7 Kesalahan dalam Membuat Resolusi Tahun Baru

Sudah membuat resolusi tahun baru?

Setiap tahun akan berakhir, orang-orang akan kembali pada resolusi yang mereka buat di awal tahun. Sejauh mana resolusi tersebut berhasil diwujudkan? Atau kamu harus mengulangi resolusi yang sama untuk tahun berikutnya? Tidak sedikit orang yang hanya berhasil memulainya di awal lalu berhenti dan melupakan resolusi yang telah dibuat. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa resolusi tahun baru tersebut tidak berhasil diwujudkan karena kamu salah dalam merumuskannya? Kesalahan seperti apa? Berikut contohnya.

Resolusi Hanya Berfokus pada Hal-Hal Besar

“Saya ingin memiliki banyak uang tahun depan.” Siapa yang membuat resolusi dengan kalimat seperti itu? Resolusi yang terlalu umum, berfokus pada hal besar, dan tidak spesifik, merupakan salah satu kesalahan yang membuat kamu sulit untuk mewujudkannya. Daripada tujuan besar, lebih baik kamu fokus untuk mengubah kebiasan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Buatlah resolusi yang terdiri dari daftar rencana yang bisa kamu wujudkan. Jika kamu ingin memiliki uang banyak, fokuslah untuk mencari kerja dengan gaji sekian atau mencari pekerjaan sampingan yang bisa menambah tabungan kamu.

Tidak Menuliskan Resolusi Tahun Baru

Hal ini terlihat sederhana, tetapi dengan menuliskan daftar resolusi dapat menjadi pengingat yang efektif untuk kamu. Menuliskannya juga bisa memberi rasa tanggung jawab dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk bisa diwujudkan. Kamu bisa menulis resolusi lalu menempelnya di dinding, meja belajar, atau di tempat-tempat yang mudah terlihat sehingga dapat terus mengingatkan kamu pada tujuanmu tahun itu.

Tidak Memantau Perkembangan

Memulai memiliki kesulitan, tapi menjaga agar tetap melakukannya juga merupakan kesulitan tersendiri. Memantau sejauh mana kamu berhasil mewujudkan resolusi merupakan salah satu cara agar kamu tetap bisa melakukannya hingga selesai. Memantaunya menjadikan kamu selalu ingat pada resolusi tersebut dan tidak meninggalkannya.

Mudah Menyerah

Gagal beberapa kali dapat menghilangkan semangat, tapi tidak seharusnya membuat kamu berhenti. Kamu sudah harus bisa memprediksi masa-masa malas, gagal, dan jenuh dalam mewujudkan keinginanmu. Jadi, saat situasi tersebut datang, kamu sudah menyiapkan diri dan tidak membuatmu menyerah. [Baca: Lulus Kuliah? Pikirkan 4 Hal Ini dari Sekarang ]

Terlalu Cepat Mengharapkan Hasil

Sebelum memulai, kamu pasti sudah membayangkan hasil resolusi yang kamu buat, bukan? Membayangkannya tidak salah, tapi jika membayangkan membuat kamu ingin cepat mendapatkan hasil, kamu harus lebih bersabar. Jika kehilangan kesabaran, kamu bisa gagal dengan mudah. Oleh sebab itu, ingatkan diri sendiri, ada hal-hal yang membutuhkan proses dan kamu membutuhkan waktu untuk mewujudkannya.

Tidak Percaya pada Diri Sendiri

Seringkali kamu membuat resolusi, tapi kamu tidak yakin bisa mewujudkannya. Ini juga salah satu dampak jika kamu membuat resolusi yang terlalu besar. Oleh sebab itu, buatlah resolusi yang kamu yakin bisa mewujudkannya, hal-hal kecil yang secara perlahan mengantarkan kamu ke tujuan besarmu.

Menunda Terlalu Lama

Mewujudkan keinginan tidak harus menunggu tahu baru. Kapan pun kamu ingin mewujudkannya, kamu bisa memulainya sekarang dan menjadikannya sebagai resolusimu. Menunggu dan menunda hanya membuatmu kehilangan semangat. Jadi, jangan ditunda! [Baca: Rencana Keuangan yang Harus Kamu Buat Saat Usiamu 25 Tahun ]

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Ada banyak resolusi yang bisa kamu buat. Jika resolusimu ingin berinvestasi, mulailah dengan mencari informasi dan menentukan produk investasi. Kamu bisa memilih yang paling aman dan tidak membutuhkan modal besar, seperti membeli emas batangan. Sekarang ini, kamu sudah bisa membeli emas batangan dalam jumlah kecil dan mengumpulkannya secara perlahan.

Salah satunya, kamu bisa membeli emas mulai dari harga Rp10.000,-an melalui aplikasi e-mas. Dengan aplikasi ini, kamu bisa bertransaksi jual dan beli emas secara online. Nantinya, emas yang kamu beli akan dititipkan secara otomatis pada aplikasi dan tercatat dalam akunmu. Kamu bisa membeli emas hingga mencapai berat yang tersedia di pasaran lalu emas tersebut dapat kamu ambil secara fisik atau jual kembali.Mudah, bukan? [Baca: Beli Emas Online Pakai Tcash, Dapat Bonus Emas ]

Jangan lupa, buatlah juga resolusi tahun baru yang realistis dan spesifik, ya!

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *