Diri Tidak Membawa Kartu Kredit atau ATM

Cobaan Keuangan

Cobaan keuangan lain ialah membiasakan diri membawa uang tunai. Meski saat ini sudah ada uang elektronik, uang tersebut juga memiliki fungsi lain yang mungkin bukan untuk belanja. 

Jadi, saat bepergian atau main dengan teman, anggarkan saja uang tunai agar kamu tidak tergoda menggunakan kartu kredit atau ATM ketika menemukan benda yang menarik perhatian kamu. 

Belajar Berhemat Uang dengan Mencari Alternatif Jajan

Cobaan Keuangan

Sudah terbiasa jajan kuliner setiap hari? Sumber pengeluaran ini juga bisa dikurangi atau dihilangkan. Cobalah cari alternatif jajan yang lebih hemat, seperti membuat sendiri makanan atau minuman favorit kamu. 

Cara lain, mengurangi frekuensi jajan hingga kamu terbiasa tidak lagi membelinya. Pelan-pelan kamu pasti bisa menghemat pengeluaranmu asalkan kamu disiplin dengan uang yang sudah dianggarkan. 

Belajar Hidup Sederhana

Cobaan Keuangan

Berhemat mengajarkan kamu untuk hidup sederhana dan lebih mensyukuri apa yang sudah kamu punya. Setelah kamu mencoba berhemat, kamu akan belajar memaksimalkan penggunaan setiap barang hingga tidak ada lagi yang terbuang.

Buat semua orang hidup sederhana, sesuai dengan pemasukan dan tidak mengikuti gaya hidup masa kini bukan hal yang mudah. Namun, cara ini lebih membuat kamu aman dan nyaman dalam hal keuangan karena kamu bisa terhindar dari utang atau cicilan tiap bulan. Hidup pun bisa menjadi lebih terarah dan tanpa beban.

 

Apa cobaan keuangan yang paling sulit untuk kamu lawan? Walaupun sulit di awal, kamu harus terus menguatkan tekad karena kebiasaan berhemat bisa menyelamatkan keuanganmu di masa sekarang dan di masa depan.

Uang menjadi lebih jelas terpakai dan simpanan untuk berbagai tujuan di masa depan juga bisa terkumpul lebih cepat! Selamat berhemat!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *