Mau Mulai Nabung Emas? Ketahui Dulu 8 Hal Penting Ini!

Kapan mau nabung emas?
Nabung Emas

Nabung emas memang masih menjadi pilihan banyak orang. Tidak heran, anak muda sekarang pun tidak melewatkan produk satu ini dalam mengelola keuangan mereka. Namun, tidak sedikit juga yang masih bingung cara memulainya.

Agar kamu tidak bingung terlalu lama, pahami terlebih dahulu delapan hal penting ini. Kemudian, perhitungkan keadaan keuanganmu dan tentukan kapan kamu akan membelinya!

Tren Harga Emas dari Tahun ke Tahun

Nabung Emas

Seperti yang sudah banyak diketahui, emas batangan memiliki harga yang fluktuatif atau selalu berubah-ubah karena berbagai faktor. Salah satu yang sangat memengaruhi harga emas ialah keadaan ekonomi, politik, dan sosial dunia.

Harga emas ANTAM 1 gram hari ini (⅔) misalnya, sudah sampai di level Rp810.000,-. Harga emas mengalami kenaikan karena adanya virus corona yang mengejutkan dunia. Tren harga emas ini masih mungkin mengalami kenaikan ataupun penurunan tergantung situasi yang berkembang.

Kamu yang ingin memulai nabung emas perlu waspada dengan perubahan kenaikan dan penurunan harga ini. Minimal, ketika akan membeli atau menjual, kamu memantau harga emas terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Emas

Nabung Emas

Nabung emas tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu bisa menyesuaikan keadaan ini dengan tujuan keuanganmu. Kelebihan emas batangan yang perlu kamu tahu ialah emas batangan memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya.

Proses beli dan jual pun mudah sehingga emas dikenal sebagai salah satu produk yang memiliki likuiditas tinggi. Emas batangan juga tahan terhadap inflasi dan justru mengalami kenaikan harga serta permintaan saat situasi ekonomi tidak menentu.

Kekurangannya, meskipun mengalami kenaikan, keuntungan yang didapat tidak akan sebesar saat kamu berinvestasi di produk lain. Selain itu, kamu membutuhkan tempat penyimpanan khusus untuk emas terutama jika emas terus bertambah.

Nabung Emas atau Uang?

Nabung Emas

Kebanyakan orang mungkin masih bingung apakah ingin menabung emas atau cukup uang saja. Jawabannya, keduanya sama-sama baik, tapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. 

Kamu akan selalu membutuhkan uang tunai untuk membiayai aktivitas sehari-hari. Namun, untuk jangka panjang, menabung emas bisa lebih menguntungkan. Nilai uang akan mengalami penurunan di masa depan dengan adanya inflasi dan perkembangan ekonomi, sementara emas tidak.

Selain emas tahan terhadap inflasi, emas batangan sendiri secara fisik juga sudah berharga. Emas memiliki nilai intrinsik dan tidak akan menyusut atau berkarat. Hal ini menjadikan emas batangan akan tetap bernilai hingga kapan pun.

Tempat Jual & Beli Emas

Nabung Emas

Info penting lainnya seputar nabung emas, kamu harus tahu tempat terbaik untuk jual dan beli emas. Tempat terbaik untuk membeli emas akan membuat kamu mendapatkan harga lebih rendah di antara tempat lainnya. 

Sementara untuk jual emas, kamu bisa mendapatkan harga jual kembali yang cukup tinggi. Agar tahu di mana tempat jual dan beli terbaik, kamu bisa bandingkan harga dan kualitas di berbagai toko.

Jangan lupa juga, pastikan tempat tersebut menjual emas asli dan terjamin. Kamu bisa langsung beli ke gerai ANTAM atau di toko yang bekerja sama dengan badan tersebut.

Emas Batangan Dikenakan Pajak

Nabung Emas

Kamu juga perlu tahu, nabung emas ANTAM akan dikenakan pajak. Aturan ini berlaku untuk kamu yang membeli emas batangan akan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 sebesar 0,45% bagi yang memiliki NPWP dan 0,9% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Pajak ini hanya dikenakan saat membeli emas batangan sehingga tidak perlu khawatir harus terus menerus membayar pajak tabungan emas ANTAM milikmu. Ketentuan ini bukan seperti pajak rutin, seperti yang berlaku pada rumah atau tanah.

Risiko Nabung Emas

Nabung Emas

Seperti produk simpanan lainnya, nabung emas juga memiliki risiko. Salah satunya, kemungkinan kamu membeli emas palsu. Hindari risiko ini hanya membeli di gerai asli atau tempat yang terpercaya.

Selain itu, ada juga risiko kehilangan jika tempat penyimpanan tidak cukup aman. Risiko akan selalu ada yang bisa dilakukan hanya menyiapkan tempat penyimpanan terbaik. Selain itu, harga yang fluktuatif bisa saja membuat kamu tidak mendapatkan keuntungan saat jual emas.

Kapan Waktu Terbaik untuk Beli atau Jual Emas?

Nabung Emas

Kebanyakan orang akan menganjurkan kamu untuk membeli emas saat harga emas sedang turun. Sementara untuk menjual, jual emas ketika harga emas sudah naik cukup signifikan dari nilai emas saat kamu beli.

Namun, berhubung kamu belum tentu bisa selalu mengikuti perubahan harga emas, belilah saat kamu memiliki cukup uang. Begitu pun untuk jual, jualah emasmu jika memang sudah mencapai tujuan yang diinginkan.

Tempat Menyimpan Emas

Nabung Emas

Emas batangan bisa disimpan secara sederhana di rumah. Cara ini cukup mudah dan tidak memakan banyak biaya. Namun, jika emas sudah cukup banyak, kamu tentunya membutuhkan ruang khusus dalam lemari untuk menaruh emas. Selain itu, keamanan bisa saja cukup riskan.

Pilihan lain, kamu bisa menyimpan emas di safe deposit box yang disediakan oleh berbagai bank. Cara ini membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi tentunya juga bisa lebih terjamin dari sisi keamanan.

Sementara jika kamu nabung emas secara online, kamu tidak perlu khawatir soal tempat penyimpanan. Umumnya, nabung emas secara online membuat kamu bisa menitipkan emas pada perusahaan tersebut dan akan dikirimkan jika kamu mengambilnya secara fisik. 

 

==========

Nabung emas sendiri sudah memiliki beragam cara dan pilihan. Sebelumnya, hanya tersedia jual beli langsung di toko, tapi kini kamu juga memiliki pilihan membeli emas secara online. Di mana pun kamu beli, jangan lupakan delapan hal penting di atas.

Selain itu, kamu bisa menyesuaikan tabungan emas milikmu dengan tujuan keuangan atau kehidupan di masa depan. Perhitungkan berapa banyak emas yang perlu kamu miliki untuk mencapai tujuanmu. Memiliki tujuan bisa membantu kamu lebih semangat dalam proses menabung, lho. 

Jadi, kapan mulai nabung emas?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *