Ingin Pensiun Muda? Segera Siapkan 8 Sumber Penghasilan Pasif Ini

Apakah kamu memiliki sumber penghasilan ini?
Penghasilan Pasif

Pernah dengar penghasilan pasif? Penghasilan pasif ialah jenis penghasilan yang akan tetap bisa kamu dapatkan meskipun sudah tidak lagi bekerja. Oleh sebab itu, kamu yang berencana pensiun muda sudah seharusnya menyiapkan penghasilan pasif sedini mungkin.

Sebaliknya, jika kamu tidak berencana berhenti kerja dalam waktu yang cepat, kamu tetap bisa mengumpulkan penghasilan pasif untuk masa depan yang lebih cerah. Berikut 8 sumber penghasilan pasif yang bisa kamu pilih.

1. Investasi Emas Batangan

Penghasilan Pasif

Investasi emas batangan merupakan investasi jangka panjang yang pastinya akan berguna saat kamu pensiun. Beli emas sekarang dan jual di masa depan saat kamu membutuhkan dana tunai. Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kamu sudah bisa membeli emas dalam nominal kecil sehingga tidak akan memberatkan. [Baca: Ini 5 Bukti Aplikasi e-mas Aman untuk Transaksi Jual Beli Emas ]

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Di aplikasi e-mas, misalnya, kamu bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online. Kamu bisa beli emas sesuai dengan dana yang kamu miliki lalu emas tersebut akan dititipkan secara otomatis di aplikasi. Emas tersebut bisa diambil saat sudah mencapai berat yang tersedia di pasaran ataupun dijual ketika kamu membutuhkan uang tunai. 

2. Investasi Saham

Penghasilan Pasif

Investasi saham terkenal dengan risikonya yang tinggi. Namun, sebanding dengan risiko tersebut, kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang besar. Dividen untuk saham bisa berkisar 2-8 % per tahun. Namun, tentu saja kamu harus selektif dalam memilih saham yang menguntungkan.

3. Reksa Dana

Penghasilan Pasif

Reksa dana merupakan jenis investasi yang bisa kamu ikuti mulai dari Rp100.000,-. Oleh sebab itu, reksa dana dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anak muda memulai investasi dan membangun rencana keuangannya. Selain itu, tentu saja dapat menjadi salah satu pilihanmu dalam menyiapkan masa pensiun. [Baca: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Belum Butuh Kartu Kredit ]

4. Obligasi

Penghasilan Pasif

Obligasi atau urat pernyataan utang penerbit terhadap pemegang obligasi , juga merupakan salah satu penghasilan pasif yang bisa kamu jadikan pilihan. Ada tiga jenis obligasi jika dilihat dari sisi penerbit, yakni obligasi yang dikeluarkan perusahaan, baik dari pemerintah ataupun swasta, obligasi yang diterbitkan pemerintah, dan obligasi dari pemerintah daerah.

5. Deposito

Penghasilan Pasif

Deposito merupakan salah satu investasi yang cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, deposito juga memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa dengan variasi waktu penyimpanan. Semakin lama dan besar uang yang kamu simpan, semakin tinggi pula bunga yang didapat. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendepositokan uangmu dari sekarang agar jumlahnya sudah cukup besar saat kamu pensiun.

6. Properti

Penghasilan Pasif

Properti barangkali bukan jenis investasi yang murah. Namun, jika kamu sudah menyiapkan dana untuk membeli rumah dari sekarang, saat pensiun rumah tersebut dapat menjadi sumber penghasilanmu. Properti tersebut dapat disewakan dan penghasilan pasif pun terjamin. [Baca: 4 Cara Berinvestasi dengan Gaji Kecil ]

7. Royalti Karya

Penghasilan Pasif

Tidak semua orang bisa mendapatkan penghasilan pasif dari royalti. Jika kamu menerbitkan buku, menciptakan lagu, atau mengembangkan sebuah aplikasi, kamu bisa mendapatkan royalti. Dengan begitu, dapat menjadi sumber penghasilanmu ketika pensiun. Jika kamu memiliki minat pada bidang-bidang tersebut, terus kembangkan karena bisa saja karyamu menjadi sukses dan kamu berhak akan royalti!

8. Buka Bisnis

Penghasilan Pasif

Jika kamu tidak ingin uang hanya disimpan dan menunggu bunga, uang tersebut dapat kamu investasikan pada bisnis. Uang tersebut dapat berkembang dan tentu saja bisa menjadi sumber penghasilanmu saat pensiun. Tidak ada salahnya juga untuk membangun bisnis tersebut dari sekarang agar kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menyempurnakan sistemnya. [Baca: 4 Cara Mengubah Hobi Menjadi Bisnis ]

 

Nah, sudah terpikir penghasilan pasif apa yang ingin kamu coba? Rencanakan dari sekarang agar masa pensiun dapat kamu jalani dengan tenang!

 

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *