10 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Emas

Sudah investasi emas?
Investasi Emas

Saat akan berinvestasi, emas batangan pasti muncul sebagai salah satu opsi. Meskipun sudah sangat lama dikenal, investasi emas tidak kehilangan pamornya di kalangan masyarakat. 

Meski banyak produk investasi lain yang tak kalah menguntungkan, namun investasi emas Investasi emas batangan tetap menjadi pilihan yang menjanjikan untuk masa depan. Kenapa bisa begitu? 

Hal ini karena emas batangan sudah terbukti merupakan pilihan investasi yang menguntungkan, tidak hanya dalam hal nominal uang, tapi juga untuk penjaga terbaik aset dan harta kamu. 

Jika alasan tersebut masih belum cukup untuk berinvestasi emas, sepuluh alasan di bawah ini bisa semakin menjelaskan keuntungan investasi emas. 

1. Investasi Emas Tidak Mungkin Akan Bangkrut

Investasi Emas

Investasi emas, seperti investasi emas ANTAM bisa dibilang tidak akan pernah mengalami kebangkrutan. Emas batangan tidak seperti saham perusahaan atau usaha sejenisnya yang bisa saja tiba-tiba merugi dan mengalami kebangkrutan. 

[Baca: 7 Risiko Investasi Emas Batangan yang Perlu Kamu Kenali ]

Jika sudah bangkrut, pastinya orang-orang yang berinvestasi akan mengalami kerugian dalam jumlah yang besar.

Berinvestasi emas berarti uang sudah dialihkan pada emas batangan dan emas tersebut tidak akan menyusut atau menghilang. 

Berbeda dengan saham atau produk investasi lain, uang dialihkan dalam bentuk kepemilikan yang ditandai dengan adanya surat atau dokumen. 

Kamu tidak memegang produk itu langsung dalam bentuk fisik, tetapi hanya melalui dokumen yang ada, tanpa dokumen kamu tidak bisa membuktikan kepemilikanmu.

Sementara emas, memiliki secara fisik, berapa pun harganya di masa depan, kamu masih bisa menjual emas tersebut dan mendapatkan uang. Itulah kenapa orang-orang sering menyebut emas batangan merupakan produk investasi yang aman.

2. Harga Emas Kini Lebih Terjangkau

Investasi Emas

Untuk bisa berinvestasi emas, saat ini kamu bisa menggunakan banyak cara. Beli langsung di toko atau beli emas secara online.

Beli emas secara online bisa dilakukan melalui aplikasi seluler yang banyak disediakan oleh para penjual emas, seperti aplikasi e-mas yang memudahkan kamu jual beli emas melalui ponsel.

[Baca: Masih Ragu Berinvestasi Emas Online? Simak Alasan Memilihnya Ini! ]

Investasi emas online memungkinkan kamu membeli emas dalam nominal kecil sehingga lebih terjangkau. Jika langsung membeli emas batangan 1 gram terlalu berat, beli emas digital bisa menjadi alternatif.

Meski membeli secara digital dan tidak langsung dimiliki, bukan berarti kamu tidak memiliki emas batangan tersebut. Kamu hanya menitipkan emas dan jumlah emas dicatat di akun milikmu. 

Saat ingin memilikinya secara fisik, emas tersebut bisa diambil dan dikirimkan ke alamat yang kamu cantumkan.

Beli langsung atau secara digital, tidak mengurangi nilai keuntungan berinvestasi emas. Hal tersebut hanya cara agar kamu tetap bisa berinvestasi emas meski dalam berbagai kondisi finansial.

3. Emas Tahan Terhadap Inflasi

Investasi Emas

Keunggulan emas batangan yang membuat orang selalu tertarik ialah kemampuannya yang tahan terhadap inflasi. Saat nilai uang semakin turun, harga emas batangan justru semakin tinggi. 

[Baca: 10 Tips Investasi Emas yang Perlu Kamu Tahu! ]

Inflasi merupakan situasi yang bisa menakutkan bagi banyak orang dan di saat seperti itu mereka akan memilih alternatif lain untuk mengamankan uang dan harta mereka.

Umumnya, orang-orang akan beralih ke emas batangan. Permintaan yang tinggi tersebut akan membuat harga emas batangan naik.

4. Emas Batangan Memiliki Risiko yang Kecil

Investasi Emas

Investasi selalu memiliki risiko tergantung pada nilai uang yang kamu tanamkan. Begitu pun dengan emas batangan. 

Namun, bedanya jika berinvestasi pada produk lain kamu bisa kehilangan semua uang atau sebagian, risiko kerugian pada investasi emas batangan bisa diperkirakan. 

Kamu bisa menghitung selisih nilai beli dan jual emas atau biaya lain yang mungkin mengurangi total uang yang kamu keluarkan saat beli. 

Namun, jika kamu menjual emas setelah menyimpannya setelah beberapa waktu, kemungkinan harga emas sudah naik dan sekalipun ada potongan tidak terlalu besar. 

Dengan begitu, kerugian bisa diminimalkan. Kamu juga tidak akan kehilangan uang dan bahkan mendapat keuntungan.

5. Emas Batangan Mudah Dicairkan

Investasi Emas

Jika kamu berinvestasi deposito dan membutuhkan uang cepat, uang tersebut tidak akan bisa diambil jika belum mencapai batas waktu. 

Begitu pun saat ingin menjual rumah, kamu membutuhkan waktu untuk mendapatkan pembeli yang tepat. Namun, jika emas batangan, kamu bisa menjualnya kapan pun dan mendapatkan uang dalam waktu cepat. 

Emas batangan juga bisa dijual di berbagai tempat dan kamu bahkan bisa membandingkan harga jual kembali untuk mencari keuntungan. Jadi, berinvestasi emas batangan tidak akan membuat kamu kesulitan saat terjadi situasi yang tidak diinginkan.

6. Tidak Memerlukan Pengetahuan Khusus

Investasi Emas

Salah satu alasan kenapa semua orang memilih emas sebagai produk investasi ialah karena emas batangan merupakan produk investasi yang mudah dipahami. 

Kamu tidak perlu belajar analisis pasar atau ilmu khusus lainnya. Yang perlu dilakukan cukup beli emas saat harga turun, simpan hingga beberapa tahun, dan jual saat kamu butuhkan atau saat harga emas mencapai titik tertingginya.

7. Proses Beli Emas yang Mudah

Investasi Emas

Seperti halnya konsep investasi yang mudah, kamu juga bisa beli emas di banyak tempat.

Untuk memastikan kamu mendapat emas batangan yang asli, sebaiknya beli emas di tempat-tempat terpercaya, seperti butik ANTAM, lembaga pemerintah, atau tempat yang memang menjadi reseller resmi ANTAM.

Membeli emas di tempat yang aman bisa meminimalkan risiko kerugian. Jadi, usahakan selalu membeli emas di tempat yang memang dianjurkan dan sudah terkenal aman.

8. Investasi Emas Bisa Dikelola Sendiri

Investasi Emas

Pengelolaan investasi emas juga tidak akan menyulitkan siapa pun investornya. Karena tidak ada ilmu khusus, kamu bisa mengelola emas batangan sendiri. 

Cukup sediakan tempat penyimpanan yang baik dan aman. Periksa emas batangan milikmu secara berkala sebelum akhirnya kamu jual untuk mewujudkan tujuan investasi.

9. Penjaga Aset yang Menguntungkan

Investasi Emas

Bingung di mana mau menyimpan uang? Di bank, lama-lama nilai uang akan tergerus karena adanya inflasi dan biaya-biaya operasional. Di rumah, menyimpan uang dalam jumlah banyak barangkali bukan tindakan yang tepat karena berisiko hilang atau kecurian.

Nah, pilihan lain yang bisa kamu coba ialah membeli emas batangan. Sadar atau tidak, emas batangan bisa berperan sebagai penjaga asetmu, lho. Nilai uang tidak berkurang dan jika disimpan dalam waktu yang lama, kamu mungkin bisa mendapatkan untung.

10. Emas Batangan Sama Pentingnya dengan Mata Uang

Investasi Emas

Sebelum adanya uang kertas dan logam, orang-orang bertransaksi dengan emas batangan. Sekarang, meski sudah tidak menggunakan emas batangan sebagai mata uang, emas batangan memiliki nilai yang tidak kalah dengan uang.

Saat nilai uang turun ketika inflasi terjadi, orang-orang akan beralih ke emas batangan. Emas batangan menjadi alternatif dalam situasi seperti itu dan menunjukkan betapa pentingnya posisi emas batangan.

 

=========

Dengan semua alasan dan keuntungan di atas, tentu emas bisa menjadi salah satu produk investasi pilihanmu. Jika sudah memutuskan akan berinvestasi, segera pantau harga untuk tahu waktu terbaik membeli emas!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *