10 Cara Meningkatkan Tabungan yang Perlu Kamu Mulai dari Sekarang!

Sudahkah kamu menabung bulan ini?
Cara Meningkatkan Tabungan

Pusing jumlah tabungan segitu-gitu saja? Sepuluh cara meningkatkan tabungan di bawah ini bisa menjadi jawaban. Karena tabungan memainkan peran penting dalam keuangan, sebaiknya jangan abaikan tips ini.

Jika tabungan mencukupi, hidup menjadi lebih mudah dan apa yang direncanakan lebih mungkin tercapai. Nah, cara ini bisa meningkatkan saldo tabungan kamu! Yuk, mulai!

1. Tentukan Tujuan Tabungan

Cara Meningkatkan Tabungan

Untuk apa kamu menabung? Jawabannya bisa beragam. Bisa karena ingin membeli sesuatu atau sekadar ingin memiliki cadangan uang. Namun, apa pun tujuannya, memiliki tujuan ketika menabung lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Menabung tanpa tujuan akan membuatmu mengumpulkan uang seadanya atau bahkan seingatnya saja. Nah, dengan adanya tujuan, kamu bisa memotivasi diri sendiri untuk memulai kebiasaan menabung dan disiplin melakukannya. 

2. Pisahkan Uang Sejak Menerima Uang

Cara Meningkatkan Tabungan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tabungan ialah mengubah pola menabung yang dimiliki. Selama ini banyak orang beranggapan menabung hanya dari uang sisa belanja. Berapa pun yang tersisa, kemudian disimpan. Cara ini tidak akan membuat saldo tabunganmu bertambah secara signifikan.

Agar lebih efektif, kamu harus menentukan jumlah uang yang akan ditabung setiap bulan. Lalu, pisahkan uang tersebut sejak menerima gaji. Simpan di rekening yang berbeda agar kamu tidak tergoda menggunakannya. Lakukan rutin setiap bulan dan lihat perubahannya!

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Cara Meningkatkan Tabungan

Cara lain untuk meningkatkan tabungan ialah memahami dengan baik kebutuhan yang dimiliki. Bedakan dengan baik, mana pengeluaran yang memang diperlukan dan hanya sekadar diinginkan.

Jika bisa mengendalikan diri dalam menggunakan uang, kamu akan bisa menyimpan uang lebih banyak. Tidak hanya itu, hidup juga bisa lebih nyaman karena kamu tidak terus menerus menumpuk barang yang tidak perlu.

4. Ketahui Semua Pengeluaran Harian & Bulanan

Cara Meningkatkan Tabungan

Untuk bisa menghemat pengeluaran, kamu harus tahu pengeluaran apa saja yang dilakukan setiap harinya dalam satu bulan. Dengan begitu, kamu tahu mana pengeluaran yang penting dan tidak.

Bagaimana caranya mengetahui semua pengeluaran? Kamu bisa memulainya dari pengeluaran penting setiap bulan, seperti biaya transportasi, makan, atau biaya hidup bulanan. Setelah itu, data pengeluaran harian, seperti biaya jajan dalam sehari atau belanja barang yang biasa dilakukan.

Jika kamu sudah tahu pengeluaran yang penting dan tidak, strategi meningkatkan tabungan yang bisa dilakukan ialah mengeliminasi pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Alokasikan uang tunai sebagai uang jaga-jaga dan tahan diri untuk berbelanja yang tidak sesuai dengan kebutuhan. 

5. Tetapkan Angka Tabungan yang Spesifik

Cara Meningkatkan Tabungan

Meski bisa menabung uang sebanyak mungkin, untuk meningkatkan tabungan secara signifikan kamu perlu menetapkan angka yang spesifik. Angka ini merupakan target menabung yang ingin diraih dalam kurun waktu tertentu.

Dengan adanya target tabungan, misal menabung hingga Rp100 juta dalam satu tahun, keinginan kamu ingin menabung uang sebanyak mungkin pelan-pelan bisa terwujud. Untuk meraihnya, perhitungkan jumlah uang yang bisa kamu tabung setiap bulan lalu sesuaikan dengan target nilai tabungan kamu.

6. Manfaatkan Layanan Autodebet

Cara Meningkatkan Tabungan

Susah memiliki kebiasaan menabung? Cara meningkatkan tabungan yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan layanan autodebet yang tersedia di bank. Autodebet adalah transaksi debit otomatis yang membuat saldo kamu berkurang sesuai dengan penentuan sebelumnya. Dengan menggunakan layanan ini, tidak perlu takut tidak bisa menabung.

Selain autodebet, kamu juga bisa membuka rekening baru khusus untuk menabung. Usahakan setiap bulan setelah menerima gaji, kamu langsung mentransfer uang tabungan ke rekening tersebut. Dengan begitu, uang tabungan bisa aman.

7. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Cara Meningkatkan Tabungan

Menggunakan kartu kredit sebenarnya bisa menguntungkan. Kartu kredit sendiri membuat kamu bisa terus belanja meski uang bulanan sudah habis. Harapannya, uang akan diganti oleh gaji di bulan berikutnya. Jika sudah begitu, berapa banyak uang yang bisa ditabung?

Oleh sebab itu, jika menggunakan kartu kredit hanya akan membuat kamu memiliki tagihan setiap bulan, lebih baik berhenti menggunakannya. Jika terus menerus memiliki tagihan meski tidak melebihi batas, kamu akan kesulitan untuk menabung.

8. Simpan Uang Secukupnya di e-wallet

Cara Meningkatkan Tabungan

Selain kartu kredit, menggunakan e-wallet juga bisa membuat kamu menjadi lebih boros. Pembayaran dengan e-wallet membuat proses transaksi menjadi lebih mudah hingga kamu tidak terasa sudah menghabiskan banyak uang.

Jika merasakan gejala seperti ini, cobalah mengurangi alokasi uang di dompet elektronik kamu. Alokasikan uang secukupnya sesuai dengan keperluan. Jadi, kamu tidak memiliki dana lebih untuk berbelanja setelahnya.

9. Kenali & Hentikan Kebiasaan Buruk

Cara Meningkatkan Tabungan

Cara meningkatkan tabungan berikutnya ialah mengenali kebiasaan buruk yang dimiliki. Seberapa banyak pun uang yang disimpan, jika memiliki kebiasaan menggunakan uang yang buruk, uang akan tetap habis.

Jadi, ada baiknya akui terlebih dahulu kebiasaan buruk apa yang dimiliki dalam hal menabung dan menggunakan uang. Misal, jika sulit mengendalikan diri melihat tas bermerek, usahakan menutup akses yang membuat kamu bisa melihat info mengenai iklan tas tersebut.

10. Lakukan Evaluasi

Cara Meningkatkan Tabungan

Langkah penting lainnya, jangan lupa untuk mengevaluasi cara kamu mengelola, menggunakan, dan menabung uang. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, kamu akan semakin mengenali kebutuhan dan karakter finansial yang dimiliki.

Selain itu, kamu menjadi lebih tahu apa kekurangan serta jalan keluar terbaik untuk masalah keuangan yang dihadapi.

 

=======

Lakukan cara di atas dan buktikan menabung itu bisa dilakukan!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *