5 Tips Memulai Investasi Emas Bagi Pemula

Jangan ragu memulai investasi emas batangan.
Tips Memulai Investasi Emas

Investasi emas barangkali tidak terdengar asing, tapi bagaimana memulainya? Terutama jika kamu tidak memiliki pengalaman investasi apa pun, kamu mungkin akan merasa bingung untuk memulainya.

Investasi emas pada dasarnya tidak sulit serta tidak memiliki peraturan yang rumit. Kamu hanya perlu beli di saat harga sedan turun dan simpan untuk beberapa waktu sesuai dengan tujuan investasimu. Setelahnya, kamu bisa menjual emas itu untuk mewujudkan rencanamu.

Sederhana bukan? Namun, kamu masih bingung? Nah, itu berarti kamu butuh tips memulai investasi emas berikut ini. Kamu bisa memanfaatkan tips memulai investasi emas ini untuk merencanakan lebih detail langkah investasimu.

1. Membeli Emas dengan Tujuan

Tips Memulai Investasi Emas

Kamu pasti sudah sering mendengar investasi butuh tujuan. Dengan adanya tujuan, kamu bisa memperkirakan jumlah uang yang kamu butuhkan dan waktu untuk mengumpulkannya. Selain itu, adanya tujuan bisa menjadikan kamu semangat dan disiplin dalam berinvestasi.

Jadi, coba pikirkan rencana masa depan apa yang ingin kamu wujudkan. Lalu, perhitungkan nilai uang yang kamu perlukan dan berapa lama kamu bisa mengumpulkannya.

Kemudian, perhitungkan juga berapa banyak emas yang perlu kamu miliki agar bisa setara atau sama nilainya dengan jumlah uang itu. Setelahnya, mulailah untuk menabung dan membeli emas secara bertahap.

Ingat, ya saat ini kamu tidak harus membeli emas dalam jumlah gram yang besar. Kini, kamu bisa membeli emas dalam nominal kecil sehingga tidak akan memberatkan pengeluaranmu. Salah satunya, kamu bisa membeli emas di aplikasi e-mas. [Baca: Review Aplikasi e-mas, Cara Aman dan Mudah Jual Beli Emas Online ]

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online. Di aplikasi e-mas, kamu sudah bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an.

Emas tersebut akan dititipkan dan dapat kamu ambil saat sudah mencapai berat yang ada di pasaran. Kamu juga bisa menjualnya sewaktu-waktu jika membutuhkan uang tunai.

2. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Tips Memulai Investasi Emas

Investasi emas akan menjadi sia-sia jika kamu salah membeli emas atau emas yang kamu beli tidak dilengkapi sertifikat. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan di masa depan, lebih baik pilih tempat yang memang terpercaya. Untuk emas batangan, kamu bisa membelinya di Aplikasi e-mas, Antam, Pegadaian, atau ORORI. [Baca: 6 Tempat Aman Beli Emas ]

3. Beli Emas dengan Rutin

Tips Memulai Investasi Emas

Jika kamu sudah memiliki tujuan, kamu harus disiplin untuk mewujudkannya. Pastikan kamu menganggarkan uang setiap bulan untuk membeli emas. Dengan begitu, emasmu bisa terkumpul dengan cepat dan tujuanmu pun bisa terwujud tepat waktu. [Baca: Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Emas ]

4. Beli Emas dengan Berat Bervariasi

Tips Memulai Investasi Emas

Tujuan membeli emas dengan berat bervariasi adalah agar kamu tidak perlu menjual seluruh emas yang kamu miliki ketika kamu menghadapi masalah keuangan. Kamu bisa hanya menjual beberapa keping emas yang memiliki nilai total sesuai dengan uang yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu kesulitan untuk membeli emas kembali. [Baca: Beli Emas dalam Jumlah Kecil, Ini Plus Minusnya ]

5. Simpan Emas dalam Jangka Waktu Lama

Tips Memulai Investasi Emas

Investasi emas tidak akan menguntungkan jika kamu menjualnya hanya setelah satu atau dua bulan kamu membelinya. [Baca: 7 Tempat Terpercaya Jual Emas Antam ]

Investasi emas batangan merupakan investasi jangka panjang. Jadi, siapkan investasi emas batangan untuk tujuanmu di masa depan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terburu-buru untuk menjualnya.

Ingat, nilai emas bisa semakin tinggi jika kamu menyimpannya dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, jangan jual emas batanganmu jika bukan karena urusan yang mendesak.

 

Setelah mengetahui tips memulai investasi emas ini, segera rencanakan langkah investasimu, ya!

Download Aplikasi e-mas & Dapatkan Emas GRATIS Hingga 0,06 gram

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *