Mau Terbebas dari Utang? Ini Cara Cepat Melunasi Utang!

Kelola utang dengan lebih baik!
Cara Cepat Melunasi Utang

Apakah ada cara cepat melunasi utang? Meski bukan berarti kamu bisa melunasi dalam semalam, cara ini merupakan cara melunasi utang yang terencana. Dengan begitu, utang bisa lunas dalam tenggat waktu tertentu dan tidak berlarut-larut.

Punya utang pastinya tidak menyenangkan. Hidup bisa tidak tenang dan keuangan pun bisa terbebani. Semakin lama memiliki utang, bunga bisa bertambah besar, rencana masa depan tertunda, dan aktivitas sehari-hari pun bisa saja terganggu.

Oleh sebab itu, kamu harus serius mencari solusi melunasi utang dan menerapkannya dengan disiplin. Untuk memulai langkah awal dalam pelunasan utangmu, ikuti cara cepat melunasi utang di bawah ini. 

Catat Semua Utang

Cara Cepat Melunasi Utang

Cara cepat melunasi utang bisa kamu mulai dengan mendata semua utang yang kamu miliki. Kenali pemasukanmu dengan baik, sekaligus pengeluaran dan utang yang kamu lakukan. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk mengingat dan mencatat utang yang harus dibayar.

Bersamaan dengan mencatat utang, kamu bisa juga membenahi anggaran dan pengeluaran bulanan. Selain menambah pemasukan, kamu perlu mengatur keuangan bulananmu dengan baik agar bisa memiliki dana lebih untuk membayar utang.

Jadi, rencanakan pengeluaranmu setiap bulannya sekaligus alokasi uang untuk membayar utang. Sesuaikan pengeluaran yang dimiliki agar kamu bisa menganggarkan uang untuk mencicil atau langsung melunasi utang.

Tentukan Prioritas Utang yang Akan Dibayar

Cara Cepat Melunasi Utang

Ingin cepat melunasi utang? Tentukan prioritas utang yang harus dilunasi jika kamu memiliki lebih dari satu utang. Untuk bisa tahu mana yang harus diprioritaskan, kamu perlu melakukan pendataan.

Pendataan sederhana yang dilakukan tidak hanya mencakup utang yang dimiliki dan jumlah yang harus dibayar. Catat juga bunga yang dibebankan (jika ada), tanggal jatuh tempo, dan jenis utang (utang baik atau utang buruk).

Utang baik merupakan utang yang bisa meningkatkan penghasilan atau memberi manfaat lain untuk kehidupanmu. Sementara utang buruk merupakan pinjaman yang tidak bisa meningkatkan kekayaan ataupun taraf hidup dalam waktu yang lama.

Dari definisi di atas, kamu bisa mengelompokkan utang yang dipunya dan menentukan prioritas. Sebaiknya, utamakan untuk membayar utang buruk terlebih dahulu dan mulai dengan utang yang memiliki bunga paling tinggi. 

Hilangkan Hambatan untuk Membayar Utang

Cara Cepat Melunasi Utang

Seperti yang disebutkan, mengatasi utang yang menumpuk tidak hanya harus menambah uang, tapi juga mengubah kebiasaan pengeluaran. Jika pengeluaran bisa dikelola dengan baik, kamu bisa berhemat. Uang hasil penghematan kemudian bisa dialokasikan untuk bayar utang. Nah, penghematan apa saja yang bisa kamu lakukan? Ini di antaranya.

Tekan Pengeluaran

Kamu perlu melakukan evaluasi terhadap semua pengeluaran harian dan bulanan. Hentikan jajan secara berlebihan dan belanja yang tidak perlu. Kamu juga bisa menghemat uang dari menghentikan pengeluaran-pengeluaran kecil, seperti biaya makan di luar atau biaya layanan langganan.

Gunakan Layanan Autodebet

Terdesak utang membuat kamu harus keras dengan diri sendiri. Salah satu cara cepat melunasi utang yang bisa kamu lakukan ialah pisahkan uang untuk membayar pinjaman langsung setelah menerima gaji. Gunakan layanan autodebet jika dirasa perlu.

Rencanakan Pengeluaran

Pengeluaran dalam satu bulan kadang banyak yang tidak terencana. Namun, agar tetap bisa mencicil utang setiap bulan, kamu perlu merencanakan uang keluar. Lihat kalender dan catat pengeluaran apa saja yang diperlukan selain kebutuhan pokok, seperti uang untuk membeli hadiah atau menghadiri pernikahan.

Gunakan Dana Darurat

Cara Cepat Melunasi Utang

Punya dana darurat? Jika situasi utang yang kamu alami termasuk dalam keadaan mendesak, dana darurat bisa digunakan. Namun, jika utang melebihi dari total dana darurat kamu miliki, jangan gunakan semua untuk membayar utang.

Dana darurat idealnya dimiliki setiap orang tergantung pada besarnya pengeluaran yang dilakukan setiap bulan. Namun, yang pasti, siapkan tiga hingga enam kali pengeluaran untuk dana darurat bagi kamu yang belum menikah.

Kemudian, enam hingga sembilan kali pengeluaran untuk yang sudah menikah dan belum memiliki anak. Lalu, sembilan hingga dua belas kali pengeluaran untuk yang sudah memiliki anak. Total uangnya bisa berbeda-beda dan jika bisa menyimpan lebih banyak, lebih baik.

Salah satu keuntungan memiliki dana darurat lebih tentunya bisa kamu gunakan untuk membayar utang jika situasi mendesak. Membayar utang lebih cepat tentu lebih menguntungkan, bunga yang harus dibayarkan bisa lebih sedikit dan keuanganmu pun tidak terbebani untuk waktu yang lama.

Tagih Piutang 

Cara Cepat Melunasi Utang

Selain utang, barangkali kamu pernah meminjamkan uang kepada orang lain? Nah, ini saatnya untuk mendata piutang yang kamu punya. Data jumlah uang milikmu pada orang lain dan kapan sekiranya uang tersebut dikembalikan.

Tanyakan baik-baik pada teman atau keluarga mengenai pembayaran piutang dan apakah bisa dipercepat. Jika bisa dibayarkan dalam bulan tersebut, piutang itu bisa menambah dana untuk membayar utang.

Lebih baik lagi, jika semua piutang sudah bisa menutup total utang yang kamu miliki. Jadi, dana darurat tidak perlu terpakai dan utang bisa langsung dilunasi. Keuangan kamu pun tidak akan menghadapi masalah berarti.

Tambah Pemasukan

Cara Cepat Melunasi Utang

Cara cepat melunasi utang lainnya ialah menambah penghasilan. Bisa dengan, pekerjaan sampingan atau dari usaha yang kamu lakukan. Penghasilan yang bertambah tentu akan membuat kamu lebih mudah mengalokasikan uang setiap bulan.

Dana untuk membayar pinjaman pun bisa disediakan tanpa mengganggu pengeluaran bulanan. Selain itu, ada lebih banyak uang yang bisa kamu anggarkan untuk membayar utang.

========

Cara cepat melunasi utang, selain memiliki cukup uang juga perlu perencanaan dan keseriusan. 

Selama kamu bersungguh-sungguh dan mau menahan diri dari godaan belanja yang tidak perlu, utang bisa lunas dalam waktu yang singkat. Lebih baik bersusah sekarang untuk masa depan yang lebih cerah.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *