Ini Dia 6 Pilihan Tempat Menyimpan Emas

Menyimpan di beberapa tempat ini, emas Anda akan aman.
tempat menyimpan emas

Saat kamu memutuskan untuk investasi emas batangan, bukan hanya proses pembelian atau penjualan yang harus diperhatikan, melainkan juga tempat penyimpanan. Tempat menyimpan emas menjadi salah satu bagian penting yang harus dipikirkan agar emas dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya dari pencuri, tetapi juga rusak atau berkurangnya kualitas emas.

Jika kamu menunda rencana untuk berinvestasi emas batangan karena bingung mengenai tempat penyimpanan ini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekarang, sudah banyak tempat yang menyediakan jasa penitipan emas yang tentunya aman. Apa saja pilihannya? Ini dia.

1. Lemari atau Kotak Besi Brankas

tempat menyimpan emas

Rumah merupakan tempat menyimpan emas yang aman bagi sebagian orang. Selain karena kamu tinggal di sana, kamu juga bisa memeriksanya setiap saat. Untuk emas dengan berat dan ukuran yang kecil, kamu bisa menyimpannya dalam lemari berkunci.

Jika emas sudah cukup berat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kotak besi brankas. Namun, tetap saja menyimpan di rumah bukan berarti tanpa risiko. Jadi, periksa tempat penyimpanan tersebut setiap saat.

2. Safe Deposit Box Bank

tempat menyimpan emas

Jika di rumah dirasa tidak cukup aman, cobalah menyimpan emas di bank. Bank-bank besar umumnya menyediakan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang merupakan layanan penyimpanan barang berharga dalam sebuah kotak berpengaman.

Harga SDB tiap bank bisa berbeda tergantung pada besarnya ukuran kotak dan kebijakan bank terkait. Namun, yang pasti cara ini cukup mahal sehingga tidak cocok untuk kamu dengan persediaan emas yang masih bernilai kecil. [Baca: 5 Alasan Kamu Perlu Berinvestasi Emas ]

3. Aplikasi e-mas

A post shared by e-mas (@emas.apps) on


Menggunakan aplikasi e-mas berarti emas kamu akan dititipkan pada aplikasi tersebut. Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi untuk bertransaksi emas secara online. Kamu bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an lalu kamu bisa terus mengumpulkannya sesuai dengan kebutuhan. Selama itu, emas yang kamu beli akan dititipkan pada aplikasi tersebut dan tidak dipungut biaya.

Kamu bisa mengambil emas dalam bentuk fisik jika kamu membutuhkannya. Kamu juga bisa menjual emas tersebut sesuai dengan keinginanmu. Dalam waktu tersebut, kamu masih terus bisa membeli emas hingga mencapai berat yang kamu mau. [Baca: Bagaimana Membeli Emas di E-mas? ]

4. Pegadaian

Download Aplikasi e-mas

Sama halnya dengan bank, Pegadaian juga memberi layanan Safe Deposit Box untuk masyarakat. Biaya yang diminta juga cukup terjangkau, yakni Rp20.000 per 100 gram per bulan.  Jadi, misalnya kamu memiliki 50 gram emas biayanya adalah Rp20.000/bulan.

Sementara jika berat emasmu 1 kg, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp200.000/bulan. Jika kamu ingin mencoba cara ini, kamu hanya perlu datang ke cabang Pegadaian terdekat dengan membawa emas yang ingin disimpan kemudian mengisi formulir jasa penitipan.

5. Antam

cara investasi emas

Antam melalui salah satu unit bisnisnya, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP) membuka layanan Brankas untuk membeli dan tempat menyimpan emas. Kamu juga bisa melakukan penjualan (buy back) maupun order pengambilan emas fisik.

Brankas memiliki tiga jenis keanggotan, yakni Individu Gold (Rp300.000/tahun), Individu Platinum (Rp500.000/tahun), dan Individu Diamond (Rp1.500.000/tahun). Ketiga jenis keanggotan tersebut memiliki coverage jaminan, minimal masa titip, minimal pembelian, serta saldo minimal yang berbeda. Namun, setelah biaya tahunan tersebut, kamu tidak akan dikenakan biaya simpan. Biaya tahunan berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang. [Baca: 7 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Mulai Berinvestasi Emas ]

6. ORORI

A post shared by www.ORORI.com (@orori_id) on

ORORI menyediakan jasa penitipan logam mulia yang bernama OROBOX. Jasa penitipan ini bisa kamu manfaatkan jika kamu berbelanja logam mulia di ORORI ataupun jika kamu hanya ingin sekadar menitipkan emas yang kamu beli di tempat lain.

Kamu dapat memilih pilih opsi untuk menitip emas di OROBOX pada metode pengiriman di halaman checkout. Kemudian, pilih jangka waktu penitipan emas. Jangka waktu penitipan pun bervariasi dan kamu tidak akan dikenakan biaya. [Baca: Baru Mulai Investasi? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui ]

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *