Ada 7 Tipe Pembeli, Termasuk yang Manakah Kamu?

Kamu mungkin termasuk dalam tipe pembeli yang satu ini!
Tipe Pembeli

Tipe pembeli ternyata sangat beragam. Meski proses membeli sesederhana memilih barang kemudian membayar, karakter dan alasan tiap orang yang membeli bisa dikelompokkan dalam golongan yang berbeda.

Mengenali tipe pembeli ini bisa membantu mengendalikan gaya belanja kamu juga, lho. Apalagi jika kamu termasuk orang yang suka membeli apa pun tanpa berpikir panjang. Kamu bisa memanfaatkan informasi ini untuk mengubah kebiasaan belanjamu agar lebih baik!

Tipe Pembeli Impulsif

Tipe Pembeli

Tipe-tipe konsumen memang beragam, salah satunya tipe pembeli impulsif. Sesuai dengan namanya, pembeli ini cenderung mengambil keputusan untuk membeli dalam waktu yang cepat mengikuti keinginan hati mereka. 

Pembeli tipe ini tidak memperhatikan apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Mereka bisa saja membeli tas baru sekalipun sudah membeli dua tas baru lainnya dalam bulan tersebut.

Selama benda tersebut menarik minat mereka, pembeli tipe ini bisa menggunakan berbagai alasan yang bisa membenarkan keputusan mereka untuk melakukan pembelian.  

Pencari Diskon

Tipe Pembeli

Diskon, promo, atau kupon menjadi sangat penting ketika kamu berbelanja? Kamu selalu update dengan info promo terkini dan selalu mencari barang-barang promo di toko. Bisa jadi kamu seorang tipe pembeli yang gemar mencari potongan harga. 

Tipe pembeli ini terkenal di kalangan teman dan keluarga dengan kemampuan berbelanjanya karena selalu mendapatkan harga termurah. Permasalahannya, pembeli seperti ini juga tidak berpikir panjang ketika melihat ada barang promo atau diskon.

Mereka akan terburu-buru membeli suatu barang yang sedang diskon atau promo sekalipun barang tersebut tidak dibutuhkan. Barang yang bahkan tidak mereka rencanakan untuk dibeli pun bisa masuk ke dalam keranjang hanya karena ada potongan harga.

Tipe Pembeli Analitis

Tipe Pembeli

Tipe pembeli ini mungkin yang paling sulit dihadapi oleh banyak penjual. Berbeda dengan pembeli impulsif, pembeli analitis akan mencari tahu dengan saksama mengenai barang yang akan mereka beli.

Mereka akan melakukan riset secara lengkap mengenai harga, klasifikasi, bahan, review, komentar, dan informasi lain yang bisa ditemukan. Pembeli ini akan membutuhkan waktu lama sebelum memutuskan.

Namun, saat membeli mereka akan menawar dengan harga terendah karena mereka merasa percaya diri mengetahui semua informasi mengenai barang tersebut. Tidak sedikit karakter pembeli online yang seperti ini. 

Dengan banyaknya informasi, mereka akan menimbang dengan cermat sebelum memilih barang atau toko demi mendapatkan barang bagus dengan harga terjangkau.

Ahli Tawar Menawar

Tipe Pembeli

Menemukan pembeli yang pandai menawar pasti bukan hal aneh. Tipe pembeli ini berapa pun harga barang mereka selalu ingin membayar dengan harga terendah. Ada yang seperti ini?

Meski terlihat sebagai hal biasa dalam berbelanja, ada orang yang sengaja menawar karena senang dengan proses tersebut dan bukan hanya karena ingin mendapatkan harga terendah.

Mereka akan melengkapi diri dengan info harga dari berbagai toko sekitar yang bisa membantu dalam menyukseskan proses tawar menawar yang dilakukan.

Tipe Pembeli Loyal

Tipe Pembeli

Kamu selalu menggunakan satu brand yang sama selama bertahun-tahun? Jika iya, kamu termasuk pembeli yang loyal. Kadang, pembeli loyal tidak membeli karena mereka butuh, tetapi hanya demi loyalitas pada brand atau toko yang sudah menjadi langganan mereka.

Para pembeli loyal ini akan dengan senang hati memberitahukan mengenai koleksi barang yang dimiliki dari brand tertentu dan bagaimana mereka tidak pernah mengganti brand yang dibeli.

Mereka juga tidak akan mau mengakui bahwa barang dari brand lain bisa saja lebih bagus dibandingkan brand pilihan mereka. 

Pembeli yang Hobi Berbelanja

Tipe Pembeli

Sifat pembeli bisa sangat beragam. Ada yang membeli karena butuh, loyalitas, dan ada yang membeli karena mereka senang berbelanja. Orang-orang tipe ini tidak terlalu tahu barang yang sebenarnya mereka inginkan atau butuh. 

Mereka sekadar senang dengan pengalaman berbelanja, entah itu online atau belanja langsung di toko atau mal. Tipe pembeli ini menganggap belanja sebagai hobi yang menyenangkan dan karenanya mereka tidak takut untuk membeli berbagai barang.

Pembeli Praktis

Tipe Pembeli

Tipe pembeli ini merupakan kebalikan dari tipe pembeli impulsif. Orang-orang tipe ini berbelanja dengan kesadaran penuh mengenai apa yang dibutuhkan dan tidak. Mereka memiliki daftar belanja dan tidak mudah tergoda dengan iklan, promo, atau diskon. 

Orang-orang tipe ini bisa berbelanja dengan hemat, efektif, dan tentunya bisa mengendalikan diri sehingga tidak terjebak dengan penawaran yang ada. 

 

Setiap kebiasaan yang buruk yang memengaruhi keuanganmu bisa diperbaiki secara perlahan asalkan kamu disiplin. Begitu pun dengan gaya belanja yang mungkin membuat kamu selama ini mengeluarkan uang lebih banyak daripada seharusnya. 

Dengan mengenali karakter belanjamu, ambil langkah pasti untuk mengubah kebiasaan yang merugikan. Atur anggaran uang setiap bulan, buat daftar belanja bulanan, dan disiplin menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *