Bagaimana Para Seleb Menghabiskan Gaji Pertama Mereka? Intip di Sini!

Bagaimana dengan kamu?
Gaji Pertama

Apa yang kamu beli dengan gaji pertama yang kamu dapatkan? Makanan atau sepatu? Pertama kali terima gaji pasti membuat kamu senang dan bersemangat. Kamu bisa membeli apa pun yang sudah lama diidamkan.

Tidak berbeda jauh dengan kamu, para seleb Hollywood yang terkenal juga menghabiskan gaji pertama mereka untuk membeli barang impian mereka. Barang tersebut belum tentu mahal dan mungkin sederhana, tapi karena dibeli dengan uang hasil kerja sendiri, rasanya pasti berbeda.

Nah, barang-barang apa saja yang dibeli oleh para seleb Hollywood untuk menghabiskan gaji pertama mereka? Lihat di sini.

Donald Glover: Permen

Gaji Pertama

Percaya, nggak aktor Hollywood ini menghabiskan penghasilan pertamanya dari stasiun televisi untuk membeli permen. Donald mengaku dia tidak membelanjakan uangnya dengan baik saat muda.

[Baca: Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Gaji Pertama Turun ]

Lebih lanjut Donald memberi tahu, dia menghabiskan uangnya untuk membeli permen, seperti Gusher, permen rasa buah di Amerika Serikat dan permen lainnya. 

Keputusan ini didasari oleh pengalamannya saat masih anak-anak yang tidak diizinkan membeli permen oleh orang tuanya. Jadi, saat memiliki uang, dia tidak pikir panjang.

America Ferrera: 2000 Mitsubishi Mirage

Gaji Pertama

America Ferrera bercerita kalau dulu dia harus naik bus, berjalan kaki, menggunakan sepeda, atau harus mencari tumpangan saudaranya. Oleh sebab itu, dia menggunakan gaji dari bermain di film Disney Gotta Kick It Up! untuk membeli mobil pertamanya.

[Baca: Tips Keuangan Buat Anak Muda yang Baru Pertama Kerja ]

Johnny Depp: Beli Rumah

Gaji Pertama

Siapa yang tidak tahu Johnny Depp? Aktor film Pirates of Caribbean ini mengaku pengeluaran terbesar pertamanya setelah menjadi terkenal ialah sebuah rumah. Namun, bukan sembarang membeli nih, dia membeli rumah untuk ibu tercintanya. Tepatnya, dia membeli rumah dekat Lexington, Kentucky, Amerika Serikat.

[Baca: Sudahkah Kamu Memiliki Kebebasan Finansial? ]

Ariel Winter: Sepatu dan Sepatu

Gaji Pertama

Aktris yang bermain di sitkom Modern Family ini menghabiskan penghasilan pertamanya untuk sesuatu yang pastinya disukai semua perempuan, yakni sepatu. Ariel sendiri mengaku dia sangat menyukai sepatu dan karena itu dia membeli banyak sepatu untuk merayakan pendapatan pertamanya.

Nicole Kidman: Sebuah Mesin Cuci

Gaji Pertama

Aktris Australia-Amerika ini pasti sudah sering kamu dengar namanya, nih. Nicole Kidman dalam wawancara dengan TIME memberi tahu, dia menghabiskan gaji pertamanya untuk membeli sebuah mesin cuci.

Namun, mesin cuci tersebut bukan untuk dirinya sendiri. Dia membelinya untuk kedua orang tuanya. Kemudian, untuk diri sendiri dia membeli sepatu boots yang dia sebut sebagai “boots terkeren yang pernah aku lihat dalam hidupku”.

Brie Larson: Gitar Elektrik

Gaji Pertama

Pemenang Oscar ini dalam wawancara dengan GQ memberi tahu dia menghabiskan gaji pertamanya untuk membeli gitar elektrik. Pilihan yang menarik, bukan? Kamu punya niat beli gitar elektrik juga?

Serena Williams: Menyimpannya di Bank

Gaji Pertama

Bingung gaji pertama mau dihabiskan untuk apa? Daripada uang habis tidak jelas, kamu bisa mencontoh Serena Williams, nih. Alih-alih membelanjakan uang yang dia dapat dari pertandingan, pemain tenis Amerika Serikat ini justru pergi ke bank dan menyimpannya. Keren, nggak?   

Brad Pitt: Furnitur Rumah

Gaji Pertama

Aktor terkenal yang menginjak usia 55 tahun ini memberi tahu untuk apa gaji pertamanya dihabiskan dalam wawancara dengan Architectural Digest. Dia mengaku membeli sebuah kursi dari pengrajin dan Frank Lloyd Wright, sebuah lampu.

Cindy Crawford: Wallpaper Rumah

Gaji Pertama

Cindy Crawford mungkin seorang supermodel, tapi gaji pertama dia justru dihabiskan untuk mempercantik rumahnya. Cindy mengaku dia masih ingat untuk apa gaji pertamanya dan itu untuk membeli wallpaper. Rumah yang cantik dan nyaman juga sebuah kebutuhan, bukan?

Rami Malek: Mesin Espresso

Gaji Pertama

Aktor yang bermain dalam film Bohemian Rhapsody ini terkenal sebagai pencinta kafein. Karena itu pula, dia menghabiskan gaji pertamanya untuk membeli mesin espresso. Memiliki mesin espresso sendiri juga pastinya lebih hemat dan praktis dibandingkan harus jajan kopi setiap hari, iya nggak?

Tips Bijak Gunakan Gaji Pertama

Gaji Pertama

Mengelola uang bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu baru pertama kali menerima gaji. Nah, agar kamu memulai pengelolaan uang dengan benar, ikuti cara ini sejak gaji pertama kamu.

  1. Bagi Uang dengan Aturan 30-10-10-50 atau 10-20-30-40 

Punya gaji pertama pasti membuat kamu bingung untuk mengalokasikannya. Nah, jangan bingung terlalu lama karena kamu bisa pakai aturan di atas.

Artinya, 30% dari gaji untuk membayar cicilan atau utang, 10% untuk ditabung atau diinvestasikan, 10% untuk membayar premi asuransi, dan 50% dari gaji untuk membiayai keperluan sehari-hari.

Sementara 10-20-30-40 berarti, kamu gunakan untuk 10% untuk zakat atau sedekah, 20% untuk investasi, 30% untuk membayar cicilan utang, dan 40% untuk biaya sehari-hari.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Punya uang dan punya banyak keinginan, mana yang harus didahulukan untuk dibeli? Untuk tahu mana yang penting dan tidak, kamu perlu membuat skala prioritas. 

Buat daftar sederhana barang-barang yang dibutuhkan, kemudian pilih yang barang yang bisa kamu beli bulan itu. Jangan lupa, sesuaikan harga barang dengan kebutuhan lainnya agar keuangan tetap seimbang.

  1. Gunakan untuk Pengeluaran Produktif

Alihkan keinginan kamu menghabiskan uang membeli barang yang tidak perlu untuk pengeluaran yang produktif. 

Pengeluaran produktif adalah pengeluaran yang memberikan timbal balik hasil untuk waktu yang lama, seperti membeli logam mulia, reksa dana, atau produk investasi lain. Jadi, pendapatan pertama kamu bisa terus berkembang dan dinikmati hingga masa depan.

  1. Buat Rencana Masa Depan

Kamu pasti memiliki tujuan yang ingin diwujudkan di masa depan, bukan? Seperti keinginan untuk membeli rumah, menikah, atau naik haji. Semua keinginan ini pasti membutuhkan dana yang besar.

Nah, dengan membuat rencana keuangan sejak dini kamu bisa mengelola uang lebih baik. Dengan adanya tujuan di masa depan dan rencana keuangan ini, penghasilan pertama kamu bisa dialokasikan lebih teratur dan tidak ada yang sia-sia.

  1. Cermat dalam Berbelanja

Agar uang tidak habis percuma, tentukan barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pilih barang dengan harga terbaik. 

Bandingkan harga barang di beberapa tempat lalu pilih yang paling bagus dari sisi kualitas dan juga harga. Kamu juga bisa memanfaatkan promo e-wallet atau penawaran lainnya untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *