7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mulai Investasi Emas

Pelajari kesalahan ini dan berinvestasi emas dengan lebih baik.

Saat memulai sesuatu tidak jarang kita akan melakukan kesalahan. Sama halnya, ketika seseorang mulai untuk berinvestasi emas batangan. Sering kali, investor pemula melakukan kesalahan yang bisa menyebabkan kerugian di masa depan.

Ada banyak sebab investasi emas bisa gagal. Salah satunya, tidak mengenal dengan baik jenis investasi yang akan dilakukan. Tidak mengenali seluk beluk jenis investasi yang kamu lakukan bisa berakibat kamu salah dalam memilih yang akhirnya membuat rugi, lho!

Berikut ini ada 7 kesalahan yang sering terjadi pada investor yang baru mulai investasi emas yang tidak boleh kamu lakukan.

1. Tidak Memantau Harga Emas

investasi emas

Investor pemula kadang tidak menyadari pergerakan harga emas memainkan peranan penting dalam menjual dan membeli emas. Harga emas yang tidak stabil ini sering menjadi hal yang luput untuk diperhatikan. [ Baca: Investasi Emas Batangan Lebih Menguntungkan dengan Cara Ini]

Oleh sebab itu, para investor pemula sering membeli emas ketika harga sedang tinggi atau membeli tanpa mempertimbangkan harga emas. Untuk investasi emas batangan, disarankan kamu memeriksa harga emas setiap hari. Dengan begitu, kamu tahu kapan harus membeli dan menjualnya tanpa menyebabkan kamu rugi.

2. Tidak Membandingkan Harga

investasi emas

Terburu-buru dalam membeli logam mulia menjadi kesalahan lain para investor pemula. Sebelum membeli emas batangan, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di beberapa tempat terpercaya untuk mendapatkan harga terbaik.

Sedikit lebih lama, tapi semua langkah ini untuk menghindari kamu dari kerugian karena ada penjual yang menaikkan harga emas hingga begitu tinggi. Terlebih lagi, jika kamu tidak mengetahui pergerakan harga emas, kamu pasti akan mudah tertipu. [ Baca: Di Mana Kamu Bisa Cek Harga Emas Hari Ini?]

3. Membeli Emas Daur Ulang (Scrap Gold)

investasi emas

Emas yang sudah tua atau berasal dari benda elektronik biasanya akan didaur ulang oleh pengrajin emas untuk kemudian dijual kembali. Perhiasan atau koin emas yang rusak lalu didaur ulang cenderung memiliki cacat estetika sehingga sedikit orang yang akan membelinya. Oleh sebab itu, kamu harus mencari emas yang bukan hasil daur ulang untuk investasi terbaik.

4. Membeli di Tempat yang Tidak Terpercaya

Download Aplikasi e-mas

Keaslian emas batangan yang dibeli menjadi jaminan untuk investasi kamu di masa depan. Dengan emas asli beserta sertifikatnya, kamu akan mudah melakukan penjualan.

Oleh sebab itu, lakukan pengecekkan untuk memastikan terpercaya atau tidaknya tempat kamu nanti membeli emas. Pastikan pula keaslian emas yang kamu beli sehingga kamu tidak mengalami kerugian.

5. Hanya Membeli Satu Ukuran

emas batangan

Untuk berinvestasi emas batangan, ada baiknya kamu membeli emas dengan beragam ukuran, baik satuan kecil, maupun satuan besar. Hal ini bertujuan jika kamu memiliki kebutuhan mendesak, kamu bisa menjual emas dengan satuan kecil.

6. Tidak Memperhatikan Kemurnian Emas

emas batangan

Dalam berinvestasi emas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Salah satunya, kemurnian emas yang dibeli. Pastikan kamu membeli emas murni dengan kadar 99,99% karena dengan kadar tersebut emas akan lebih mudah untuk dijual kembali. [ Baca: 5 Alasan Kamu Perlu Berinvestasi Emas]

7. Membeli Terlalu Banyak Emas


Membelikan semua uang tabungan kamu untuk emas dan hanya menyisakan sedikit uang tunai, akan menyulitkan jika ada kejadian atau kebutuhan darurat. Pisahkan uang untuk investasi dan uang yang digunakan untuk biaya sehari-hari atau biaya kesehatan. Dengan begitu, emas dapat disimpan untuk investasi dan kebutuhan kamu pun terpenuhi.

Jika kamu belum memulai investasi, setelah mengetahui beberapa kesalahan di atas, kamu bisa menghindarinya saat memulai nanti. Sebaliknya, jika kamu sudah memulai untuk investasi, pastikan untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam memutuskan.

==========

Sementara untuk kamu yang masih mencari tempat terpercaya untuk membeli emas, kamu bisa membelinya di aplikasi mobile e-mas. Begitu pun jika kamu ingin membeli emas dengan dana yang masih terbatas, kamu bisa mulai membelinya di e-mas. Karena di e-mas, kamu bisa membeli emas mulai dari harga Rp10.000-an.

Karena emas yang kamu beli akan dititipkan pada aplikasi, kamu juga tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan. Kamu bisa membeli dengan nominal kecil hingga berat emas mencapai berat minimum yang dijual di pasaran.

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Setelahnya, kamu bisa atur untuk keperluanmu, bisa dijual atau diambil emasnya secara fisik. Jadi, investor pemula tidak perlu bingung lagi mencari tempat untuk membeli emas, di e-mas saja!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *