8 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Ditiru untuk Hidup yang Lebih Baik!

Langkah awal menuju sukses!
Kebiasaan Orang Sukses

Perlukah mempelajari kebiasaan orang sukses?

Menjadi orang sukses pasti cita-cita semua orang, tapi mewujudkannya belum tentu semua bisa. Kamu yang ingin menjadi sukses bisa memulainya dari mempelajari kebiasaan orang-orang sukses.

Meski terlihat sederhana, mengubah kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baik merupakan langkah awal untuk kehidupan yang lebih bernilai. Nah, kamu bisa mulai dengan mencontoh kebiasaan orang sukses seperti di bawah ini!

Memiliki Rutinitas Pagi Hari

Kebiasaan Orang Sukses

Dari mana kamu memulai kebiasaan barumu? Jawabannya bisa mencontoh kebiasaan orang sukses di pagi hari. Menurut Thomas Corley yang mengadakan penelitian tentang kebiasaan orang kaya, sebesar 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai.

Nah, kamu yang terbiasa bangun siang perlu mulai memperbaiki pola tidurmu. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam jika tidak ada hal penting yang harus diselesaikan. Dengan begitu kamu bisa bangun di pagi hari dengan tubuh yang segar.

Memulai hari lebih awal juga memiliki kelebihan lain untukmu. Salah satunya, kamu memiliki waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan diri menghadapi hari yang akan berjalan. Waktu di pagi hari juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain, seperti olahraga, membaca buku, atau memulai pekerjaan lebih cepat.

Luangkan Waktu Membaca Buku

Kebiasaan Orang Sukses

Baca buku bukan hanya untuk mereka yang masih sekolah. Membaca buku merupakan kegiatan yang harus dilakukan sepanjang waktu, terutama jika kamu ingin lebih sukses dalam hidup.

Selain itu, membaca buku juga merupakan kebiasaan orang sukses yang bisa ditiru. Dari penelitian Tom Corley, akuntan dan perencana keuangan, sebesar 88% orang sukses meluangkan waktu paling sedikit 30 menit untuk membaca buku.

Buku yang dibaca pun yang menunjang pengembangan diri dan bisnis mereka, seperti biografi para tokoh ternama, sejarah, self-help, motivasi, dan buku nonfiksi lainnya. Bagi kamu yang tidak suka membaca nonfiksi bisa mulai meluaskan jenis bacaan, nih.

Pilih buku nonfiksi dengan tema yang kamu suka dan masih tergolong bacaan ringan untuk membangun kebiasaanmu membaca buku setiap harinya.

Selalu Berpikir Positif

Kebiasaan Orang Sukses

Kebanyakan orang sukses merupakan seorang yang optimis. Mereka selalu memandang hidup dengan positif dan penuh dengan kemungkinan serta kesempatan. Mereka tidak membatasi diri hanya pada satu keadaan.

Dengan pikiran yang terbuka seperti ini, kamu akan bisa melihat keadaan sekitar dengan pikiran yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan juga berbagai ide baru bisa datang sebagai jawaban untuk menghadapi kebutuhan yang ada di masyarakat.

Pikiran yang positif juga bisa menjauhkan kamu dari stres dan memberi lebih banyak kebahagiaan. Kalau kamu bahagia, melakukan apa pun menjadi lebih mudah dan hasil akhir bisa lebih berhasil.

Bekerja Meski Bukan Waktu Kerja

Kebiasaan Orang Sukses

Kebiasaan orang sukses setiap harinya yang perlu kamu tiru ialah selalu siap dengan ide yang datang kapan pun. Meski kamu sedang berlibur atau tidak dalam jam kerja, ketika ada ide jangan ragu untuk segera mewujudkannya.

Ini artinya juga sebaiknya jangan menunda pekerjaanmu, terutama ketika kamu sedang bersemangat bekerja. Saat sebuah ide baru terlintas atau semangat kerja sedang tinggi, kamu bisa saja mencapai produktivitas lebih baik dibandingkan hari sebelumnya.

Memiliki Jadwal Harian

Kebiasaan Orang Sukses

Meski kebiasaan orang sukses ini terlihat sederhana, memiliki jadwal harian menjadi bagian aktivitas sehari-hari orang sukses. Selain itu, kebiasaan ini tidak sulit untuk ditiru. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Buatlah daftar kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Ingat, akan lebih baik kamu membuat jadwal di satu tempat yang sama, misal di buku catatan atau aplikasi jadwal harian.

Jangan membuatnya secara terpisah karena bisa saja kamu lupa. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sibuk, beberapa pekerjaan mungkin bisa terlewat jika kamu tidak ingat mencatatnya di mana.

Melakukan Meditasi

Kebiasaan Orang Sukses

Meditasi barangkali kebiasaan orang sukses yang jarang dilakukan oleh banyak orang. Umumnya, meditasi dilakukan sambil duduk dan berfokus pada pernapasan. Sambil menarik dan mengeluarkan napas, kamu bisa mengosongkan pikiran dan menenangkan diri.

Saat meditasi, kamu bisa saja mendapatkan kembali fokus diri sehingga apa pun masalah yang dihadapi bisa terasa lebih ringan. Kamu juga bisa lebih optimis dan semangat dalam menjalani hari.

Melakukan Pekerjaan dengan Serius

Kebiasaan Orang Sukses

Kebiasaan orang sukses berikutnya ialah melakukan pekerjaan dengan serius di setiap aspeknya. Lebih dari itu, mereka yakin dengan apa yang dilakukan dan tahu apa yang harus dikerjakan.

Mereka tidak mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain. Fokus mereka tidak mudah dialihkan. Jadi, kamu yang memulai bisnis dan mulai ragu, perlu menambah keyakinan pada dirimu sendiri dan memotivasi diri agar tetap semangat. 

Tidak Mudah Panik Saat Ada Masalah

Kebiasaan Orang Sukses

Kebiasan lain yang perlu kamu pelajari ialah cara menghadapi masalah. Kebanyakan orang mungkin akan panik, stres, tidak tenang jika rencana mereka tidak berjalan dengan baik. Namun, kamu perlu belajar untuk menghadapinya dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Walau terdengar sulit, inilah yang dilakukan orang-orang sukses. Mereka tahu masalah bisa terjadi kapan saja dan mereka tidak bisa mengendalikannya. Yang bisa dilakukan ialah mengantisipasi dan menghadapi secara efisien ketika masalah muncul.

 

=========

Kebiasaan orang sukses di atas hanya sedikit contoh dari aktivitas yang bisa dilakukan. Kamu bahkan bisa memulai kebiasaan sendiri yang menurutmu baik dan bermanfaat untuk hidupmu. Yang terpenting, selalu evaluasi diri, disiplin dengan kebiasaanmu, dan jadilah versi terbaik dari dirimu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *