4 Jenis Investasi untuk Anak Muda yang Bisa Dicoba

Investasi sedari muda dan nikmati hingga tua. Sudahkah kamu berencana untuk melakukan investasi?
investasi untuk anak muda

Investasi kini sudah tidak identik lagi dengan orang tua. Anak muda pun kini bisa dengan mudah berinvestasi. Terlebih lagi, banyak jenis investasi yang bisa dicoba  anak muda sesuai dengan modal yang dimiliki.

Semua produk investasi yang tersedia di pasaran barangkali memang tidak bisa diikuti semuanya. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan tujuan, profil risiko, serta modal yang kamu miliki. Kamu harus memilih investasi yang aman, tetapi juga menguntungkan. 

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, berikut ada 4 jenis investasi untuk anak muda yang bisa kamu coba!

1. Reksa Dana

reksa-dana

Investasi reksa dana tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan uang Rp100 ribu kamu sudah bisa berinvestasi. Selain itu, investasi reksana dana dapat disesuaikan dengan profil risiko tiap orang. Risiko investasi jenis ini pun relatif kecil dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Ada empat jenis reksa dana yang umum di Indonesia, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Kamu harus berhati-hati agar terhindar dari investasi bodong dengan menggali informasi tentang produk reksa dana yang akan diambil.

Teliti dengan baik prospek reksa dana dan pastikan manajer investasi serta reksa dana tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). [Baca: 7 Produk Investasi yang Menguntungkan ]

2. Deposito

deposito

Jika kamu sudah berniat menabung, kamu bisa mencoba deposito. Deposito memiliki jangka waktu dengan bunga yang lumayan tinggi daripada tabungan biasa. Periode menyimpan uang juga bervariasi, bisa 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun.

Semakin lama dan besar uang yang disimpan, semakin tinggi pula bunga yang didapat. Jenis investasi ini cocok untuk anak muda sebagai tabungan jangka menengah dengan risiko yang rendah.

3. Properti

investasi properti

Membeli sebuah rumah atau tanah memang cukup mahal bagi banyak anak muda, tapi bukan berarti kamu tidak bisa. Investasi properti bersifat jangka panjang dan sangat berguna untuk masa depanmu.

Misalnya saja, kamu mengambil cicilan rumah dari sekarang, rumah tersebut bisa menjadi tempat tinggalmu nanti. Jika kamu masih tinggal bersama orang tua, rumah tersebut dapat disewakan. Belum lagi, nilai tanah yang selalu naik tiap tahunnya. [Baca: Investasi Emas Batangan vs Perhiasan Emas: Pilih yang Mana?]

4. Emas Batangan

Tips Mulai Investasi

Investasi emas batangan juga merupakan investasi jangka panjang. Investasi emas batangan aman dan cenderung lebih stabil dengan risiko yang kecil pula. Ada beragam berat emas yang bisa kamu sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Berinvestasi emas batangan pun kini sudah tersedia dalam banyak cara.

Salah satu cara yang bisa kamu coba ialah membeli emas batangan menggunakan aplikasi e-mas. Aplikasi e-mas memungkinkan kamu untuk bertransaksi jual, beli, dan transfer emas secara online. Menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membeli emas dengan harga yang terjangkau, dimulai dari Rp10.000,-! Cukup ringan, bukan? [Baca: Download Aplikasi e-mas, Ini 8 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan]

 

==========

Masih banyak produk investasi lainnya yang bisa kamu coba, tapi apa pun produk investasi yang kamu pilih, pastikan tujuan investasi dan profil risikomu. Jangan lupa untuk mencari infomasi yang banyak agar kamu tidak mengalami kerugian yang tidak diinginkan. Terakhir, mulailah investasi dari sekarang, selagi muda!

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *