15 Cara Jitu Memangkas Pengeluaran

Yuk, berhemat!
Memangkas Pengeluaran

Uang terus-terusan habis tidak jelas? Ini saatnya kamu harus memangkas pengeluaran dengan serius. Uang yang habis tanpa jejak merupakan salah satu tanda ada banyak pengeluaran yang dilakukan, tapi belum tentu semua diperlukan.

Sebelum uang kamu tidak bersisa dan menumpuk barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, kamu harus merapikan keuangan dan memangkas pengeluaran harian hingga bulanan. 

Karena memangkas pengeluaran bukan hal yang mudah, kamu perlu melakukannya dengan rutin dan terencana. Gunakan lima belas cara di bawah ini untuk memastikan pengeluaran yang tidak penting dihentikan dan agar uang kamu bisa selamat!

1. Biasakan Bawa Dana Tunai 

Memangkas Pengeluaran

Terbiasa bawa kartu kredit atau ATM setiap saat? Sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Jika tidak ada kebutuhan untuk membayar sesuatu yang mendesak, cukup bawa uang tunai.

[Baca: Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Gaji Pertama Turun ]

Sediakan anggaran dana tunai untuk acara yang didatangi dan dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran. Dengan begini, kamu juga tidak akan mudah tergoda untuk belanja karena uang yang dibawa terbatas.

2. Tentukan Biaya untuk Setiap Pengeluaran

Memangkas Pengeluaran

Agar pengeluaran tercatat dengan baik, kamu bisa mengalokasikan uang untuk setiap pengeluaran di awal bulan. Kamu bisa mendata semua pengeluaran harian dan bulanan yang wajib dilakukan lalu pisahkan sejumlah uang sesuai dengan yang diperlukan.

[Baca: Kapan Waktu yang Tepat untuk Apply Kartu Kredit Pertama Kamu? ]

Pengeluaran yang terencana seperti ini bisa menghindarkan kamu membelanjakan uang hal-hal yang tidak perlu karena semua didata terlebih dahulu. Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan seberapa berapa banyak pengeluaran setiap bulannya.

3. Gunakan Layanan Autodebit

Memangkas Pengeluaran

Susah untuk menabung? Cobalah gunakan layanan autodebit yang disediakan oleh bank. Dengan layanan ini, gaji yang diterima bisa langsung dipisahkan untuk ditabung. Jadi, kamu bisa menabung dengan rutin setiap bulannya.

[Baca: 4 Cara Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung ]

Setelah uang terdebit, sisa uang bisa kamu gunakan untuk belanja dan pengeluaran bulanan lainnya. Keuangan pun bisa dikelola dengan lebih baik dan setelah terbiasa kamu bisa memiliki keuangan yang lebih sehat dan siembang.

4. Biasakan Bawa Bekal dari Rumah

Memangkas Pengeluaran

Cara menghemat uang harian yang bisa dilakukan salah satunya dengan membawa bekal makanan dari rumah ke kantor. Selain lebih sehat dan terjamin kebersihannya, kamu juga bisa meminimalkan biaya makan bulanan.

Meskipun terlebih sederhana, biaya makan harian bisa memakan porsi pengeluaran yang cukup besar, lho. Apalagi kamu bisa lebih mudah tergoda untuk jajan makanan atau minuman lain yang akhirnya memperbesar pengeluaran.

5. Kurangi Jajan

Memangkas Pengeluaran

Kamu paling sering jajan apa, nih? Jajan kopi atau camilan mungkin dalam satu hari tidak terasa besar, tapi jika kamu kalikan dalam satu bulan, biaya yang dikeluarkan bisa sangat besar. 

Karena itu, jika kamu ingin memangkas pengeluaran harian dan bulanan, cobalah untuk mengurangi biaya jajan sehari-hari. Uang jajan itu bisa kamu simpan untuk dana cadangan atau dana darurat sehingga bisa lebih bermanfaat.

6. Hemat Penggunaan Internet

Memangkas Pengeluaran

Internet saat ini juga menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Biaya internet juga pasti memiliki anggaran tersendiri setiap bulannya. 

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa menggunakannya dengan boros. Internet yang cepat habis berarti kamu harus mengeluarkan uang dua kali atau lebih untuk membelinya lagi.

Coba bayangkan jika kamu bisa menghemat pemakaian internet, pastinya kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Oleh sebab itu, matikan paket data internet kamu jika tidak dibutuhkan. Dengan begitu, internet bisa bertahan hingga akhir bulan.

7. Kurangi Melihat Akun Belanja Online

Memangkas Pengeluaran

Cari tahu tentang diskon atau tren terbaru bukan hal yang salah, tapi jika kebiasaan tersebut membuat kamu lebih mudah tergoda untuk belanja, sebaiknya cobalah untuk mengurangi.

Kadang, hanya dengan melihat baju atau sepatu bagus membuat kamu lupa kalau sebenarnya kamu tidak membutuhkan barang tersebut.

Sebagai tindakan pencegahan, kamu bisa berhenti mengikuti akun belanja online di media sosial atau kurangi berselancar di media sosial. Bisa juga pilih fitur mute untuk akun belanja online agar kamu tidak perlu melihat info terbaru mereka setiap saat.

8. Manfaatkan Diskon

Memangkas Pengeluaran

Ingin lebih hemat? Belanja barang yang dibutuhkan ketika diskon. Diskon besar-besaran yang diadakan setiap tahun atau saat momen tertentu, seperti hari raya kemerdekaan, akhir tahun, atau lebaran bisa kamu manfaatkan.

Agar tidak kalap, data terlebih dahulu barang dan kebutuhan lain yang ingin dibeli. Sesuaikan pengeluaran tersebut dengan biaya bulanan kamu dan yang pasti jangan melihat barang lain yang tidak ada dalam daftarmu.

9. Biasakan Masak Makanan Sendiri

Memangkas Pengeluaran

Selain rajin membawa bekal, masak makanan sendiri juga bisa lebih hemat, lho. Selain kamu bisa menghemat belanja bulanan, kualitas makanan untuk keluarga bisa lebih terjamin.

Kamu bisa menganggarkan uang untuk belanja bahan makanan selama satu minggu. Data bahan makanan yang akan dibeli atau jika perlu menu masakan setiap harinya. Jadi, pengeluaran biaya makan bisa lebih teratur setiap harinya. 

10. Beralih ke Transportasi Umum

Memangkas Pengeluaran

Naik taksi ke mana pun mungkin memang lebih praktis, tapi coba deh naik transportasi umum kamu bisa lebih menghemat pengeluaran, lho.

Apalagi saat ini, ada banyak transportasi online yang menyediakan banyak diskon dan penawaran menarik lainnya. Promo dan diskon tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran sekaligus mendapat keuntungan lain saat beraktivitas.

11. Beli Voucher Diskon Makanan

Memangkas Pengeluaran

Saat ada diskon besar-besaran, seperti Harbolnas kamu juga bisa berburu voucher diskon makanan. Voucher ini bisa kamu gunakan saat pergi dengan teman atau ketika kamu bosan dengan masakan rumah.

Beli voucher makanan bisa lebih murah dan menguntungkan dibandingkan kamu makan dan bayar dengan cara biasa. Kamu bisa makan menu masakan yang disuka, tapi dengan harga miring.

12. Selalu Bandingkan Harga

Memangkas Pengeluaran

Selalu ingat saat belanja online untuk rajin-rajin membandingkan harga. Karena satu barang bisa dijual di banyak tempat dengan harga yang berbeda, membandingkan harga bisa membantu kamu mendapat harga terbaik.

Langkah ini mungkin bisa membuat ribet untuk orang yang tidak punya banyak waktu, tapi jika kamu ingin lebih hemat tidak ada salahnya membandingkan harga minimal di dua atau tiga tempat. 

13. Nikmati Hiburan Murah yang Berkualitas

Memangkas Pengeluaran

Pergi main dengan teman atau mencari hiburan saat sendiri, tidak harus ke mal atau restoran. Kamu bisa menikmati hiburan berkualitas lain yang tidak membutuhkan banyak uang.

Misalnya saja, kamu pergi ke galeri, festival atau pameran, pusat kebudayaan negara luar yang sering menggelar nonton film gratis.

Selain bisa menghemat uang, kamu juga bisa mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi dan mendapatkan pengalaman serta teman baru.

14. Gunakan Barang yang Sudah Ada

Memangkas Pengeluaran

Sebelum membeli barang baru, cobalah lihat terlebih dahulu barang yang sudah kamu miliki karena siapa tahu kamu sudah memilikinya. Minimal, jika tidak ada yang sama persis, ada barang yang bisa menggantikan fungsi barang yang ingin kamu beli.

Dengan begini, kamu bisa memangkas pengeluaran dan tidak menumpuk barang di rumah. Uang bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain dan barang yang sudah dibeli pun bisa digunakan secara maksimal.

15. Semakin Sehat dengan Rajin Berolahraga 

Memangkas Pengeluaran

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Selain biaya rumah sakit dan pengobatan yang semakin mahal, menjadi sakit membuat kamu tidak bisa melakukan banyak hal. Kamu menjadi terbatas secara fisik atau mental sehingga menyulitkan dalam beraktivitas.

Oleh sebab itu, sebelum penyakit menumpuk di badan, mulailah menjaganya dengan lebih baik. Mulailah untuk rutin berolahraga, usahakan banyak bergerak, jaga pola makan, dan tetap berpikir positif.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *