7 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Tentang Aplikasi e-mas

Temukan jawaban pertanyaanmu di sini.
Tentang Aplikasi e-mas

Pertanyaan tentang aplikasi e-mas apa yang terlintas dalam benakmu ketika berkenalan dengan aplikasi e-mas? Saat akan membeli barang secara online, kamu tentu akan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait barang dan jaminan keamanan, bukan?

Hal yang sama juga terjadi ketika kamu ingin membeli emas di aplikasi e-mas. Kamu pasti akan mengajukan berbagai pertanyaan tentang aplikasi e-mas. Lalu, pertanyaan tentang aplikasi e-mas apa saja yang paling sering disampaikan? Berikut tujuh di antaranya, satu atau lebih pertanyaan juga pasti pernah kamu ajukan, bukan? Ini dia jawabannya.

1. Apakah Aplikasi e-mas Terdaftar di OJK?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Jaminan keamanan bagi sebagian orang saat membeli sesuatu adalah tempat atau situs tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), padahal tidak selalu seperti itu. Seperti aplikasi e-mas yang tidak memerlukan pengawasan OJK karena e-mas tidak menawarkan atau memberi keuntungan apa pun kepada pengguna. [Baca: Didukung Oleh Aplikasi e-mas, Tokopedia Luncurkan Tokopedia Emas ]

Selain itu, perlu diingat aplikasi e-mas bukanlah bank, institusi keuangan bukan bank, maupun lembaga pembiayaan yang merupakan institusi yang berada dalam pengawasan OJK. Aplikasi e-mas adalah aplikasi jual beli emas online seperti e-commerce lainnya. Oleh sebab itulah, aplikasi e-mas tidak memerlukan izin dari OJK.

2. Kenapa Akun Saya Belum Diverifikasi?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Proses verifikasi merupakan tahap penting agar kamu dan pengguna lain dapat menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi e-mas. Tanpa akun yang terverifikasi, kamu tidak akan bisa menjual atau mengambil emasmu. Oleh sebab itu, pertama kali yang harus kamu lakukan setelah mengunduh aplikasi e-mas adalah melengkapi data agar akun dapat diverifikasi oleh tim e-mas. [Baca: 3 Fitur Keamanan yang Bisa Kamu Manfaatkan di Aplikasi E-MAS ]

Proses verifikasi ini membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Jika kamu melengkapi data di hari libur atau berdekatan dengan hari libur, proses verifikasi akunmu akan dilanjutkan pada hari kerja berikutnya. Lalu, kenapa akun bisa sangat lama tidak diverifikasi? Tenang, asalkan datamu sudah benar dan lengkap, akunmu pasti akan segera diverifikasi.

Sebaliknya, jika ada data yang kurang atau salah, kamu harus mengulanginya dan inilah kadang yang membuat proses verifikasi memakan waktu. Setelah mengisi data, kamu bisa klik tulisan “Akun Belum Terverifikasi” yang ada di bawah namamu dan lihat data apa saja yang kurang. Cek juga email-mu karena tim e-mas akan mengirimkan informasi mengenai data apa saja yang salah kamu unggah.

Jika sudah lengkap dan benar, tapi belum diverifikasi juga? Kamu bisa menggunakan cara lain, yakni menghubungi tim e-mas melalui email info@e-mas.com dan kirimkan nomor handphone serta email kamu yang terdaftar. Tim e-mas pasti akan segera membantu verifikasi akunmu.

3. Apakah Aplikasi e-mas Aman?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Ya. Mengenai keamanan di aplikasi e-mas kamu tidak perlu meragukannya. Aplikasi e-mas merupakan sister company dari ORORI.com yang telah berdiri sejak 2004. Bagi kamu yang belum tahu, ORORI merupakan pelopor toko perhiasan online di Indonesia. [Baca: Ini 5 Bukti Aplikasi e-mas Aman untuk Transaksi Jual Beli Emas ]

Aplikasi e-mas juga memiliki persyaratan legalitas yang dibutuhkan dalam menjalankan usahanya. Karena e-mas bergerak dalam bidang usaha perdagangan (jual dan beli), izin yang dibutuhkan adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dengan adanya SIUP ini, izin tersebut sudah cukup bagi suatu perusahaan untuk menjalankan usahanya. Izin tersebut juga berfungsi sebagai alat dan bukti pengesahan dari usaha perdagangan e-mas.

Selain itu, e-mas akan selalu mengirimkan notifikasi melalui email atau SMS yang dapat kamu jadikan sebagai bukti transaksi. Kamu pun dapat mengunduh laporan transaksi setiap bulannya di aplikasi e-mas sehingga riwayat transaksimu tercatat dengan baik.

4. Bagaimana Menggunakan Aplikasi e-mas?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Adakah yang bingung saat menggunakan aplikasi e-mas? Tenang, kamu mungkin tidak sendiri. Aplikasi e-mas merupakan aplikasi jual beli emas secara online. Jadi, melalui aplikasi ini kamu bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Emas tersebut akan dititipkan pada aplikasi hingga kamu mengambilnya secara fisik atau menjualnya kembali. [Baca: Bagaimana Membeli Emas di E-mas? ]

Ketika emas yang ada di akunmu di jual, uang hasil penjualan akan dikirimkan ke akun rekening yang kamu tuliskan saat melengkapi data. Sebaliknya, jika kamu ingin mengambil emas secara fisik, emas tersebut akan dikirimkan ke alamat rumahmu.

Jika kamu tidak mengambil atau menjual emas tersebut, emas kamu akan dijaga oleh e-mas. Kamu tidak perlu khawatir karena emasmu akan baik-baik saja dan dapat kamu ambil atau jual kapan pun kamu inginkan. Kamu bisa menitipkan emasmu di e-mas tanpa ada biaya, batas waktu, ataupun jumlah minimal emas.

5. Apakah Saya Bisa Mengambil Emas Secara Fisik?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Tentu saja. Kamu bisa mengambil emas yang kamu beli secara fisik. Emas tersebut akan dikirimkan ke alamat rumah yang kamu cantumkan di aplikasi. Pengiriman akan diproses setelah kamu melunasi biaya cetak sertifikat dan ongkos kirim.

Untuk pengambilan pertama, emas yang kamu beli harus sudah mencapai 2 gram, ya. Jadi, jika total emas sudah 2 gram, tetapi ada emas yang berasal dari bonus promo atau transfer emas pengguna lain, kamu masih belum bisa menjual atau mengambilnya. Namun, ketentuan beli 2 gram ini hanya untuk pengambilan pertama. Untuk pengambilan atau penjualan kedua dan seterusnya, tidak ada ketentuan batas beli atau emas yang harus kamu miliki.

6. Kenapa Saya Tidak Bisa Menjual Emas?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Jika kamu tidak bisa menjual emas yang ada di akunmu, ada beberapa kemungkinan. Pertama, akunmu belum diverifikasi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk segera melengkapi data agar akunmu bisa segera diverifikasi. [Baca: 4 Cara Dapatkan Emas Gratis di Aplikasi e-mas ]

Kedua, jumlah emas yang kamu beli belum mencapai 2 gram. Untuk penjualan pertama, e-mas memiliki ketentuan kamu sudah harus membeli emas sejumlah 2 gram. Ketentuan ini diadakan dengan tujuan untuk menghindari adanya penipuan atau fraud.

Ketiga, alasan teknis di luar kedua alasan di atas. Untuk kemungkinan ketiga ada berbagai penyebab. Untuk menyelesaikannya, kamu harus menghubungi e-mas melalui channel media sosial atau kirim email ke info@e-mas.com.

7. Kenapa Aplikasi e-mas Tidak Bisa Dibuka?

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Kamu sudah mengunduh aplikasi e-mas, tapi aplikasi tidak bisa dibuka? Jawaban pertanyaan ini juga bisa disebabkan oleh beberapa keadaan. Pertama, koneksi internetmu tidak stabil.

Kedua, handphone tidak memenuhi spesifikasi. Sebelum mengunduh aplikasi e-mas, pastikan handphone kamu menggunakan minimal Android 4.4 Kitkat dan iOS 8.0.

Ketiga, disebabkan oleh keadaan teknis, seperti perbaikan aplikasi. Jika karena adanya perbaikan atau perubahan yang dilakukan, aplikasi akan bisa diakses seperti biasa setelah beberapa waktu. Selama perbaikan, tidak perlu khawatir emasmu akan hilang karena emas akan terjaga dengan baik.

 

Sejumlah pertanyaan lain dapat kamu temukan jawabannya di website aplikasi e-mas di bagian frequently asked question (F.A.Q). Pertanyaan di website tersebut dapat membantu untuk lebih memahami cara menggunakan aplikasi e-mas. Selain itu, pahami juga Syarat dan Ketentuan aplikasi e-mas, ya agar kamu tidak bingung saat akan melakukan pembelian atau transaksi lainnya.

Selain pertanyaan dan ketentuan, kamu bisa mendapatkan info promo lebih lengkap di website. Oleh sebab itu, kunjungi website aplikasi e-mas jika tidak ingin ketinggalan informasi. Sering-sering juga baca Syarat dan Ketentuan karena bisa saja ada pembaruan informasi yang berguna untukmu.

Nah, apakah pertanyaanmu sudah terjawab? Jika ada pertanyaan lain di luar yang sudah disebutkan, jangan ragu untuk mengirimkannya melalui email e-mas di info@e-mas.com atau channel media sosial e-mas.

Selamat menggunakan aplikasi e-mas!

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *