Apa Itu Dana Darurat & Seberapa Penting Menyiapkannya?

Sudah menyiapkan dana darurat?
Dana Darurat

Pernah dengar istilah dana darurat?

Dalam keuangan, semua keinginan dan kebutuhan lebih mudah diwujudkan jika kita memiliki dana atau uang yang sudah dianggarkan. 

Sayangnya, selain kejadian dan kebutuhan yang sudah direncanakan, banyak juga kejadian lain yang terjadi begitu saja. 

Kejadian-kejadian tak terduga ini juga membutuhkan biaya yang bisa saja tidak sedikit. Nah, uang untuk membiayai semua kejadian tidak terduga tersebut bisa datang dari dana darurat.

Kenapa tidak menggunakan dana pengeluaran lain? Jawabannya tentu saja karena bisa mengganggu keseimbangan keuangan kamu. 

Lagi pula, belum tentu nilai pengeluaran tersebut mencukupi untuk membiayai kejadian tidak terduga yang dialami. Karena itu, kamu perlu menyiapkan dana darurat. 

Masih bingung mengenai dana darurat? Simak pembahasannya di sini.

Apa Itu Dana Darurat?

Dana Darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat adalah sejumlah dana yang disiapkan untuk berbagai kejadian tidak terduga. Dana ini berbeda dengan uang sehari-hari yang kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan. 

[Baca: Ternyata Ini Investasi yang Disukai Milenial! ]

Dana darurat sifatnya simpanan yang hanya kamu gunakan jika ada kejadian genting di luar rencana. Kejadian tersebut bisa saja seperti sakit keras yang tiba-tiba dialami, kecelakaan, terkena musibah, atau bencana alam. 

Sebuah situasi bisa dibilang darurat barangkali juga berbeda bagi setiap orang. Situasi darurat bagi yang telah menikah, berkeluarga, atau yang masih sendiri juga mungkin tidak sama. 

Orang-orang yang sudah menikah dan berkeluarga memiliki lebih banyak kemungkinan situasi yang bisa dianggap darurat. 

Baik sendiri, maupun berkeluarga dan apa pun situasinya, intinya keadaan tersebut membuat kamu merasa terdesak dan perlu menggunakan uang secepat mungkin.

Bisa dalam jumlah besar atau sedikit yang sebaiknya tidak diambil dari pengeluaran sehari-hari. 

Bagaimana Cara Mengumpulkan Dana Darurat?

Dana Darurat

Seperti yang disebutkan, dana darurat tidak termasuk dalam anggaran pengeluaran biaya sehari-hari. Namun, yang jelas harus kamu anggarkan setiap bulan. 

[Baca: Bingung Cara Membagi Uang Gaji? Ikuti Aturan Ini! ]

Setiap bulan kamu perlu menyisihkan sejumlah uang hingga terkumpul dana darurat yang ideal. Dana darurat yang ideal untuk kamu yang belum menikah ialah sekitar tiga atau enam kali pengeluaran bulanan. 

Sementara untuk kamu yang sudah menikah dan belum memiliki anak sebaiknya menyiapkan dana darurat sekitar enam kali pengeluaran bulanan.

Untuk kamu yang menikah dan sudah mempunyai anak perlu menyiapkan setidaknya dua belas kali pengeluaran bulanan.

Untuk bisa memiliki dana tiga hingga dua belas kali pengeluaran sekaligus, pastinya tidak mudah. Oleh sebab itu, kamu perlu menabung dana darurat setiap bulannya. 

Pisahkan 5% hingga 10% dari pengeluaran untuk mengumpulkan dana darurat senilai tiga hingga dua belas kali pengeluaran. 

Besarnya uang yang kamu pisahkan bisa disesuaikan dengan penghasilan dan pengeluaran bulananmu. Semakin besar tentunya semakin baik karena dana darurat bisa terkumpul lebih cepat. 

Yang terpenting, usahakan tabungan dana darurat tersebut tidak mengganggu keseimbangan keuanganmu. Nah, tips berikut ini bisa membantu kamu untuk menyiapkan dana darurat lebih baik.

1. Data pengeluaran bulanan.

    Sebelum menentukan nilai pengeluaran bulanan, ada baiknya kamu mendata terlebih dahulu pengeluaran yang dibutuhkan setiap harinya. Dengan adanya nilai perkiraan ini, kamu bisa menghitung dana darurat lebih akurat.

2. Tentukan nilai dana darurat.

    Setelah mengetahui jumlah pengeluaran, kamu bisa menentukan banyaknya dana yang harus disiapkan. Jumlah dana juga disesuaikan dengan keadaan kamu yang sudah menikah atau belum. 

Setelah itu, tentukan juga banyaknya nilai uang yang harus disisihkan setiap bulan. Misal, 10% hingga 15% dari penghasilan selama satu tahun.

3. Buat rekening baru.

    Agar tidak bercampur dengan uang lain, buat lah rekening khusus untuk menyiapkan dana darurat. Selain bisa membuat dana darurat aman, cara ini juga bisa membuat anggaran untuk pengeluaran lain tidak terganggu. 

4. Hilangkan pengeluaran tidak penting.

    Untuk membantu mengumpulkan dana lebih cepat, eliminasi sejumlah  pengeluaran yang tidak perlu, seperti belanja baju, jajan yang tidak perlu, atau kurangi biaya main dengan teman-temanmu.

Uang hasil penghematan ini bisa kamu tabung untuk mengumpulkan dana darurat.

5. Variasikan tempat penyimpanan.

    Setelah dana darurat terkumpul atau masih dalam tahap mengumpulkan, kamu bisa menyimpannya dalam berbagai bentuk, nih. 

Misal, sebagian disimpan sebagai tabungan, sementara yang lain diinvestasikan. Berhubung mengumpulkan dana darurat membutuhkan waktu cukup lama, menginvestasikan uang bisa membantu kamu mengumpulkannya lebih cepat.

Produk Keuangan untuk Dana Darurat

Dana Darurat
Beli emas kini bisa di aplikasi e-mas.

Seperti yang disebutkan, investasi bisa membantu kamu mengembangkan uang dan mengumpulkan dana darurat lebih cepat. 

[Baca: Investasi Emas Batangan Fisik vs Digital: Mana yang Lebih Baik? ]

Untuk investasi sendiri, cobalah pilih produk investasi yang mudah dicairkan atau diuangkan dan cenderung aman, seperti deposito, emas batangan, atau reksa dana.

Untuk emas batangan, menjual dalam gram yang besar bisa menjadi kendala sendiri. Namun, kamu yang ingin menghindarinya, bisa membeli emas secara online yang bisa dijual kapan saja berapa pun nilai emas kamu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapat uang lebih cepat.

Manfaat Dana Darurat

Dana Darurat

Dari pembahasan di atas, kamu bisa menyimpulkan menyiapkan dana darurat merupakan hal penting yang harus kamu siapkan dari sekarang. 

Selain menjadi penyokong dana untuk berbagai situasi tidak terduga, dana tersebut juga memiliki manfaat lain, seperti ini.

  1. Menjaga keseimbangan pengeluaran dan keuangan secara keseluruhan.
  2. Membuat diri lebih tenang dengan adanya jaminan dana sudah siap jika ada kejadian yang tidak diinginkan.
  3. Membuat kamu terhindar dari utang.

 

=========

Dengan penjelasan di atas, menyiapkan dana darurat harus menjadi salah satu daftar yang harus kamu lakukan, nih. 

Kamu bisa mulai dari penghasilan bulan depan dan lakukan dengan rutin. Semoga dana darurat kamu bisa segera terkumpul!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *