Nabung Emas Batangan, Berapa Banyak yang Harus Kamu Miliki?

Ini jawabannya!
Emas Batangan

Pernah berpikir, kira-kira berapa banyak emas batangan yang harus kamu beli? Nabung emas batangan memang disarankan untuk menjaga nilai uang kamu. Karena jika nilai uang terus menurun, emas batangan tidak.

 Namun, apa kamu perlu mengalihkan semua simpanan uang milikmu ke emas batangan? Perlukah kamu memiliki emas berkilo-kilogram? Berapa banyak rasio emas dalam portofolio investasi kamu? 

Cari jawabannya di sini.

Kumpulkan Emas Batangan Sebanyak Ini

Emas Batangan

Beli emas ANTAM atau emas batangan produksi perusahaan lain akan lebih baik jika kamu memiliki tujuan. Memiliki tujuan membantu kamu mengetahui berapa banyak emas yang harus dimiliki.

Misal, jika menabung emas untuk biaya nikah, kamu bisa memperhitungkan berapa uang yang dibutuhkan. Kemudian, perhitungkan total emas yang harus dibeli dari total biaya nikah.

Dengan begitu, kamu tahu berapa banyak emas yang harus dikumpulkan dalam rentang waktu tertentu. Kamu juga akan tahu kapan akan menjual emas tersebut, misal dalam tiga atau lima tahun ke depan. 

Jika grafik harga emas ANTAM naik cukup signifikan, kamu bisa mendapat selisih harga beli dan jual yang cukup besar. Namun, jika menabung emas batangan untuk simpanan dan kamu tidak punya rencana pasti untuk menjualnya, kumpulkan mengikuti aturan ini. 

Dikutip dari modalrakyat.id, CEO dan Kepala Strategi Investasi OmniScience Dapital, Vikas Gupta, mengatakan, orang dengan pemasukan yang stabil tidak boleh memasukkan lebih dari 2-5% dari portofolio ke dalam logam mulia. Itu artinya, kamu hanya perlu memiliki emas batangan sekitar 2-5% dari keseluruhan investasi yang dilakukan.

Untuk menabung emas batangan, kamu juga bisa mempertimbangkan menabung secara digital. Selain lebih hemat waktu dan tenaga, kamu bisa mungkin lebih hemat biaya. Salah satunya, kamu tidak perlu memikirkan masalah tempat penyimpanan emas. 

Keuntungan Nabung Emas Batangan

Emas Batangan

Nabung emas batangan tentunya memiliki banyak keuntungan hingga masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengamankan uang mereka. Apa saja keuntungan emas batangan?

Emas Bisa Melindungi Harta Kamu

Salah satu alasan kenapa orang-orang tidak pernah meninggalkan emas batangan ialah karena emas penjaga aset terbaik. Emas, seperti yang banyak diketahui, tahan terhadap inflasi. Harganya terjaga dan bahkan cenderung naik saat dalam keadaan krisis.

Berbeda dengan uang tunai yang nilainya terus menurun seiring berjalan waktu. Selain itu, berbeda dengan produk investasi yang kepemilikanmu diwakilkan oleh sebuah kertas, menabung emas batangan memungkinkan kamu untuk langsung memilikinya secara fisik.

Emas sendiri memiliki nilai intrinsik yang membuatnya tetap berharga hingga kapan pun. Berapa pun harga emas hari ini, naik atau turun, ketika kamu membutuhkan uang tunai, emas bisa langsung kamu jual. Hal ini karena emas sudah merupakan barang berharga.

Proses Beli dan Jual yang Mudah

Keuntungan lain menabung emas batangan kamu tidak perlu pengetahuan khusus. Yang perlu kamu lakukan hanya memantau harga emas kemudian beli dan jual emas di waktu yang tepat.

Untuk jual dan beli emas pun bisa dilakukan di banyak toko atau gerai ANTAM yang tersebar di banyak daerah. Jika ingin mendapat selisih yang lebih besar, kamu bisa bandingkan harga jual dan beli di beberapa tempat.

Lebih mudah lagi, saat ini, beli emas sudah bisa dilakukan secara online melalui ponsel atau situs di internet. Kamu juga bisa membeli emas secara perlahan di aplikasi jual beli emas digital, seperti aplikasi e-mas.

Dengan pembelian dan penjualan melalui aplikasi, menabung emas batangan bisa lebih mudah dan terjangkau untuk banyak orang. Kamu juga bisa bertransaksi lebih menguntungkan dengan adanya promo, diskon, serta penawaran menarik lainnya.

Selain itu, layanan yang ditawarkan seperti titip emas yang bebas biaya bisa meringankan proses menabung emas kamu. Kamu pun tidak perlu lagi mengkhawatirkan tempat untuk menyimpan emas. 

Nabung Emas Batangan Memiliki Risiko Kecil

Ketika berbicara investasi, selain keuntungan, kamu juga perlu memikirkan kerugian yang mungkin diterima. Tidak berbeda jauh, menabung emas batangan juga memiliki risiko. 

Namun, tidak seperti produk investasi yang lain, emas batangan memiliki risiko yang kecil. Selama kamu bisa menyimpan emas dengan baik dan aman, emas batangan kamu bisa aman dari risiko kehilangan. 

Selain itu, pastikan kamu membeli dan menjual di tempat terpercaya. Dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari risiko mendapatkan emas palsu. Risiko lain, yakni harga emas yang cenderung fluktuatif bisa kamu akali dengan memantau harga emas secara rutin serta jual dan beli emas di saat yang tepat.

 

===============

Salah satu yang juga memengaruhi dalam proses menabung emas ialah harga emas ketika kamu membeli dan menjualnya. Agar kamu mendapat harga terbaik dan meringankan biaya menabung, pastikan kamu membeli emas saat harga emas sedang turun. Sebaliknya untuk menjual emas, pilih saat harga sedang tinggi.

Selamat nabung emas batangan!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *