Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun dari Sekarang

Lebih cepat, lebih baik.
Dana Pensiun

Sudahkah kamu menyiapkan dana pensiun? Mungkin banyak di antara kamu yang menjawab belum terpikirkan sama sekali. Saat ini mungkin kamu masih disibukkan dengan tujuan keuangan lainnya yang lebih mendesak. Kamu juga mungkin masih mengutamakan tujuan jangka pendek dan menengah.

Meski begitu, bukan berarti kamu boleh melupakan dan mengabaikan dana pensiun. Walau dana ini dibutuhkan di masa depan, bukan berarti juga kamu baru menyiapkannya menjelang pensiun.

Masa pensiun yang nyaman dan menyenangkan hanya bisa kamu nikmati jika kamu punya cadangan sumber uang yang cukup. Semua cadangan tersebut tidak bisa kamu siapkan dalam semalam, perlu waktu dan karena itu kamu perlu memulainya sekarang. Masih perlu alasan lain? Alasan berikut ini bisa menjawab pertanyaan kamu.

1. Masih Belum Banyak Beban Pengeluaran

Dana Pensiun

Usia 20 tahunan merupakan usia yang produktif. Kamu masih bekerja dan menghasilkan pendapatan. Banyak peluang yang masih terbuka untuk membantu menambah pundi-pundi uangmu. [Baca: Apa Itu Sinking Fund?]

Kamu juga belum memiliki banyak beban pengeluaran, seperti biaya sekolah anak atau keperluan rumah sehingga uangmu bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Salah satunya, investasikan untuk dana pensiun.

Semakin banyak yang bisa kamu simpan, semakin baik. Oleh sebab itu, manfaatkan masa-masa sekarang sebelum tiba waktunya uang kamu habis untuk keperluan anak dan keluarga.

2. Biaya di Masa Depan Akan Lebih Besar

Dana Pensiun

Keadaan perekonomian yang terus berubah bisa membuat harga-harga kebutuhan di masa depan juga mengalami perubahan. Apa yang murah saat ini bisa menjadi mahal di masa depan.

Inflasi juga memiliki peran dalam perubahan harga ini. Biaya hidup bulanan yang kini cukup dengan Rp2.000.000,- bisa naik menjadi Rp6 juta-an dalam dua puluh tahun ke depan. Contoh lainnya, tahun 1990-an banyak benda yang bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp100.000,-. Namun, sekarang Rp100.000,- mungkin hanya untuk jajan kopi dan camilan kamu.

Dengan semakin tingginya uang yang diperlukan, kamu akan kesulitan jika tidak memiliki dana pensiun dan sumber penghasilan lainnya. Untuk meminimalkan kesulitan di masa depan, kamu perlu mulai menyisihkan dana pensiun dari sekarang. Harapannya, kamu punya cukup uang di masa depan.

3. Memberi Waktu Agar Uang Berkembang

Dana Pensiun

Uang yang kamu investasikan juga butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Semakin cepat kamu menyiapkan dana pensiun, semakin lama waktu berinvestasi, semakin besar pula nilai yang akan kamu terima.

[Baca: Seperti Apa Kebiasaan Belanja Tiap Generasi?]

Sebaliknya, semakin dini, kamu bisa menyiapkan dana pensiun dengan setoran per bulan yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menyisihkan Rp200.000,- hingga Rp500.000,- setiap bulannya mulai saat ini. Bandingkan jika kamu mulai menyiapkan dana pensiun di usia 30-an atau 40-an, kamu mungkin perlu mengalokasikan Rp1 juta- Rp2 juta setiap bulannya.

Sangat besar, bukan? Oleh sebab itu, menyiapkan dana pensiun sejak muda merupakan pilihan terbaik. Kamu bisa mulai dengan jumlah yang sedikit dan kamu pun memiliki waktu yang lebih panjang untuk mengumpulkan keuntungan.

4. Kebutuhan yang Besar Saat Pensiun

Dana Pensiun

Jangan kira pensiun tidak membutuhkan banyak uang. Pensiun justru membutuhkan dana yang lebih besar. Pensiun juga menjadi lebih berat karena kamu tidak lagi menerima penghasilan setiap bulannya. [Baca: Resesi Ekonomi, Perlukah Kamu Waspadai?]

Jika sudah tidak ada penghasilan, bagaimana kamu bisa membiayai aktivitas sehari-hari? Semua biaya tersebut bisa kamu penuhi dengan adanya dana pensiun yang sudah disiapkan sejak muda. 

5. Minim Penghasilan Saat Pensiun

Dana Pensiun

Usia pensiun umumnya 55 tahun atau lebih. Di usia itu, kamu mungkin sudah terlalu lelah untuk bekerja dengan rutinitas seperti biasa. Belum lagi jika tubuhmu rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, bekerja kembali mungkin bukan pilihan bagi banyak orang.

Jika sudah begitu, kamu hanya bisa mengharapkan sumber penghasilan pasif atau dari usaha yang kamu jalani. Sumber penghasilan pasif tersebut bisa kamu kumpulkan dari sekarang agar nilainya cukup besar hingga kamu pensiun.

Sumber penghasilan pasif bisa didapatkan dari investasi, seperti emas batangan, reksa dana, deposito, saham, atau jika ada, properti. Kamu juga bisa menyiapkan sumber dana dari usaha atau bisnis yang kamu jalani. Selain bisa menjadi sumber kesibukan, bisnis tersebut bisa menjadi sumber pemasukan.

6. Mencegah Sandwich Generation

Dana Pensiun

Sandwich Generation merupakan generasi yang hidupnya terhimpit dengan beban finansial tidak hanya untuk diri dan keluarganya, tapi juga orang tuanya. Adakah kamu yang merasakannya sekarang?

Nah, agar tidak lagi mengulang situasi seperti ini untuk anak kamu di masa depan, kamu harus cukup mandiri dengan dana yang kamu siapkan sendiri. Kamu pastinya tidak mau menjadi beban untuk anak kamu di masa depan, bukan?  

Tidak hanya dana untuk masa pensiun, tapi juga cicilan rumah atau utang lainnya seharusnya sudah bisa kamu lunasi. Karena itu, dana pensiun menjadi sangat penting. Dengan adanya dana itu, kamu tidak akan memberatkan kehidupan anak-anakmu di masa depan.

7. Untuk Menikmati Masa Tua yang Menyenangkan

Dana Pensiun

Siapa yang tidak mau menikmati masa tua senyaman masa muda? Semua kebutuhan terpenuhi dan masih bisa jalan-jalan. Untuk bisa melakukan semua itu, butuh dana yang pastinya tidak sedikit.

Hanya dengan menyiapkannya dari sekarang kamu bisa mendapatkan masa tua yang indah dan tanpa beban masalah finansial. Perhitungkan kebutuhan dana kamu di masa depan, pertimbangkan juga inflasi, pilih investasi masa tua terbaik, serta berapa lama waktu yang kamu miliki untuk menabung dana pensiun.

Semakin cepat memulai, semakin besar dana yang bisa kamu siapkan. Itu artinya juga, semakin nyaman dan terjamin masa tua yang akan kamu miliki di masa depan. Siapa yang tidak mau memiliki masa tua bebas masalah?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *