Mau Gadai Emas? Ini dia Tipsnya!

Cek ini dulu!
Gadai Emas

Butuh uang tunai? Gadai emas saja! Kamu tentu sering mendengar saran seperti itu bukan? Gadai emas terdengar lebih menguntungkan dibandingkan jika kamu harus menjual habis emas yang kamu punya.

Kalimat tersebut tidak sepenuhnya salah karena gadai emas memang bisa menjadi solusi jika kamu membutuhkan uang tunai. Kamu bisa mendapatkan uang tanpa harus kehilangan emas milikmu. Namun, bukan berarti kamu bisa sembarangan menggadaikan emas, loh! Ada baiknya, sebelum kamu memutuskan untuk menggadaikan emas, ikuti 4 tips berikut ini.

1. Gadai Emas Sesuai Dengan Uang yang Dibutuhkan

Gadai Emas

Emas dengan ukuran berapa pun memang dapat digadaikan. Namun, akan lebih baik jika kamu menggadaikan emas sesuai dengan jumlah uang yang kamu butuhkan. Dalam hal ini, akan sangat menguntungkan jika kamu memiliki emas dalam beragam ukuran.

Jadi, saat kamu membutuhkan uang yang setara dengan 8 gram emas, kamu cukup menggadaikan empat keping emas 2 gram. Dengan begini, biaya titip juga dapat lebih hemat dibandingkan jika kamu menggadaikan emas dengan ukuran yang besar. Sebagai informasi, biaya titip mengacu pada ukuran berat emas (gram) dan bukan jumlah uang yang dipinjam. [Baca: Investasi Bodong, Kenali Ciri-Cirinya ]

2. Bedakan Nilai Taksir dan Nilai Gadai

Gadai Emas

Kamu harus memahami emas batangan yang akan kamu gadaikan akan ditaksir harganya, terutama jika kamu menggadaikan emas di Pegadaian. Besarnya nilai uang yang bisa kamu pinjam nantinya ditentukan dari nilai taksiran tersebut. Oleh sebab itu, nilai gadai emas bisa berbeda dengan nilai harga emas yang kamu beli.

Di Pegadaian misalnya, pinjaman yang bisa kamu ajukan hanya sekitar 85% dari nilai taksiran barang. Jika emas dihargai sebesar Rp1 juta oleh pihak yang meminjamkan uang, kamu hanya bisa mendapatkan uang pinjaman senilai Rp850.000,-. [Baca: 4 Cara Berinvestasi dengan Gaji Kecil ]

3. Ingat Ada Biaya Lain yang Harus Dibayar

Gadai Emas

Jangan kira hanya uang pinjaman yang harus kamu bayar untuk mendapatkan kembali emasmu. Ada biaya lain yang perlu kamu pertimbangkan. Di Pegadaian misalnya, kamu harus membayar uang gadai, bunga, serta biaya administrasi yang disesuaikan dengan biaya sewa modal.

Karena dana yang dikeluarkan mungkin cukup besar, sebaiknya jangan gadaikan emas jika tidak dalam keadaan terdesak atau pinjamlah uang dalam batas kesanggupanmu untuk membayar. [Baca: Di Mana Kamu Bisa Cek Harga Emas Hari Ini? ]

4. Perhatikan Tanggal Jatuh Tempo

Gadai Emas

Gadai emas tentunya memiliki tanggal jatuh tempo. Kamu harus memperhatikan hal ini. Tanggal jatuh tempo dan tanggal lelang biasanya akan dicantumkan dalam surat bukti. Tandai tanggal tersebut dan pastikan kamu tidak melewatkannya karena jika tidak melunasi hingga batas waktu, emas kamu akan dilelang. Sebaiknya, minta perpanjangan waktu jika kamu memang belum bisa melunasi pinjaman agar emas kamu tetap aman. [ Baca: Beli Emas Secara Kredit? Teliti Dulu Plus Minusnya! ]

 

Selain gadai emas untuk keperluan mendesak, emas juga bisa digadaikan untuk kepentingan lain, loh! Misalnya saja, menggadaikan emas untuk mendapatkan modal usaha. Meski ada sejumlah biaya dan beberapa peraturan yang harus diikuti, gadai emas merupakan alternatif jalan keluar yang cukup mudah untuk mendapat uang segar.

Oleh sebab itu, memiliki emas juga bukan ide yang buruk, terutama saat ini kebutuhan dan berbagai macam biaya semakin meningkat. Memiliki investasi merupakan ide yang sangat perlu untuk kamu pertimbangkan. Apalagi, saat ini membeli emas sudah jauh lebih mudah dan ringan. Kamu tidak perlu membeli dalam ukuran besar. Kini, kamu bisa beli emas dalam nominal kecil, seperti yang tersedia di aplikasi e-mas.

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Kamu juga tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan karena emas yang dibeli akan dititipkan pada aplikasi dan dapat kamu ambil saat sudah mencapai berat yang ada di pasaran. Emas itu pun bisa dijual sewaktu-waktu seandainya kamu dalam keadaan darurat.

Nah, jadi kapan kamu beli emas, nih?

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *