Belanja Online Lebih Aman dengan 6 Cara Ini

Kini, kamu bisa berbelanja dengan tenang.
belanja online

Belanja online sudah menjadi kegiatan yang sangat mudah saat ini. Semua benda dan kebutuhan bisa kamu dapatkan tanpa harus pergi jauh atau berkeliling suatu tempat. Kamu hanya perlu memesan pada toko online, benda dipaketkan dalam beberapa hari, dan selesai.

Meski ada keluhan dan masalah terkait kualitas produk atau pengiriman, semua itu tidak menyurutkan niat orang-orang untuk belanja online

Agar tak jadi korban penipuan, Berikut 6 tips aman belanja online yang bisa kamu praktekkan.

1. Pilih Situs dengan Reputasi Baik

Tips Belanja Online

Ada banyak situs belanja online, tapi pilihlah yang memiliki reputasi terbaik. Hasil review dan komentar orang-orang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih suatu situs belanja. Kamu juga bisa bertanya pada teman-temanmu yang memiliki pengalaman belanja online agar kamu mendapat gambaran seperti apa berbelanja di situs tersebut.

Selain itu, kamu bisa melihat apakah suatu situs aman untuk bertransaksi dengan melihat URL website situs tersebut. Website yang memiliki fitur keamanan yang baik dimulai dengan https:// dan terdapat gambar gembok atau kunci di address bar. [Baca: Merasa Boros? Ikuti 6 Langkah Ini Agar Uangmu Tidak Habis Sia-Sia ]

2. Jangan Percaya Harga Murah

tips belanja online

Semua orang akan mudah tertarik dengan benda berharga murah. Terlebih lagi, jika benda tersebut sudah lama menjadi incaran kamu. Meski begitu, jangan mudah percaya bila sebuah toko online menaruh harga yang sangat rendah.

Ingat, ada harga, ada kualitas. Cek situs lain atau tanya pada teman kamu yang paham mengenai kualitas barang tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. [Baca: Rencana Keuangan yang Harus Kamu Buat Saat Usiamu 25 Tahun ]

3. Perhatikan Peraturan dan Kebijakan Toko Online

tips belanja online

Kebijakan dan ketentuan situs terkait proses pembelian suatu barang menjadi faktor penting yang harus kamu perhatikan. Ada banyak komponen yang perlu kamu ingat, misalnya, kententuan terkait pemesanan barang, pembayaran, atau lama pengiriman.

Perhatikan pula aturan terkait gagalnya transaksi apakah uang kamu akan kembali 100% atau tidak. Seandainya ada hal yang tidak tercantum dalam kebijakan situs, jangan ragu untuk bertanya. Kejelasan yang terkait dengan proses pembelian harus menjadi prioritasmu sebelum mengeluarkan uang. [Baca: 5 Tips Belanja Online Saat Musim Diskon Agar Tidak Kalap]

4. Bandingkan Harga

tips memulai investasi

Satu benda dapat memiliki harga berbeda di beberapa situs belanja online. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru untuk memesan suatu produk.

Ada banyak toko online dengan kualitas dan harga yang berbeda pula. Lakukan perbandingan dan kalau bisa tanyakan langsung pada situs mengenai harga, diskon, kualitas, serta bahan benda tersebut. [Baca: 5 Tips Mengelola Gaji yang Efektif]

5. Bicara Langsung dengan Sales

tips belanja online

Jika situs menyediakan fitur “Chat” tidak ada salahnya untuk kamu manfaatkan. Kamu bisa bertanya seputar produk ataupun ketentuan yang berlaku pada situs itu. Kamu juga bisa bertanya mengenai diskon atau promo yang sedang diadakan.

Yang terpenting, bicara langsung dengan karyawan toko online harus dapat memberimu gambaran jelas terkait keamanan dalam berbelanja. Jika jawaban karyawan tidak memuaskan atau meragukan, jangan memaksakan diri untuk membeli.

6. Jangan Memberikan Data Pribadi

tips aman belanja online

Menjaga data diri di dunia maya sama pentingnya dengan menjaga diri sendiri di dunia nyata. Jangan berikan data lengkapmu saat berbelanja atau saat mengikuti survei. Belanja online seharusnya tidak membutuhkan data seperti tempat dan tanggal lahir atau pendidikanmu. Jadi, waspadalah jika menemukan situs yang menuntut kamu untuk memberikan data diri lengkap.

==========

Nah, jika kamu mencari tempat untuk berbelanja emas, sekarang kamu juga bisa melakukannya secara online, loh! Caranya, membeli emas menggunakan aplikasi e-mas. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan jual beli emas secara online.

Kamu bisa belanja emas mulai dari harga Rp10.000,-an lalu mengambilnya secara fisik setelah mencapai berat tertentu. Kamu juga bisa menjual emas tersebut melalui aplikasi e-mas dan mendapatkan uangnya.

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Selama emas belum kamu ambil atau jual, semua emas yang sudah kamu beli akan dititipkan pada aplikasi tersebut. Sangat mudah, bukan? Yang pasti, berbelanja emas di aplikasi e-mas aman dan praktis untuk dijadikan pilihan.

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *