5 Tips Mudik dengan Pesawat

Kapan kamu mudik?
Tips Mudik dengan Pesawat

Apakah kamu sedang bersiap untuk mudik? Atau sebaliknya, sudah berencana untuk kembali ke Jakarta? Kapan pun kamu pulang, tiket untuk transportasinya sudah harus siap, termasuk jika kamu mudik dengan pesawat.

Mudik dengan pesawat merupakan pilihan yang paling cepat dan mudah meskipun agak mahal. Namun, jika kamu memesannya di waktu yang tepat, kamu bisa mendapat harga yang jauh lebih murah.

Nah, untuk mudik yang lebih nyaman, tips mudik dengan pesawat berikut ini perlu kamu terapkan, nih. Selain kamu bisa lebih nyaman, perjalanan mudik pun bisa lebih aman! Tips mudik dengan pesawat apa saja yang perlu kamu tahu? Ini dia.

1. Siapkan Semua Barang yang Akan di Bawa

Tips Mudik dengan Pesawat

Selain pakaian selama di kampung dan hadiah, siapkan juga sejumlah uang tunai, obat-obatan pribadi, tiket, paspor jika kamu bepergian ke luar negeri, serta kartu identitas. Tempatkan tiket, paspor, kartu identitas, dan dokumen penting lain di dalam tas sehingga mudah untuk ditemukan. [Baca: 7 Tempat Makan Murah di Jakarta untuk Buka Puasa Bersama ]

Selain itu, pesawat umumnya memiliki batas berat barang yang bisa kamu bawa. Jadi, usahakan barang yang kamu siapkan tidak melebihi limit berat tersebut atau kamu akan terkena charge.

2. Persiapkan Pakaian yang Akan Dikenakan

Tips Mudik dengan Pesawat

Pisahkan pakaian yang akan kamu gunakan di hari mudik sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk bersiap nantinya. Pilih pakaian yang nyaman dan yang paling penting hindari memakai perhiasan, jam tangan, atau ikat pinggang agar kamu tidak repot membukanya ketika melewati bagian pemeriksaan. [Baca: Menggunakan Uang Elektronik Menjadi Boros? Cegah dengan 6 Tips Ini! ]

3. Lakukan Check-in Secara Online

Tips Mudik dengan Pesawat

Check-in secara online bisa menghindari kamu dari antrian yang panjang. Selain itu, bisa menghemat waktu. Berbagai maskapai penerbangan di Indonesia sudah menyediakan fasilitas ini, seperti Garuda Indonesia, Citilink, atau Lion Air. Setelah check-in online kmau bisa cetak bukti boarding pass dan tunjukkan nanti pada petugas. [Baca: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Belum Butuh Kartu Kredit ]

4. Datang Lebih Awal

Tips Mudik dengan Pesawat

Untuk perjalanan mudik yang nyaman, usahakan kamu tiba di bandara dua atau tiga jam lebih awal sebelum waktu keberangkatan. Hal ini agar kamu tidak terlambat check-in dan memiliki waktu untuk mengurus bagasi milikmu. [Baca: 4 Cara Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung ]

5. Cek Kembali Jadwal Keberangkatan

Tips Mudik dengan Pesawat

Mudik dengan pesawat selalu memiliki kemungkinan penerbangan akan ditunda. Apalagi dalam situasi Lebaran saat banyak pemudik dan lalu lintas penerbangan sangat tinggi. Jadi, pantau terus informasi seputar jadwal penerbanganmu seandainya jadwal dimajukan atau diundur. [Baca: Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan? Ikuti 6 Langkah Berikut Ini ]

 

==========

Lebaran biasanya memang menghabiskan banyak biaya, salah satu alasannya karena harga berbagai kebutuhan, termasuk tiket mudik bisa meroket tinggi. Namun, sebenarnya kamu bisa menghemat pengeluaran jika menjaga gaya berlebaranmu tetap sederhana. Misalnya, tidak harus membeli baju baru dan hemat biaya makan saat puasa. Saat mudik pun, beli tiket jauh-jauh hari untuk mendapat harga terbaik.

Yang paling penting bukan hanya melewati Lebaran dengan baik, melainkan juga menjalani hari setelah Lebaran lebih baik. Jangan sampai kamu menghabiskan uang untuk berlebaran dan tidak ada dana yang tersisa di akhir bulan. Oleh sebab itu, perhitungkan terlebih dahulu semua pengeluaranmu agar semua kebutuhan terpenuhi dan kamu masih memiliki uang untuk menjalani sisa bulan.

Usahakan juga rutinitas investasimu tetap berjalan seperti biasanya. Pisahkan uang yang memang diperuntukkan untuk investasi. Jika membeli emas batangan, keuanganmu bisa lebih mudah karena kamu tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar. Hal ini karena kamu sudah bisa membeli emas batangan dalam nominal kecil, seperti yang ada di aplikasi e-mas.

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu untuk membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Emas tersebut akan dititipkan pada aplikasi dan dapat kamu ambil saat sudah mencapai berat yang tersedia di pasaran. Kamu juga bisa menjualnya kapan saja seandainya kamu membutuhkan uang tunai.

Nah, jika kamu mengatur uang dengan baik, mudik pasti tambah menyenangkan. Selamat mudik!

 

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *