Bagaimana Caranya Agar Kerja dari Rumah Tetap Menyenangkan?

Selamat bekerja!
Kerja dari Rumah

Jika sebelumnya kerja dari rumah masih wacana, wabah virus corona yang melanda seluruh dunia, memaksa semua orang untuk tetap tinggal di rumah. Semua urusan dikerjakan dari rumah, termasuk bekerja.

Apakah kamu salah satu yang kerja dari rumah, online dan hanya di depan komputer selama delapan jam? Meski di awal bersemangat karena tidak perlu ke mana-mana, terlalu lama tidak ke mana-mana justru menimbulkan masalah. 

Jadi, apa yang harus dilakukan agar kerja dari rumah tetap menyenangkan dan melawan kebosanan yang mulai menggerogoti?

Lakukan Rutinitas yang Sama

Kerja dari Rumah

Kerja dari rumah bisa saja membuat fokus untuk bekerja menjadi terganggu. Jadi untuk mengatasinya, lakukan rutinitas yang sama seperti kamu masih bekerja di kantoran.

Tidur dan bangun di jam yang sama, berpakaian yang rapi, dan memulai kerja di waktu yang sudah dijadwalkan. Meskipun terlihat sepele, menjalani rutinitas yang sama akan membantu kamu untuk membangun konsentrasi saat bekerja.

Dengan menjalani rutinitas yang sama juga kamu tidak akan merasakan perubahan berarti yang memengaruhi harimu. Pada akhirnya, kamu akan merasa tidak ada yang berubah kecuali lokasi kamu bekerja.

Siapkan Area Kerja Khusus

Kerja dari Rumah

Untuk membantu fokus dalam bekerja, siapkan area khusus di rumah. Jika kamu sudah memiliki ruang kerja sendiri yang terpisah dari tempat tidur, kamu tinggal membuatnya lebih nyaman.

Jika tidak ada ruang sendiri, tidak masalah. Maksimalkan area meja kerjamu sehingga kamu bisa bekerja dengan tenang. Bila keduanya tidak ada, carilah sudut di rumah yang cukup jauh dari keramaian lalu buatlah sekat sederhana, seperti dari buku atau tambahkan kain tirai.

Jadikan area tersebut tempat khusus untuk kamu bekerja selama di rumah dan siapkan yang semua diperlukan di sana.

Beristirahatlah Saat Work From Home

Kerja dari Rumah

Tips kerja dari rumah berikutnya, miliki waktu jeda saat bekerja. Saat bekerja kantoran pun, kamu tidak bekerja secara terus menerus selama delapan jam. Pasti ada waktu untuk mengobrol, minum kopi, atau sekadar jajan di luar.

Begitu pun ketika kerja dari rumah. Meski kerja dari rumah online, kamu tidak perlu melihat komputermu tanpa berhenti. Luangkan waktu untuk beristirahat, seperti untuk makan dan solat.

Usahakan untuk benar-benar meninggalkan komputermu ketika sedang makan dan bukannya makan sambil melihat pesan atau pekerjaanmu. Dengan jeda sebentar ini, kamu bisa menjernihkan pikiran dan membuat diri tidak terlalu stress.

Dekorasi Ruang atau Meja Kerja

Kerja dari Rumah

Cara lain untuk menambah semangat saat kerja dari rumah ialah mendekor meja kerja atau ruang tempat kamu bekerja. Jadikan tempat tersebut senyaman mungkin hingga kamu merasa senang untuk memulai harimu.

Untuk meja, kamu bisa melakukan hal sederhana, seperti menambahkan pajangan atau hiasan. Kamu bisa menaruh foto orang tersayang, tempat favorit, atau quote yang menginspirasi.

Sementara untuk ruangan, kamu bisa mengubah tata letak benda-benda di dalamnya. Hias dinding dengan menambahkan foto atau lukisan. Jika sempat, mengubah warna cat ruangan bisa menjadi pekerjaan tambahan di hari libur.

Tampilan yang berbeda bisa memberi suasana yang berbeda pula sehingga kerja dari rumah bisa lebih menyenangkan.

Jaga Komunikasi dengan Orang Tersayang

Kerja dari Rumah

Cara lain untuk mengatasi kebosanan dan stres karena terus menerus di rumah ialah tetap berkomunikasi dengan teman dan orang tersayang. Karena sekarang tidak memungkinkan untuk bertemu, kamu bisa menggunakan teknologi yang ada untuk melepas rindu.

Komunikasi yang terjaga selain bisa menghilangkan rindu dengan satu sama lain, juga bisa menghindarkan kamu dari stres. Dengan mengobrol dan tertawa bersama, kamu bisa melupakan kondisi dan masalah yang ada saat ini untuk sesaat.

Setelah itu, kamu bisa memiliki perasaan yang lebih positif dan tentunya lebih bersemangat menjalani hari-hari hingga keadaan kembali normal.

Siapkan Camilan!

Kerja dari Rumah

Cara lain untuk tetap nyaman selama kerja dari rumah ialah menyiapkan asupan makanan yang cukup. Bukan hanya makanan besar yang bergizi, tapi juga camilan sehat untuk kamu bekerja.

Bagi sebagian orang juga menyiapkan atau menyantap makanan enak dan favorit bisa membuat mereka merasa lebih bahagia. Rasa senang tersebut bisa membuat mood untuk bekerja juga menjadi lebih baik sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

Lagi pula, selama proses bekerja, kamu mungkin akan haus atau lapar. Jadi, siapkan camilan di dekat meja kerjamu dan di area yang mudah dijangkau sehingga tidak mengganggu proses kerja kamu. 

 

==============

Meski mulai terasa membosankan dan membuat kamu kehabisan ide, jangan nekat pergi keluar rumah untuk hal yang tidak penting. Bagaimanapun kamu tetap harus tinggal di rumah untuk memperkecil kemungkinan penularan virus.

Jadi, walaupun sulit, lakukan yang kamu bisa agar tetap #dirumahaja.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *