Selain Uang, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Masa Pensiun

Sudah punya rencana pensiun?
Masa Pensiun

Sudah tahu kapan masa pensiun kamu tiba? Usia pensiun karyawan swasta bisa berkisar antara 57 tahun hingga mencapai 65 tahun. Kamu sudah punya rencana seperti apa masa pensiunmu kelak?

Selain uang yang perlu disiapkan dengan matang sejak muda, ada lima hal lain yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Lima hal ini akan mempengaruhi pula menyenangkan atau tidaknya masa pensiun kelak.

Nah, apa saja? Ini dia. 

Tempat Tinggal

Masa Pensiun

Salah satu persiapan pensiun yang sering dilupakan ialah tempat kamu tinggal saat tua. Kebanyakan orang mungkin sudah berencana untuk membeli rumah dan di sanalah merekaa berencana tinggal untuk waktu yang lama.

Namun, tidak sedikit juga yang ingin pindah tempat tinggal, bukan hanya pindah rumah. Misalnya, kamu bekerja di kota dan ingin saat pensiun kembali ke kampung halaman atau tinggal di daerah yang berbeda.

Semua kemungkinan bisa saja terjadi, yang pasti kamu perlu memikirkan dengan baik apakah lokasi tempat tinggalmu sekarang akan tetap sama hingga masa pensiun tiba? Jika tidak, kamu perlu menyiapkan semua yang dibutuhkan dari sekarang.

Pilihan tempat tinggal ini memang tidak terlihat sebagai sesuatu yang terlalu penting. Namun, tempat tinggalmu kelak bisa saja menentukan menyenangkan atau tidaknya masa pensiun. Selain itu, pilihan tempat tinggal bisa mempengaruhi senyaman apa kamu menjalani hari-hari tua.

Aktivitas Sosial

Masa Pensiun

Masa pensiun akan membuat kamu sulit untuk bertemu dengan banyak orang baru. Kamu tidak lagi seperti dulu yang berangkat kerja dan bertemu dengan teman-teman setiap hari. Akan ada banyak kendala ketika pensiun untuk berkumpul atau sekadar bertemu.

Saat ini, kamu mungkin berpikir tidak masalah jika tidak bisa bertemu dengan orang-orang baru atau teman-temanmu. Namun, minimnya interaksi sosial di masa pensiun bisa membuat hari-hari tuamu menjadi membosankan dan bahkan bisa menimbulkan kesepian.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan mentalmu. Oleh sebab itu, pikirkan dan rencanakan seperti apa masa pensiunmu kelak. Untuk menjaga kamu tetap memiliki teman kumpul atau kegiatan, kamu bisa mulai bergabung dengan komunitas hobi.

Bisa juga mencoba berbagai keterampilan baru yang membawa kamu pada lingkungan dan pertemanan yang lebih luas. Jika kamu membangun koneksi dan pertemanan dari sekarang, kamu mungkin akan memiliki teman dan kesibukan lebih banyak saat tua.

Gaya Hidup di Usia Pensiun

Masa Pensiun

Ingin memastikan gaya hidup saat muda berlanjut hingga masa pensiun? Itu artinya kamu perlu menyiapkan uang sangat banyak. Hal ini karena nilai uang bisa saja naik berkali-kali lipat di masa depan.

Jika berhasil mencapai target dana pensiun, kamu sukses. Namun, kamu juga perlu menyiapkan rencana terburuk. Seandainya uang yang disiapkan terlalu banyak, cobalah turunkan sedikit gaya hidupmu.

Mengubah gaya hidup yang sebelumnya serba ada menjadi gaya hidup hemat tentu bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, kamu perlu membiasakan diri dari sekarang. Meski saat ini masih ada uang, berlatih dari sekarang membantu kamu agar tidak terkejut saat masa pensiun tiba. Anggap saja, kamu sudah masuk ke dalam masa persiapan pensiun.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik dan lebih hemat. Selain uang yang bisa disimpan untuk masa depan lebih banyak, hidup sederhana bisa membantu kamu lebih cermat dalam mengelola pengeluaran.

Kesehatan

Masa Pensiun

Usia pensiun kamu barangkali masih lama sehingga belum terpikir biaya kesehatan yang perlu ditanggung di masa depan. Namun, yang perlu diingat biaya kesehatan bisa sangat mahal tidak hanya saat ini, tapi juga di masa depan kelak.

Meski tidak ada yang ingin sakit, kamu perlu melakukan persiapan dari sekarang. Selain uang untuk pengobatan, lakukan juga pencegahan yang bisa kamu mulai dari muda. Terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga tubuh tetap kuat hingga tua.

Mulailah berolahraga dengan rutin dan konsumsi makanan yang sehat. Selain itu, jaga pola hidup agar terhindari dari penyakit. Jika sudah memulainya dari sekarang, kamu bisa berharap tetap sehat meski sudah tua.

Sebagai jaga-jaga pula, siapkan asuransi kesehatan tubuh dan jiwa untuk hari tua. Kamu juga bisa menyiapkan beberapa asuransi kesehatan, terutama untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Kegiatan Mengisi Masa Pensiun

Masa Pensiun

Ini merupakan persiapan masa pensiun paling penting. Kegiatan apa yang akan lakukan di masa tua akan menentukan menyenangkan atau tidaknya hari-harimu di masa depan. Kamu punya banyak waktu untuk memutuskan.

Namun, jangan tunggu pensiun baru merencanakan. Jika bisa, pikirkan dari sekarang karena bisa saja kamu membutuhkan modal untuk memulainya setelah pensiun. Misalnya, jika ingin memulai usaha sendiri, ada baiknya siapkan modal dari sekarang. 

Selain itu, mulailah jalani bisnis beberapa tahun sebelum kamu pensiun sebagai persiapan. Dengan begitu, saat pensiun, bisnis tersebut sudah lebih stabil secara operasional dan finansial. 

Begitu pun jika kamu berencana untuk tetap bekerja setelah pensiun. Pikirkan pekerjaan apa yang ingin dilakukan dan dari mana memulainya. Merencanakannya dari sekarang akan memberi hasil yang lebih baik daripada memulai ketika sudah pensiun.

Jika kamu berencana hanya akan menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga, kamu juga memerlukan kegiatan agar tidak mudah bosan. Mulailah hobi atau keterampilan baru sebagai kesibukan yang akan kamu tekuni kelak.

 

=========

Menikmati masa sekarang merupakan hal yang penting, tapi menyiapkan hari tua tidak boleh dilupakan. Agar kamu bisa tetap senang dan sejahtera hingga tua, pilihan yang dipunya hanya menyiapkan semua aspek dari sekarang!

Jadi, apa yang sudah kamu siapkan untuk masa pensiun?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *