Pandemi Ternyata Mengajarkan Kamu 7 Pelajaran Keuangan Ini!

Apa pelajaran keuangan yang kamu dapat?
Pelajaran Keuangan

Pandemi yang terjadi tahun ini memberi kita banyak pelajaran, termasuk pelajaran keuangan. Dengan menurunnya kondisi ekonomi dan banyaknya usaha yang tutup, tidak heran jika banyak orang yang mengalami masalah keuangan. 

Masalah keuangan yang didapat setiap orang bisa saja berbeda, tergantung pada persiapan dan permasalahan yang dihadapi. Namun, apa pun masalahnya, masalah tersebut memberi kamu pejaran keuangan yang akan terus kamu ingat. 

Meskipun saat ini kamu merasa kesulitan, ambil nilai positifnya karena masalah ini bisa membuatmu menyadari kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki agar tidak terulang lagi.

Menabung Itu Penting!

Pelajaran Keuangan

Siapa yang sebelumnya tidak pernah menabung? Atau hanya menabung uang dari apa yang tersisa setelah kamu melakukan pengeluaran? Jawabannya pasti tidak sedikit. 

Di masa sulit seperti sekarang, kamu bisa menyadari keadaanmu bisa lebih baik jika setidaknya kamu menabung uang secara rutin setiap bulannya. Jika memiliki tabungan, kamu akan memiliki uang cadangan lain yang bisa digunakan untuk keperluan. Ini menjadi pelajaran keuangan yang sangat penting.

Walaupun menabung kadang memiliki tujuan lain untuk setiap orang, dalam keadaan seperti sekarang, simpanan dan tabunganmu bisa difungsikan juga sebagian dana darurat.

Nah, mulai sekarang jika ada penghasilan, pisahkan dari awal minimal 5-10% untuk ditabung. Jumlah yang lebih kecil daripada itu juga bisa, asalkan lakukan dengan rutin dan jika bisa pisahkan tempat penyimpanannya agar kamu tidak tergoda memakainya.

Pelajaran Finansial: Dana Darurat Harus Selalu Disiapkan

Pelajaran Keuangan

Pelajaran keuangan berikutnya ialah memiliki dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana ini bisa kamu gunakan di kondisi seperti sekarang.

Adanya dana darurat bisa membantu kamu bertahan lebih lama ketika ada hal yang tidak menyenangkan terjadi. Selain membantu menutupi pengeluaran, dana darurat yang terpisah dari dana sehari-hari bisa membantu keuanganmu tetap terjaga.

Dana darurat bisa kamu siapkan dalam berbagai bentuk, termasuk uang tunai, investasi, atau simpanan lainnya. Semua ini bisa kamu tarik atau jual demi mendapatkan uang tunai di masa-masa sulit.

Karena darurat terjadi tanpa kamu ketahui waktunya, penting sekali untuk selalu menyiapkan dananya agar keuanganmu tidak terlalu terpukul dengan besarnya uang yang dibutuhkan. 

Harus Bisa Mengerem Kebiasaan Belanja

Pelajaran Keuangan

Sebelumnya, kamu bisa belanja tanpa banyak berpikir. Bisa beli apa pun dan tidak perlu khawatir mengenai harga. Namun, pandemi memberi kamu pelajar keuangan agar lebih pintar mengelola pengeluaran. 

Mana pengeluaran yang penting dan mana yang bisa ditunda, hingga dibatalkan. Mengelola pengeluaran sangat penting karena dengan begitu kamu bisa menghemat banyak uang. 

Jika uang bisa banyak dihemat, kamu bisa bertahan lebih lama dan lebih banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi.

Punya Utang Tidak Menyenangkan!

Pelajaran Keuangan

Punya utang selalu tidak menyenangkan, tapi di keadaan sulit seperti saat ini bisa berkali-kali lipat lebih tidak menyenangkan. Selain karena kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan bulanan, utang bisa memberi tekanan secara mental dan sosial.

Jadi, akan lebih baik jika kamu bisa segera melunasi semua utang dan tidak lagi membuat utang. Keuangan bisa lebih ringan dan kamu hanya perlu mengkhawatirkan biaya kebutuhan hidup.

Ini momen yang tepat untuk mengevaluasi kembali keuangan dan pola pengeluaranmu. Jadikan masalah ini sebagai awal untuk keuangan yang lebih baik.

Memahami Pilihan Investasi Kamu Lebih Baik

Pelajaran Keuangan

Investasi bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan uangmu. Namun, dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu banyak orang yang juga bisa merugi karena pilihan investasinya.

Pengalaman ini merupakan pelajaran keuangan yang penting agar kamu bisa menentukan lebih tepat pilihan instrumen investasimu dan menyesuaikannya dengan tingkat risiko, tujuan keuangan, serta keuntungan yang didapat.

Jangan Lupa Menyiapkan Asuransi

Pelajaran Keuangan

Pandemi ini juga mengajarkan kita pentingnya asuransi, tidak hanya asuransi kesehatan, tapi juga asuransi jiwa. Banyaknya korban yang meninggal bukan tidak mungkin merupakan kepala keluarga, jika sudah begitu bagaimana nasib keluarganya?

Kejadian seperti ini juga bisa menimpa kamu dan keluarga. Meski tidak menginginkannya, tidak ada salahnya untuk menyiapkan yang terburuk. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa mendanai biaya pengobatanmu. 

Jika kamu meninggal, masa depan keluarga juga bisa lebih terjamin dengan adanya asuransi jiwa yang sudah disiapkan.

Punya Pekerjaan Sampingan Bisa Sangat Membantu

Pelajaran Keuangan

Tidak dipungkiri usaha yang tutup membuat banyak orang kehilangan pekerjaan mereka. Tanpa pekerjaan, tidak ada pula pemasukan. Hal ini tentu berbeda jika kamu memiliki sumber penghasilan lain.

Meski tidak sebesar penghasilan utama, tetap bisa bekerja dan memiliki penghasilan di masa seperti ini bisa membantu kamu dan keluarga bertahan lebih lama.

  

Belajar memperbaiki keuangan memang tidak mudah, terlebih jika pemasukanmu belum kembali normal. Yang bisa kamu lakukan saat ini ialah mengelola uang yang dimiliki saat ini sebaik mungkin hingga mencukupi kebutuhan. Kurangi pengeluaran dan terus berusaha untuk meningkatkan penghasilan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *