7 Cara Cari Penghasilan Tambahan di Masa Krisis

Dapatkan penghasilan tambahan dari rumah!
Penghasilan Tambahan

Sudah mulai terpikir mencari penghasilan tambahan di masa pandemi ini? Tidak dipungkiri, sudah tidak sedikit orang yang penghasilannya berkurang karena adanya pemotongan atau bahkan kehilangan pekerjaannya. 

Situasi ini mungkin bisa memburuk karena jika melihat statistik sekarang, jumlah yang terinfeksi terus meningkat. Lalu, apa yang harus dilakukan? Apa kamu akan berusaha bertahan dengan penghasilan yang ada sekarang?

Apa kamu juga akan menunggu hingga keadaan normal baru setelahnya mencari pekerjaan lagi? Yakin kamu akan melakukannya? Daripada menunggu, kamu bisa mencoba cara lain untuk menunjang biaya sehari-hari, yakni mencari penghasilan tambahan. 

Bagaimana? Ini tujuh ide pekerjaan dan usaha untukmu.

Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah dengan Pekerjaan Freelance

Penghasilan Tambahan

Butuh penghasilan tambahan di situasi seperti sekarang bukan hal yang aneh dan pastinya tidak hanya terjadi pada kamu. Jadi, jangan merasa malu atau bahkan stres berlebih. 

Jangan panik dan pikirkan peluangmu dengan kepala dingin. Apa pun keahlian yang dimiliki bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mencari pekerjaan lepas.

Kamu yang penulis, desainer grafis, fotografer, atau bahkan penerjemah bisa mencari pekerjaan freelance. Kamu bisa mulai dengan bergabung dengan situs-situs untuk freelancer atau menawarkan keahlianmu ke teman-teman terdekat. Jika belum cukup, mencari pekerjaan di marketplace freelancer juga bisa dicoba.

Buka Bisnis Sampingan dengan Jual Makanan/Minuman Online

Penghasilan Tambahan

Yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bisa menjadi penghasilan tambahan untuk ibu rumah tangga. Industri kuliner merupakan salah satu usaha yang tetap dibutuhkan meski dalam masa karantina ini. 

Apalagi untuk orang-orang yang sudah berbulan-bulan di karantina, mencari menu baru biasanya dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan. Jadi, kamu yang ingin mencoba menjual makanan dan minuman punya peluang besar, apalagi saat ini masih bulan Ramadan.

Kamu bisa menawarkan makanan atau minuman, kue, makanan beku, atau layanan meal prep. Ada banyak menu yang yang bisa dijual, tetapi akan lebih baik jika menu tersebut menu kamu sendiri sehingga bisa menjadi khas dan tidak dijual di tempat lain. 

Menjadi Distributor/Reseller

Penghasilan Tambahan

Ide ini juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk siapa saja. Benda yang dijual pun bisa sangat beragam, mulai dari alat kesehatan, makanan, pakaian, hingga buku. 

Di masa karantina ini, bahkan masih banyak penjual yang menawarkan peluang untuk menjadi distributor atau reseller. Meskip daya beli menurun, masyarakat yang belanja kebutuhan secara online tetap bisa diandalkan.

Jadi, tidak ada salahnya dicoba. Kamu bisa menawarkan produk yang dijual di grup, taman, keluarga, atau siapa saja hanya mengandalkan akun media sosialmu. Jangan lupa juga, pikirkan bagaimana akan mengirim barang jika kamu serius ingin mencobanya.

Jual Stok Foto

Penghasilan Tambahan

Hobi foto atau bahkan kamu seorang fotografer amatir? Jangan hanya menyimpan foto-foto tersebut. Kamu bisa menjadi stock artist dengan menjual foto-foto hasil jepretanmu ke situs stock foto berbayar.

Meski saat ini kamu tidak keluar rumah untuk mencari objek foto, kamu bisa memanfaatkan objek di sekitarmu untuk menghasilkan uang. Bisa juga, gunakan konsep karantina dan pandemi sebagai tema foto yang diambil.

Cara ini menguntungkan dan efisien untuk kamu yang tidak boleh keluar rumah. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan mengirimkan foto-foto terbaikmu.

Menjadi Kurir

Penghasilan Tambahan

Punya mobil atau motor? Selain bisa digunakan untuk mencari uang melalui jasa transportasi online, kamu mungkin bisa juga menawarkan jasa kurir ke toko atau bisnis rumahan. 

Saat ini, baik bisnis online atau offline banyak yang menawarkan jasa pengiriman barang sehingga pelanggan cukup memesan lewat telepon atau WA. Mereka tentunya membutuhkan orang untuk mengantarkan barang.

Jika beruntung, kamu bisa menawarkan jasamu dan mendapatkan uang tambahan.

Menjual Jasa/Produk Desain Grafis

Penghasilan Tambahan

Punya kemampuan desain logo atau wajah orang? Jasa ini bisa kamu tawarkan ke siapa pun, lho untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mulai dari teman, pengikut di media sosial, hingga rekan kerja. 

Selain menawarkan jasa customized, kamu juga bisa menjual hasil desainmu secara online dengan harga tertentu. Siapa tahu, kamu mendapatkan banyak pelanggan yang tertarik dengan karyamu.

Jual Barang Bekas/Tidak Terpakai Secara Online

Penghasilan Tambahan

Banyak waktu di rumah bisa dimanfaatkan juga untuk membereskan berbagai barang di rumah. Nah, barang yang masih bagus, tapi sudah tidak digunakan bisa kamu jual untuk mendapatkan uang, lho.

Kamu bisa menjualnya di berbagai situs preloved. Meski mungkin tidak semahal saat dibeli, uang hasil penjualan bisa kamu gunakan untuk modal berjualan online sehingga uang terus berputar.

Ide ini bisa dimanfaatkan siapa saja, termasuk menjadi penghasilan tambahan karyawan. Siapa tertarik?

  

==============

Jika masih memiliki tabungan atau dana darurat serta pekerjaan, kamu patut bersyukur. Manfaatkan uang tersebut dengan sebaik mungkin dan jangan lupa untuk menyimpannya sebagian.

Begitu pun uang penghasilan tambahan, jika bisa disimpan, alokasikan untuk ditabung. Uang tersebut bisa berguna jika keadaan tidak kunjung membaik. Yang perlu kamu ingat juga, hadapi situasi ini dengan pikiran dan hati yang tenang sehingga kamu bisa mengambil keputusan lebih baik.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *