Kecanduan Gadget? Atasi dengan Cara Ini

Apakah kamu salah satunya?

Kecanduan gadget merupakan masalah yang patut kamu waspadai di zaman serba digital ini. Dengan semakin canggihnya teknologi dan tingginya kebutuhan terhadap internet, membuat kita harus mengatur kembali pola pemakaian gadget sehari-hari. Barangkali tidak banyak orang yang bisa sampai berada pada tahap kecanduan, tetapi jika pemakaian sudah dirasa berlebihan, sudah waktunya untuk berhati-hati. Dampak buruk kecanduan gadget mungkin tidak akan langsung kamu rasakan, tetapi perlahan kualitas komunikasi dan hidupmu akan semakin menurun. Untuk itu, segera perbaiki pola pemakaian gadget sebelum bertambah parah. Jika kamu sudah mulai merasa tidak bisa lepas dari gadget-mu, kamu harus mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi kecanduan gadget.

Kurangi Secara Bertahap

Saat kamu sudah menggunakan gadget setiap hari dan terus menerus, tentunya sulit untuk mengubah atau menghilangkan kebiasaan tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus memulai untuk mengurangi kecanduan gadget secara bertahap, seperti beberapa langkah di bawah ini. [Baca: 5 Aplikasi HP yang Harus Kamu Tambahkan di Ponselmu ]

  • Matikan Notifikasi

Bunyi notifikasi atau tanda merah pada aplikasi akan membuat kamu tergoda untuk memeriksa ponsel. Mungkin niat awal hanya untuk melihat pesan, tetapi tanpa sadar kamu menghabiskan waktu hanya dengan bermain gadget. Kamu dapat menghilangkan pemicu awal itu dengan mematikan notifikasi.

  • Batasi Penggunaan Koneksi Internet

Selain notifikasi, pemicu lain yang membuat kamu betah berlama-lama dengan gadget ialah koneksi internet yang lancar. Oleh sebab itu, kamu juga harus menghilangkan pemicu ini dengan mematikan wifi atau setidaknya membatasi penggunaannya pada jam-jam tertentu.

  • Tentukan Waktu

Kamu tidak akan bisa menghilangkan kebiasaan mengecek ponsel dalam waktu cepat. Di sisi lain, kamu juga masih perlu mengecek ponselmu, terutama untuk urusan pekerjaan atau keluarga. Jika begitu, kamu perlu mengatur waktu untuk memeriksa gadget-mu. Entah itu, hanya dua kali sehari atau batasi hanya beberapa menit.

  • Tinggalkan Gadget

Tidak terbiasa pergi tanpa gadget? Sekarang kamu harus mulai membiasakannya untuk mengurangi kecanduan gadget. Biasakan untuk meninggalkan gadget di rumah saat kamu pergi berolahraga, bertemu keluarga, atau saat berbelanja. Kamu hanya meninggalkannya sebentar, tetapi kamu akan bisa menghilangkan rasa butuhmu terhadap gadget secara perlahan.

  • Jangan Letakkan di Tempat yang Mudah Terlihat

Menaruh gadget memang harus hati-hati agar tidak hilang. Meski begitu, kamu tidak perlu meletakkannya di atas meja kerja atau di samping laptop-mu. Selain dapat mengganggu konsentrasi, jika gadget selalu terlihat, kamu bisa tergoda untuk mengeceknya. Jadi, simpan di dalam tas atau laci meja.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Lain

Jika kamu merasa bosan dan tidak memiliki kegiatan, kamu akan lebih mudah tergoda untuk mengecek gadget. Karena itu, kamu harus mencari alternatif kegiatan lain untuk menyibukkan diri. Terlebih saat ini, ketika kamu ingin mengurangi kecanduan gadget. Buatlah daftar kegiatan harian sehingga kamu tahu apa saja yang harus dilakukan setiap harinya. Selain itu, cobalah beragam aktivitas baru, seperti berolahraga atau membaca buku. [Baca: Liburan di Rumah? Lakukan 8 Kegiatan Seru Ini! ]

Kecanduan Gadget Atasi dengan Cara Ini

Hapus Aplikasi

Jika kamu hanya memiliki satu channel media sosial, jangan tambah channel media sosial lain. Sementara jika sudah punya  beberapa, kamu harus membatasi penggunaannya. Salah cara untuk membatasinya ialah dengan menghapus aplikasi media sosial di gadget-mu. Tidak hanya aplikasi media sosial, aplikasi apa pun yang membuat kamu menghabiskan waktu hanya untuk bermain gadget sebaiknya kamu hapus. Meski begitu, kamu bisa mempertahankan aplikasi yang menunjang aktivitasmu sehari-hari, misalnya aplikasi ojek online atau aplikasi jual beli emas online seperti aplikasi e-mas. [Baca: Bukan Hanya Sosial Media, Gunakan Ponselmu untuk 5 Hal Ini! ]

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Emas yang kamu beli akan dititipkan pada aplikasi dan tercatat dalam akun. Kamu bisa menjual emas sewaktu-waktu atau mengambilnya secara fisik setelah mencapai berat tertentu. Berbeda dengan aplikasi lain, aplikasi ini tidak akan membuatmu kecanduan. Hal ini karena aplikasi ini akan membuat kamu fokus dengan rencana keuangan masa depan.

 

Jadi, apakah kamu termasuk salah satu yang merasa sudah kecanduan gadget? Jika iya, segera kurangi kebiasaan tersebut dengan beberapa tip di atas. Tidak hanya itu, jika kamu merasa sudah mulai menggunakan gadget secara berlebihan, segera atasi kebiasaan tersebut. Jangan lupa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Gunakan gadget-mu dengan bijak!

 

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *