10 Resolusi Keuangan yang Wajib Kamu Wujudkan di Tahun Baru Ini

Apa resolusi kamu tahun ini?
Resolusi Keuangan

Sudah punya resolusi keuangan baru untuk tahun ini? Meskipun tidak wajib, membuat resolusi bisa membantu kamu, lho. Salah satunya, bisa memberi arah yang lebih jelas mengenai apa yang harus kamu capai tahun ini.

Resolusi keuangan jangan dijadikan beban, tetapi tujuan keuangan selama satu tahun berjalan ini. Ada tujuan, tentu ada alasan kenapa ingin mencapainya. Alasan inilah yang menjadikan kamu semangat untuk mewujudkan tujuan atau resolusi keuangan.

Nah, di antara banyaknya resolusi yang bisa dibuat, kamu tidak boleh melewatkan sepuluh resolusi keuangan di tahun baru berikut ini! Apa saja?

Biasakan Membuat Anggaran Keuangan Bulanan

Resolusi Keuangan

Tahun sebelumnya sudah belajar pentingnya anggaran bulanan, tahun ini kamu harus memantapkan hati untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. Membuat anggaran keuangan bulanan baik untuk keuanganmu secara keseluruhan.

Pemasukan dan pengeluaran menjadi lebih jelas, alokasi dana untuk berbagai pengeluaran dan kebutuhan pun bisa lebih terjamin. Yang terpenting, dengan anggaran keuangan yang rapi setiap bulannya, kamu menjadi lebih mudah melakukan evaluasi.

Jadi, gajian bulan ini sudah bisa membuat anggaran bulanan, bukan? Jangan lupa juga, kamu tidak hanya membiasakan membuat anggaran, tetapi juga membiasakan diri untuk disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat. Bisa?

Meningkatkan Nilai Tabungan

Resolusi Keuangan

Punya target nilai tabungan? Tahun ini target tersebut harus terwujud. Target nilai tabungan sebaiknya realistis dan bisa kamu wujudkan. Kamu perlu memperhitungkan pemasukan dan berapa banyak yang bisa ditabung setiap bulan. 

Setelah itu, tentukan nilai yang ingin kamu dapatkan di akhir tahun. Agar kamu berhasil mencapainya, usahakan menabung di awal setelah menerima gaji. Jika perlu, gunakan layanan autodebit. 

Tabungan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk banyak keperluan di masa depan, seperti investasi, membeli sesuatu yang dibutuhkan, sebagai dana darurat, atau bahkan kamu gunakan untuk dana pensiun.

Menghentikan Kebiasaan Konsumtif

Resolusi Keuangan

Resolusi keuangan berikutnya yang harus kamu wujudkan ialah menghentikan pengeluaran yang tidak berguna. Meskipun terlihat sederhana, resolusi sangat berpengaruh terhadap keuanganmu nantinya.

Pengeluaran yang jelas dan terencana bisa membuat kamu terhindari dari sikap boros. Uang pun bisa dimanfaatkan lebih baik. Karena itu, kamu perlu mengubah gaya hidup dan kebiasaan belanja yang selama ini dilakukan.

Caranya bisa, membuat daftar setiap akan berbelanja, buat anggaran yang ketat untuk belanja barang, atau buat pengingat setiap akan berbelanja. 

Melunasi Utang 

Resolusi Keuangan

Sudah tahun baru masih punya utang? Ini saatnya untuk serius membayar utang, apalagi jika utang tersebut merupakan utang buruk. Memiliki utang dalam jangka panjang tidak akan baik untuk keuangan dan rencana masa depanmu.

Jadi, usahakan yang terbaik untuk segera melunasinya. Buatlah prioritas pengeluaran setiap bulan, buang pengeluaran yang tidak perlu, berhemat dalam berbelanja, dan alokasikan uang untuk membayar utang.

Disiplin Tidak Lagi Membuat Utang

Resolusi Keuangan

Selain resolusi keuangan melunasi utang, untuk kamu yang sudah terbebas harus bersungguh-sungguh untuk tidak lagi berutang. Utang memang tidak semuanya buruk, tapi yang pasti utang tidak produktif harus dihentikan.

Utang yang tidak menghasilkan atau memberi manfaat apa pun hanya akan menambah beban keuanganmu. Jadi, jika kamu ingin membeli ponsel canggih keluaran terbaru, cobalah untuk menabung terlebih dahulu daripada berutang.

Mulai atau Tambah Investasi

Resolusi Keuangan

Sudah mencoba berinvestasi? Atau justru belum pernah sama sekali? Resolusi keuangan 2020 ini, kamu harus menambah investasi bagi yang sudah pernah dan mencoba untuk berinvestasi bagi yang belum.

Investasi memiliki banyak keuntungan dan akan lebih menguntungkan jika dimulai dari sekarang. Jika khawatir akan rugi, kamu bisa mencoba produk berisiko rendah, seperti reksa dana pasar uang, deposito, atau emas batangan.

Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Investasilah saat muda, saat kamu masih memiliki penghasilan dan belum banyak tanggungan.

Siapkan Dana Darurat

Resolusi Keuangan

Kamu belum memiliki dana darurat? Tahun ini tentukan dana darurat yang dibutuhkan dan tentukan jangka waktu untuk mewujudkannya. Dana darurat bisa menjadi pelindung keuanganmu di saat darurat. Jadi, dana ini tidak boleh kamu abaikan.

Untuk menyiapkannya, pertama kamu harus tahu jumlah pengeluaran bulananmu. Setelah itu, siapkan dana darurat sebanyak tiga hingga enam kali pengeluaran bagi yang belum menikah.

Enam hingga sembilan kali bagi yang sudah menikah dan belum punya anak. Sementara yang sudah memiliki anak, siapkan dana darurat dua belas kali pengeluaran atau lebih.

Kumpulkan Dana Pensiun

Resolusi Keuangan

Selain dana darurat, dana pensiun juga harus mulai disiapkan tahun ini. Pensiun membutuhkan dana yang besar. Oleh sebab itu, memulainya dari sekarang merupakan pilihan yang tepat. 

Kamu masih belum banyak beban keuangan, jangka waktu pun masih panjang, dan kamu bisa memulainya dengan nominal yang kecil.

Dana pensiun bisa saja dalam bentuk tabungan, lalu investasikan tabungan tersebut. Ada banyak produk investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Bisa juga, kamu menitipkannya ke suatu lembaga untuk dana pensiun.

Rencanakan Jenjang Karir 

Resolusi Keuangan

Masih belum puas dengan karir kamu? Atau ada mimpi yang belum diwujudkan? Tahun ini barangkali waktu yang terbaik untuk merencanakan ulang masa depanmu. Kamu bisa mengevaluasi karirmu selama ini.

Kekurangan dan harapan yang diinginkan serta langkah yang perlu diambil untuk mengatasinya. Evaluasi ini tidak hanya untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bekerja, tetapi juga agar kamu lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Mulai Berbisnis

Resolusi Keuangan

Mau meningkatkan penghasilanmu? Selain kerja sampingan, kamu juga bisa mulai berbisnis atau buka usaha sendiri. Keuntungannya bisa dalam waktu jangka panjang, bahkan bisa menjadi sumber penghasilan setelah pensiun.

Berbisnis dari muda juga lebih menguntungkan karena kamu masih penuh dengan tenaga dan ide-ide baru. Jika ada kegagalan atau kesalahan yang perlu diperbaiki, kamu masih punya cukup waktu untuk menyempurnakannya.

========

Resolusi adalah target yang perlu dicapai, tapi tidak boleh dijadikan sebagai beban. Wujudkan dengan hati senang karena kamu sedang berusaha mencapai impian. 

Pola pikir seperti itu merupakan salah satu cara membuat resolusi keuangan menjadi lebih mudah untuk dijalani dan diwujudkan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *