Ini 3 Tips Mulai Investasi yang Harus Kamu Tahu

Tiga hal penting untuk kamu yang baru memulai investasi.
Tips Mulai Investasi

Untuk pemula, investasi seringkali dianggap sebagai bidang yang menyulitkan. Tidak sedikit pula yang ragu untuk berinvestasi lalu pada akhirnya niat tersebut hanya menjadi wacana. Namun, memulai sesuatu yang baru sangat wajar jika diikuti dengan keraguan dan berbagai pertanyaan. Yang terpenting, jangan sampai kekhawatiran tersebut membatalkan niat awal kamu.

Keraguan tersebut bisa jadi karena kamu tidak mengerti bagaimana harus memulai atau khawatir dengan risiko yang harus ditanggung jika investasi mengalami kegagalan. Minimnya informasi dan pengetahuan memang dapat menambah kekhawatiran, bahkan sebelum kamu mencobanya. Ada pula yang bingung karena terlalu banyaknya pilihan hingga sulit memutuskan.

Nah, untuk menghindari semua itu, berikut ini ada 3 tips mulai investasi yang perlu kamu ketahui agar tak lagi bingung untuk mulai menginvestasikan uang kamu.

1. Gali Informasi

tips memulai investasi
Era millennial menyediakan banyak informasi bagi siapa pun yang mencari. Karena itu, carilah informasi mengenai investasi sebanyak mungkin. Pahami dengan baik dan jika perlu tanyakan pada ahli agar tidak mengambil keputusan yang salah. [Baca: 4 Cara Berinvestasi Dengan Gaji Kecil ]

Bertanya pada teman atau keluarga yang telah memiliki pengalaman juga dapat menjadi salah satu cara. Setelah memahami pilihan yang tersedia dengan untung dan ruginya, kamu dapat menyesuaikan investasi dengan kebutuhan juga dana yang dimiliki.

2. Tentukan Tujuan

tips memulai investasi
Sebelum berinvestasi, barangkali kamu sudah mendapat bayangan mengenai mengapa dan apa yang ingin dicapai dari aktivitas investasi yang akan kamu lakukan. Namun, setelah benar-benar memahami pilihan dan konsekuensi dari sebuah investasi, kamu dapat merumuskan kembali tujuan berinvestasi.

Untuk keuntungan, simpanan, atau sekadar coba-coba? Dengan menentukan tujuan investasi, kamu dapat menghitung perkiraan biaya serta waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Satu lagi, kamu juga dapat memperkirakan kerugian seandainya investasi tersebut mengalami kendala.

3. Pilih Produk Investasi yang Aman

investasi emas
Memilih produk investasi barangkali adalah bagian yang tersulit. Segala informasi dan tujuan yang sudah ditentukan seharusnya dapat memudahkan kamu untuk memilih produk investasi. Salah satu yang penting untuk menjadi prioritas ialah memilih produk investasi yang aman, seperti emas batangan atau logam mulia.

Membeli perhiasan sebagai simpanan mungkin sudah biasa, tetapi berinvestasi emas batangan cenderung lebih menguntungkan dibandingkan perhiasan. Investasi emas juga aman dengan risiko lebih kecil. Salah satu produk logam mulia yang biasa ditemukan di Indonesia adalah produksi PT ANTAM. Saat ini, ada banyak toko emas yang menjual emas ANTAM. Namun, jika kamu baru pertama kali mencoba bertransaksi emas, kamu dapat melakukan pembelian di aplikasi e-mas.

==========

e-mas sendiri merupakan aplikasi bertransaksi emas yang dilakukan secara digital. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membeli atau menjual emas seperti toko emas pada umumnya. Bedanya, kali ini aktivitas tersebut dapat dikendalikan dari sebuah aplikasi.

Kamu bisa membeli emas mulai dari 0,02 gram atau sekitar Rp10.000,-. Kamu bisa mengumpulkan emas hingga mencapai berat emas fisik yang tersedia di pasaran lalu mengambil emas dalam bentuk fisik ataupun menjualnya sesuai kebutuhan. [Baca: 4 Cara Dapatkan Emas Gratis di Aplikasi e-mas ]

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Dengan melakukan transaksi secara digital, keuntungan lain yang didapat, kamu tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan. Menyimpan emas kadang sulit bagi sebagian orang, sedangkan menyimpannya di tempat tertentu akan mengeluarkan biaya tambahan. Karena itu, bertransaksi emas secara digital memberi banyak kemudahan untuk berinvestasi.

Nah, setelah ini jangan bingung lagi dan segera tentukan pilihan investasimu, ya!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *