Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Emas

Jangan salah lagi, ya.
membeli emas

Membeli emas batangan dengan tujuan investasi terkadang bukan pekerjaan sederhana bagi sebagian orang. Akan lebih baik jika kamu memiliki teman atau kerabat yang pernah membeli emas sehingga kamu dapat berbagi pengalaman dengan mereka.

Namun, jika tidak, jangan membatalkan rencanamu untuk berinvestasi. Kamu bisa mencari petunjuk ke tempat-tempat terpercaya agar lebih memahami seperti apa dunia investasi, terlebih lagi emas batangan. Kamu bisa juga mencari banyak tips berinvestasi emas batangan seperti berikut ini.

1. Cari Informasi

 

Untuk memahami dan mendapat gambaran utuh mengenai dunia investasi logam mulia, terutama emas batangan, kamu harus membaca banyak referensi. Terlebih lagi, jika ini pertama kalinya kamu membeli emas. Kalau bisa, kamu juga harus banyak bertanya pada ahli keuangan.

Gali informasi sebanyak mungkin hingga kamu paham untung dan ruginya dalam berinvestasi emas batangan. [Baca: 5 Alasan Kamu Perlu Berinvestasi Emas ]

2. Memantau Harga Emas

beli emas

Agar investasimu nanti menguntungkan, kamu harus rajin memantau harga emas. Kamu harus tahu perubahan harga emas sehingga kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas. Jika kamu baru pertama kali membeli emas, kamu mungkin tidak akan memperhatikan perubahan harga tersebut.

Namun, seandainya pun kamu tidak memantau setiap hari, pastikan beberapa hari sebelum kamu membeli, kamu sudah memeriksa harga emas.

3. Bandingkan Harga

Harga emas antara satu tempat dan tempat lain bisa berbeda, loh! Harga emas dari PT ANTAM memang menjadi patokan, tetapi setiap toko atau penjual memiliki kebebasan untuk memainkan harga.

Oleh sebab itu, cari dan kunjungi beberapa tempat terpercaya dan bandingkan harga emas. Jangan hanya satu ukuranberat, tetapi lihat perbandingan harga untuk berbagai berat emas.

4. Perhatikan Reputasi Penjual

Membeli emas di tempat yang memiliki reputasi baik merupakan salah satu faktor penting dalam berinvestasi emas batangan. Bukan hanya untuk menjamin kualitas emas, tetapi juga untuk jaminan dalam menjual kembali emas tersebut.

Saat kamu memilih tempat untuk membeli emas, perhatikan pulamengenai sertifikat serta proses untuk menjual kembali emas tersebut.

5. Perhatikan Kemurnian Emas

Dalam berinvestasi emas batangan, pastikan emas yang kamu beli merupakan emas murni dengan kadar 99,99%. Emas dengan kadar seperti itu akan lebih mudah untuk dijual kembali. Jadi, periksa dan teliti baik-baik sebelum membeli, ya.

6. Pastikan Adanya Sertifikat

Emas batangan umumnya akan dilengkapi sertifikat. Oleh sebab itu, pastikan kamu juga mendapatkannya saat membeli. Adanya sertifikat memberi jaminan serta keamanan bahwa emas tersebut asli dan kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan sertifikat, kamu juga akan lebih mudah untuk menjual kembali emas yang kamu beli.

Sertifikat umumnya terdiri dari alamat resmi pembuat, tingkat kemurnian, berat, dimensi, serta kode seri emas jika tersedia. [Baca: 6 Pilihan Tempat untuk Menyimpan Emas ]

7. Beli Beragam Ukuran

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Emas batangan dijual dengan beragam ukuran berat dan ada baiknya kamu juga memiliki emas dalam berat yang berbeda. Bukan berarti kamu harus memiliki setiap satuan berat emas yang dijual, melainkan variasikan berat emas yang ingin kamu beli.

Jangan hanya membeli satu ukuran dan jangan pula habiskan uang kamu hanya untuk membeli emas. Hal ini agar kamu mudah untuk menjualnya kembali jika kamu sedang membutuhkan dana darurat.

==========

Sementara, jika kamu ingin membeli emas batangan, tetapi harga atau berat emas yang tersedia tidak sesuai dengan modalmu, kamu bisa membeli emas dalam jumlah kecil. Kini, ada banyak tempat yang menyediakan layanan seperti itu, salah satunya aplikasi e-mas. Kamu bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi emas secara online. Aktivitas jual dan beli emas dapat kamu lakukan hanya melalui ponselmu. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai tempat untuk menyimpan emas karena kamu dapat menitipkan emasmu di aplikasi e-mas. Saat emas kamu telah mencapai berat tertentu yang ada di pasaran, kamu dapat mengambilnya secara fisik atau menjualnya kembali. [Baca: Bagaimana Membeli Emas di E-mas? ]

Nah, jangan salah lagi jika membeli emas di masa depan, ya!

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *