Belum Punya Tabungan Emas? Ini 5 Alasan untuk Mulai Menabung dari Sekarang!

Alasan yang perlu kamu!
jual emas online

Sudah punya tabungan emas? Seperti halnya instrumen investasi lain, memulai tabungan emas lebih baik dimulai dari sekarang. Selagi muda dan selagi harga emas belum terlalu tinggi.

Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan memulai tabungan emas dari sekarang. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih ragu untuk memulainya. Nah, jika kamu membutuhkan alasan untuk menabung emas, lima alasan berikut ini bisa membantu kamu mengambil keputusan!

Emas Berguna di Berbagai Situasi Termasuk Masa Krisis

Tabungan Emas

Harga emas melambung tinggi sejak wabah virus corona merebak di seluruh dunia. Walaupun situasi belum benar-benar memasuki masa krisis, orang-orang sudah mulai panik dan memulai persiapan mereka untuk menghadapi yang terburuk.

Salah satunya ialah mengalihkan aset kekayaan mereka ke emas batangan. Tidak seluruh aset dialihkan, tapi sebagian kecil tersebut sudah cukup membuat harga emas melambung tinggi. 

Emas memang sudah terkenal sebagai safe haven dan selalu menjadi penjaga aset terutama di masa-masa krisis. Selain merupakan penjaga aset terbaik, tabungan emas memiliki karakteristik sebagai aset lancar.

Aset lancar berarti emas bersifat likuid dan mudah diuangkan. Tidak perlu menunggu waktu lama dan bisa dijual dengan mudah di berbagai tempat. Mengalihkan aset ke emas batangan juga membuat risiko investasi menjadi lebih ringan karena emas terkenal sebagai produk yang berisiko rendah.

Emas Bisa Menjadi Dana Darurat

Tabungan Emas

Di masa pandemi banyak orang mengalami kesulitan keuangan. Walau kondisi ini belum bisa dibilang situasi krisis, masalah keuangan yang dihadapi oleh banyak orang juga bukan masalah yang ringan.

Tanpa adanya dana darurat, banyak orang akan kesulitan mencukupi kebutuhan harian hingga bulanan mereka. Jika kamu punya tabungan emas, emas tersebut bisa juga difungsikan sebagai dana darurat.

Seandainya dana darurat di rekeningmu sudah habis, dengan sangat terpaksa kamu bisa memanfaatkan tabungan emas. Sebaliknya, jika kamu memang menyiapkan tabungan emas antam, baik online ataupun tidak sebagai dana darurat, menjualnya di masa pandemi bisa mendatangkan keuntungan.

Pertama, kamu bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat. Kedua, jika sudah lama menabung emas, kamu bisa mendapatkan selisih keuntungan dari harga jual dan beli emas.

Simpanan yang Cocok untuk Pemula & Segala Usia

Tabungan Emas

Tabungan emas, baik ANTAM atau produk lain merupakan simpanan yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan proses yang rumit. Oleh sebab itu, sekalipun kamu tidak memiliki banyak pengalaman berinvestasi, memulai tabungan emas tetap bisa kamu lakukan tanpa banyak kesulitan.

Begitu pun dari segi usia. Berapa pun usia kamu, baik itu awal usia 20 tahunan atau akhir 30 tahunan, kamu bisa menabung emas. Simpan emas yang dibeli beberapa tahun lalu jual jika sudah selisih harga sudah tinggi.

Bisa juga, siapkan tabungan emas secara perlahan dengan tujuan tertentu dan jual emas sudah jika kamu sudah mencapai tujuan. Ingat, jangan menjual emas terburu-buru untuk menghindari kerugian dan mendapatkan untung dari selisih harga jual dan beli emas.

Tersedia Tabungan Emas Online

Tabungan Emas

Selain proses menabung emas yang mudah, kini tersedia berbagai cara menabung emas yang semakin praktis. Solusi untuk kamu yang serba cepat dan sangat mengandalkan teknologi saat ini. 

Saat ini, kamu sudah bisa membeli emas batangan secara online di berbagai toko belanja online. Tentunya, kamu harus pilih toko online yang terpercaya untuk menghindari penipuan. 

Cara lain, kamu juga bisa menabung emas secara perlahan dengan membuka tabungan emas online di berbagai platform nabung emas. Dengan memiliki akun, kamu akan bisa membeli emas dalam nominal kecil dan menabungnya sesuai dengan dana yang dimiliki. 

Jadi, menabung emas bisa dilakukan oleh siapa pun dan berapa pun dana yang dimiliki.

Menabung Emas Memberi Rasa Aman

Tabungan Emas

Kenapa bisa memberi rasa aman? Pertama, karena menabung emas memiliki risiko yang rendah. Bukan berarti tanpa risiko. Kamu akan tetap menemui risiko, seperti harga emas yang fluktuatif, spread harga jual dan beli emas yang berbeda-beda, sekaligus masalah penyimpanan. 

Meski begitu, risiko ini bisa diminimalkan asalkan kamu mengambil langkah investasi yang tepat. Kedua, emas memiliki nilai intrinsik yang menjadikannya berharga. Jika saham atau investasi lain, bisa dibuktikan dengan dokumen tertentu, menabung emas cukup dengan memiliki emas tersebut secara fisik.

Dengan begitu, kamu bisa menjualnya kapan saja dan mendapatkan uang secara tunai. Selain itu, uang yang kamu simpan dalam bentuk emas, nilainya tidak akan berkurang karena inflasi. Hal ini karena emas tahan terhadap inflasi dan nilainya cenderung selalu naik

 

Jadi, kapan mau memulai tabungan emas? Kamu bisa memulainya dengan membeli emas berukuran kecil dan mengumpulkannya secara bertahap sesuai dengan tujuan keuanganmu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *