Tabungan Emas Ternyata Berguna Saat Pandemi, Ini Alasannya!

Untung ada tabungan emas!
Tabungan Emas

Punya tabungan emas? Selamat! Kamu bisa sedikit bernapas di masa pandemi ini. Masa pandemi seperti sekarang tidak heran orang-orang mulai merasa khawatir karena segala sesuatunya menjadi tidak jelas, termasuk masalah pekerjaan, perekonomian, dan penghasilan bulanan. 

Orang-orang mungkin sudah mulai menghitung-hitung dana darurat serta tabungan yang tersisa. Begitu pun aset yang dimiliki. Setidaknya, jika memiliki tabungan emas, kamu bisa bertahan sedikit lebih lama. 

Hal ini juga yang menjadikan emas batangan, seperti emas ANTAM sangat berguna di situasi krisis atau keadaan tidak menentu saat ini. Kenapa bisa begitu? Ini alasannya! 

Tabungan Emas Batangan Merupakan Aset Lancar

Tabungan Emas

Kamu pasti sudah sering mendengar kata aset. Definisi aset adalah harta kekayaan baik berwujud, maupun yang tidak berwujud yang memiliki manfaat untuk individu atau perusahaan.

Aset yang dimiliki ada yang dikategorikan sebagai aset lancar. Seperti namanya, aset lancar merupakan aset yang mudah dicairkan atau diuangkan. Umumnya, saat ini bisa digunakan atau diuangkan dalam jangka waktu dekat atau tidak lebih dari 1 tahun. 

Dari pengertian di atas, kamu sudah bisa mulai membedakan aset yang kamu miliki, bukan? Mana yang termasuk aset lancar dan bisa kamu manfaatkan dalam situasi pandemi seperti saat ini.

Nah, tabungan emas, seperti tabungan emas ANTAM merupakan salah satu contoh aset lancar yang bisa kamu miliki. Jika sebelumnya sudah mulai menabung emas, baik nabung emas online atau fisik, kamu bisa menggunakannya jika ada keadaan darurat atau ketika kamu membutuhkan uang tunai.

Dimanfaatkannya emas batangan bukan tanpa alasan. Emas batangan memiliki keunggulan dan karakteristik yang sesuai dalam berbagai keadaan, termasuk keadaan pandemi seperti sekarang.

Mudah Diuangkan

Salah satu alasan banyak orang memilih tabungan emas ialah karena sifatnya yang liquid atau mudah diuangkan. Ketika membutuhkan uang tunai, kamu bisa langsung menjual tabungan emas milikmu.

Prosesnya cepat dan tidak memerlukan banyak dokumen atau tahapan. Dalam situasi yang serba mendesak saat ini, memiliki aset yang bisa langsung diuangkan merupakan salah satu prioritas.

Tidak Membutuhkan Proses yang Rumit

Emas batangan tidak seperti produk investasi lain yang membutuhkan beberapa hari atau bahkan minggu untuk bisa dicairkan. Karena ketika membeli, kamu bisa langsung mendapatkan emas, kamu juga bisa langsung menjualnya. 

Semua pengendalian ada pada kamu yang menabung. Keputusan untuk menyimpan, menabung, atau menjual bisa kamu ambil sendiri dan langsung laksanakan saat itu juga.

Memiliki Risiko Rendah

Tabungan emas juga terkenal dan banyak digemari karena risikonya yang cenderung rendah. Menabung emas bukan tidak memiliki risiko, tapi kamu bisa meminimalkan risiko tersebut. 

Seperti harga yang fluktuatif, kamu bisa simpan emas hingga waktu yang menurutmu tepat. Begitu pun dengan risiko kehilangan atau emas palsu, bisa diminimalkan dengan menyiapkan tempat simpan yang aman dan hanya membeli di tempat yang dianjurkan.

Mudah Didapatkan

Emas bisa dengan mudah kamu beli dan jual di berbagai toko emas atau perhiasan. Untuk emas batangan, disarankan membeli di gerai atau butik ANTAM serta toko yang memang terpercaya.

Yang pasti, tempat membeli dan menjual emas bisa mudah kamu temukan di berbagai kota besar di Indonesia. Untuk melakukan pembelian dan penjualan pun tidak rumit, cukup datang ke tempat tersebut.

Lebih mudah lagi, kini emas batangan sudah bisa didapatkan secara online. Jadi, kamu yang malas bepergian bisa menabung emas secara online atau cukup membelinya di toko online yang terpercaya.

Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Kemudahan lain ketika menabung emas ialah ukurannya yang bervariasi. Emas ANTAM memiliki ukuran terkecil mulai dari 0,5 gram hingga 1 kg. Ukuran yang beragam tidak hanya memudahkan kamu membeli, tapi juga menjual.

Jika membutuhkan uang yang setara dengan 2 gram emas, kamu bisa cukup menjual emas dengan berat 2 gram. Dengan begitu, emas dengan berat yang cukup besar bisa tetap menjadi simpanan.

Cek Aset Lancar Lainnya

Tabungan Emas

Selain emas batangan, kamu juga perlu memeriksa aset lancar lain yang kamu miliki. Data dan hitung nilainya lalu perkirakan pemakaiannya agar bisa memenuhi kebutuhanmu selama masa pandemi dan setelahnya. 

Uang Tunai

Punya uang tunai yang diambil bulanan? Atau masih ada sisa uang belanja bulan lalu? Semua uang tunai yang kamu miliki saat ini juga merupakan aset lancar dan merupakan yang paling lancar karena kamu bisa langsung menggunakannya. 

Tabungan

Uang yang disimpan di tabungan, uang yang kamu alokasikan di e-wallet, serta deposito juga termasuk dalam aset lancar. Jika ada tabungan berjangka, juga bisa kamu masukan, hanya saja kamu harus siap dengan penalti jika mengambilnya belum saatnya.

Investasi Jangka Pendek

Berbagai investasi jangka pendek yang bisa dicairkan kurang dari setahun juga bisa kamu masukkan dalam daftar aset lancar. Investasi ini menjadi penghasilan pasif kamu.

Gaji Bulanan

Masih menerima gaji? Berarti aset lancar kamu masih akan bertambah setiap bulan. Kelola dengan baik dan siapkan dana darurat agar kebutuhanmu terjamin. 

Penghasilan Tambahan

Jika masih ada penghasilan tambahan dari pekerjaan atau bisnis sampingan, dana ini juga termasuk aset lancar yang bisa dimanfaatkan. 

Cek atau Wesel

Ada cek atau wesel yang belum diuangkan? Nah, keduanya bisa menjadi aset lancar untuk kamu di masa sekarang.

 

Selain aset dan pemasukan saat ini, perhatikan juga pengeluaran harian serta bulananmu. Jangan sampai aset yang banyak habis untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *