4 Tips Jual Kembali Emas Batangan dan Emas Perhiasan

Agar jual emas juga menguntungkan.
Tips Jual Kembali Emas

Menjual emas terkadang menjadi pilihan yang tidak terhindarkan bagi sebagian orang, entah itu menjual emas batangan ataupun perhiasan emas. Emas sendiri baik emas batangan, maupun emas perhiasan memiliki sifat likuid sehingga kamu bisa mendapatkan uang dengan cepat ketika menjualnya kembali.

Namun, dalam berinvestasi emas yang penting bukan hanya membeli dengan harga rendah, melainkan juga menjualnya dengan harga terbaik. Nah, untuk mendapatkan harga terbaik pastikan kamu melakukan empat tips jual kembali emas berikut ini.

1. Emas Harus Memiliki Sertifikat

Tips Jual Kembali Emas

  • Emas Batangan

Untuk emas batangan, sertifikat menjadi faktor penting jika kamu ingin mendapatkan harga yang tinggi ketika menjual emas. Hal ini karena sertifikat merupakan pernyataan yang bisa menjamin keaslian dan kemurnian emas. Oleh sebab itu, sebelum membeli, pastikan emas memiliki sertifikat dan simpan sertifikat dengan baik. [Baca: 7 Tempat Terpercaya Jual Emas Antam ]

  • Emas Perhiasan

Berbeda dengan emas batangan, sertifikat perhiasan emas sering kali hanya dinyatakan melalui nota kecil dari toko emas. Meski begitu, nota tersebut tetap harus kamu simpan dan jaga dengan baik karena kamu akan membutuhkannya ketika menjual.

2. Ketahui Harga dan Kadar Emas

Tips Jual Kembali Emas

  • Emas Batangan

Tips jual kembali emas batangan yang perlu kamu perhatikan berikutnya ialah pastikan kamu memantau harga emas. Dengan memantau harga, kamu tahu kapan waktu terbaik untuk menjual emas. Namun, jika kamu menjual emas batangan setelah lima atau sepuluh tahun, kamu bisa sedikit tenang karena harga emas kemungkinan sudah naik secara signifkan. [Baca: Beli Emas di e-mas atau Beli Emas Langsung, Mana yang Kamu Pilih? ]

Sementara untuk kadar emas batangan, bisa kamu pastikan melalui sertifikat yang dimiliki. Pastikan emas batangan memiliki kadar kemurnian 99,99% jika tidak harga jual kembali emas bisa sangat murah.

  • Emas Perhiasan

Perhiasan emas barangkali tidak terlalu menguntungkan ketika dijual kembali. Pertama, selain karena perhiasan emas umumnya tidak memiliki kadar emas 100%, emas yang dijual juga akan dipotong oleh biaya produksi. Dengan begitu, emas bisa dihargai lebih rendah dibandingkan ketika kamu membelinya.

Selain itu, kenaikan harga emas sering kali tidak berpengaruh kapan pun kamu menjual emas. Jika kamu menjual emas di toko tempat kamu membelinya, kamu akan mendapatkan harga emas sama seperti kamu membelinya lalu dikurangi biaya produksi.

3. Pilih Tempat untuk Menjual Emas

Tips Jual Kembali Emas

  • Emas Batangan

Emas batangan asli Antam memiliki beberapa pilihan tempat jika kamu ingin menjualnya. Selain Antam dan gerainya, kamu bisa menjual emas ke Pegadaian atau toko emas online, seperti ORORI. Dengan begini, kamu bisa membandingkan harga di tempat-tempat tersebut demi mendapatkan harga buyback terbaik. [Baca: Pajak Emas Batangan dan Emas Perhiasan, Cari Tahu Perbedaannya di Sini! ]

  • Emas Perhiasan

Sebaliknya, untuk perhiasan, kamu bisa menjual kembali emas ke toko tempat kamu membeli dan mendapatkan potongan lebih rendah. Bisa juga, kamu menjualnya di toko lain dengan risiko kemungkinan mendapatkan potongan biaya produksi lebih besar.

4. Perbedaan Keuntungan Emas Batangan dan Perhiasaan

Tips Jual Kembali Emas

  • Emas Batangan

Seperti yang sudah banyak disebutkan, emas batangan merupakan investasi jangka panjang. Dengan demikian, kamu akan sulit mendapat keuntungan yang besar dalam waktu satu atau dua tahun. Untuk mendapatkan selisih harga beli dan jual yang tinggi, sebaiknya jual emas batangan milikmu setelah lima atau sepuluh tahun. [Baca: Gadai atau Jual Emas, Mana yang Lebih Baik Saat Butuh Dana Mendesak? ]

  • Emas Perhiasan

Emas perhiasan di beberapa tempat, tidak dijual mengikuti perkembangan naik turunnya harga emas. Sangat kecil kemungkinan kamu mendapatkan keuntungan dengan  menjual emas perhiasan. Kemungkinan terbaik hanyalah kamu mendapatkan potongan rendah sehingga uang kamu tidak terlalu banyak berkurang ketika menjual kembali perhiasan.

 

=========

Menjual emas batangan secara fisik memang perlu memperhatikan beberapa hal seperti tips jual kembali emas di atas. Namun, menjual emas batangan tidak selamanya rumit. Jika ingin mudah, kamu bisa menjualnya melalui aplikasi jual beli emas, seperti aplikasi e-mas. Namun, sebelumnya buat akun di aplikasi e-mas terlebih dahulu, ya. [Baca: Libur Lebaran: Aplikasi e-mas Tidak Melayani Penjualan dan Ambil Emas Fisik ]

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Di aplikasi e-mas ini, emas yang kamu beli akan dititipkan di aplikasi dan dapat kamu ambil secara fisik saat sudah mencapai berat yang ada di pasaran. Kamu juga bisa menjualnya kapan pun ketika membutuhkan uang tunai.

Nah, apakah kamu sudah berencana menjual emas milikmu?

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *