3 Cara Menyimpan Emas Batangan, Mudah dan Aman!

Di mana kamu simpan emas?
Cara Menyimpan Emas Batangan

Orang-orang yang berinvestasi emas pasti tahu, cara menyimpan emas batangan perlu menjadi perhatian jika ingin emas yang dibeli tetap aman. Tidak hanya aman, cara menyimpan emas batangan yang baik juga menentukan kondisi emas agar tetap terjaga hingga waktu yang lama.

Untuk kamu yang baru memulai, pastikan kamu sudah menentukan tempat penyimpanan yang aman untuk memudahkan proses nabung emas kamu di masa depan. Jadi, apa yang harus dilakukan? Ini dia.

Cara Simpan Emas Batangan Murah dan Mudah

Cara Menyimpan Emas Batangan

Cara penyimpanan emas batangan yang pertama bisa kamu lakukan dengan mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Caranya, simpan emas di rumah dengan kotak atau lemari besi. Kamu tidak perlu membeli brankas yang mahal atau besar jika ukuran dan jumlah emas belum terlalu banyak.

Saat baru memulai, kamu bisa membeli kotak besi kecil dengan pengaman untuk menyimpan emas milikmu. Kotak besi bisa lebih mudah dipindahkan dan aman untuk dibawa jika kamu hendak menggadaikan atau menjual emas.

Jika tidak merasa perlu membeli kotak besi, kamu bisa simpan di bagian tertentu dalam rumah yang dirasa aman. Selain tempat, cara menyimpan emas batangan lainnya yang perlu kamu perhatikan ialah simpan dengan emas sekreatif mungkin.

Kamu bisa berkreasi dengan tempat penyimpanan, seperti gunakan kotak bekas yang cukup kuat dan aman atau kaleng bekas. Pindahkan juga lokasi penyimpanan secara rutin dengan tujuan mencegah kehilangan.

Tidak perlu terlalu sering karena kamu bisa saja lupa. Minimal, usahakan ada perubahan dalam tempat atau media penyimpanan setiap rentang waktu tertentu. Dengan cara seperti ini, emas batangan bisa kamu simpan lebih mudah dan aman di rumah.

Deposit Box, Cara Aman Lainnya Menyimpan Emas Batangan

Cara Menyimpan Emas Batangan

Cara menyimpan emas batangan berikutnya yang bisa kamu pilih ialah dengan menyewa safe deposit box di bank atau Pegadaian. Menyewa safe deposit box memerlukan biaya, tapi jasa yang ditawarkan tentunya sepadan untuk keamanan emas batangan milikmu.

Pilihan menyimpan emas di bank ini bisa kamu pertimbangkan ketika emas yang dimiliki sudah cukup banyak dan tidak memungkinkan lagi untuk menyimpannya di rumah. 

Karena dikenakan biaya, kamu bisa hanya menyimpan sebagian pada safe deposit box dan sisanya tetap simpan di rumah. Biar tidak terlalu mahal, kamu bisa membandingkan harga di beberapa tempat sebelum memutuskan menyewa safe deposit box. 

Harga yang ditawarkan bisa berbeda tergantung pada besarnya kotak dan kebijakan bank terkait, juga lama waktu sewa. Lama waktu sewa biasanya bervariasi, ada yang 6 bulan atau hingga 12 bulan, kemudian diperpanjang secara otomatis. 

Meski berbiaya, cara ini merupakan salah satu alternatif simpan emas terbaik untuk mengamankan asetmu. Namun, tentukan pilihan tempat penyimpanan ini dengan bijak agar biaya sewa tidak melebihi harga emas.

Simpan Emas ANTAM Milikmu secara Digital

Cara Menyimpan Emas Batangan

Cara menyimpan emas batangan selanjutnya merupakan cara baru yang hemat biaya dan tidak memerlukan tempat di rumah. Apa itu? Kamu beli emas secara online melalui aplikasi nabung emas dan emas tersebut akan otomatis dititipkan dalam bentuk emas digital di aplikasi yang bersangkutan.

Lewat aplikasi nabung emas ini, kamu bisa membeli emas ANTAM atau produk logam mulia dari brand lain mulai dari nominal kecil, misalnya saja Rp200,-. Jadi, emas bisa dikumpulkan secara perlahan dan disaat bersamaan secara tidak langsung emas kamu sudah dititipkan.

Umumnya, penitipan emas di aplikasi atau perusahaan jual beli emas online tidak dikenakan biaya seperti di bank. Emas bisa dititipkan hingga batas waktu yang tidak ditentukan sampai kamu mengambilnya secara fisik atau menjualnya.

Lebih hemat, bukan? Menariknya lagi, kamu bisa membeli dan mengumpulkan emas hingga target tertentu tanpa harus memusingkan tempat penyimpanannya. Dengan begini, investasi emas kamu bisa lebih efektif dan menguntungkan.

Namun, ada baiknya tanyakan perihal penitipan emas ini jika kamu tidak ingin rugi di kemudian hari. Cari tahu cara beli, jual, dan ambil emas hingga biaya yang dikenakan untuk semua transaksi tersebut.

Bandingkan syarat dan ketentuan, harga, juga biaya di beberapa tempat sebelum menjatuhkan pilihan. Setelah itu, tentukan tujuan, hitung target emas, dan beli hingga mencapai batas yang diinginkan.

Perlu diingat, harga emas ANTAM atau merek lainnya berubah-ubah setiap waktu, baik harga beli atau jual emas. Pilihlah dengan penawaran harga terbaik. Setiap tempat akan memiliki perbedaan harga, jadi jangan sampai salah pilih!

 

=============

Cara dan tempat menyimpan emas batangan hanya salah satu faktor yang harus kamu ketahui saat berinvestasi emas batangan. Jangan khawatir, pilihan yang tersedia saat ini sudah cukup banyak dan aman. Jadi, beli emas berapa pun, kamu pasti bisa simpan emas dengan aman untuk waktu yang lama!

Jadi, kapan beli emas?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *